Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Tips Sukses Budidaya Jamur Tiram Coklat

Usaha di bagian Budidaya Jamur Tiram Coklat kurang disukai dibanding dengan Budidaya Jamur Tiram Putih, walau sebenarnya usaha budidaya jamur tiram coklat harga tambah mahal. Untuk sekarang ini harga jamur tiram coklat capai 12 - 14 Ribu perkilo, dan harga jamur tiram putih untuk perkilonya range 8 - 10 Ribu Rupiah.

Memang budidaya jamur tiram coklat tidak terkenal seperti Budidaya Jamur Tiram Putih, secara tehnis budidaya jamur tiram coklat, untuk langkah budidayanya hampir serupa dengan budidaya jamur secara umum. Dengan ini sudah pasti usaha budidaya jamur tiram coklat dapat memberikan keuntungan, apa lagi jamur tiram coklat memiliki keunggulan lain dari sisi rasa, teksture di mana wewangian dan rasanya lebih ciri khas dibanding dengan jamur tiram putih.

Hingga untuk pencinta jamur tiram pasti memberi kepuasan saat nikmati sajian jamur tiram coklat, disamping itu untuk petani jamur bisa jadi memberikan keuntungan karena jumlah keinginan akan bertambah. Untuk di Indonesia yang meiliki cuaca tropis, tentu benar-benar gampang untuk membudidayakan jamur tiram coklat. Lantas bagaimanakah cara budidaya jamur tiram coklat ?

Langkah Budidaya Jamur Tiram Coklat

Secara umum budidaya jamur tiram coklat hampir sama dengan Budidaya Jamur Tiram Putih, yang penting dilaksanakan untuk yang ingin memperdalam budidaya jamur tiram coklat dengan menyiapkan alat dan bahan yang penting dipersiapkan lebih dulu. Oleh karenanya seharusnya baca alat dan bahan untuk budidaya jamur tiram coklat di bawah ini :

  1. Tempat tanam seperti serbuk gergaji, kapur, bekatul dan biji - bijian.
  2. Cincin peralon / ring, Plastik tahan panas, karet dan kapas.
  3. Alat tanam berbentuk Spatula, Lampu Bunzen dan alkohol 70%.
  4. Tempat Tanam yang tertutup dan kedap udara.
  5. Bibit jamur tiram coklat F2 yang berkualitas bagus.
  6. Kumbung Jamur.

Ruangan Inkubasi dan perkatan sterilisasi berbentuk drum yang memiliki ukuran besar, saringan, tungku dan kayu bakar.

Membuat Baglog

Baglog ialah tempat tanam budidaya jamur yang nanti akan tumbuh miselium jamur, triknya seperti Membuat Baglog Sendiri. Lebih detilnya Anda dapat turuti proses membuat baglog di bawah ini :

Campur beberapa bahan dan formasi dimulai dari Serbuk Gergaji (80 - 80%) Bekatul (5 - 10%) Kapur (1 - 2%) dan Biji - bijian (2 - 5%).

Seterusnya, tambah Air dengan kandungan Air capai 70 - 80%. Untuk memeriksanya dengan di ggenggam dengan tangan adonan tidak ambyar dan tidak keluarkan air dari adonan yang terlalu banyak.

Selanjutnya, Saran adonan barusan di dalam plastik tahan panas dengan berat 1 kg. Isilah sampai betul - betul padat dengan di pres atau manual.

Paling akhir, Sesudah plastik di isi tutup mulut plastik dan dibalikan, selanjutnya tata baglog yang rapi karena itu dapat pada proses seterusnya.

Proses Sterilisasi

Proses sterilisasi sebagai salah satunya tahapan penting yamg perlu dilaksanakan saat lakukan budidaya jamur tiram coklat, dan ini sama dengan lakukan Langkah Budidaya Jamur Di Wilayah Panas. Tahapan seterilisasi ini bermaksut supaya tempat tanam bersih dan tidak tercemar, nach berikut tingkatan sistem sterilisasi :

  1. Persiapkan tempat untuk sterilisasi seperti drum memiliki ukuran besar.
  2. Persiapkan tungku dan kayu bakar.
  3. Selanjutnya masukan saringan ke drum, lalu isilah air sampai capai batasan bawah sisi saringan.
  4. Seterusnya tata baglog di dalam drum yang rapi.
  5. Kemudian, kerjakan sterilisasi dengan dibakar sepanjang 6 - 7 jam dan tutup sisi atasnya agar proses sterilisasi maksimal, yakinkan api berpijar konstan.
  6. Seterusnya, sesudah usai membuka penutup drum barusan agar uap air keluar. Apabila sudah dingin karena itu media bisa dipindah ke ruangan tanam.

Inokulasi Dan Inkubasi

Inokulasi sebagai proses penanaman bibit jamur tiram coklat, diman tingkatan pembibitan ini harus dilaksanakan di ruang yang telah di steril supaya proses ini untuk menghindar kontaminasi. Nach berikut tingkatan proses penanaman bibit jamur seperti berikut :

  1. Tahapan pertama, Saat sebelum ruang tanam dipakai harus disemprotkan dulu memakai alkohol 70%.
  2. Seterusnya, Persiapkan peralatan alat tanam jamur dimulai dari cincin peralon, karet gelang dan kapas.
  3. Kemudian, Masukan bibit jamur tiram coklat di dalam ruangan tanam, dan tutup ruang dan jangan dibiarkan ada yang masuk.
  4. Selanjutnya, Gunakanlah pakian bersih lalu semprot tangan dan baju memakai alkohol. Seterusnya tanam bibit jamur dengan buka penutup baglog dan berikan bibit jamur secara rata di atas baglog.
  5. Tahapan selanjutnya yaitu masukan cincin peralon di bagian atas baglog dan tekuk tersisa plastik kebagian bawah, lalu tali memakai karet.
  6. Selanjutnya, Tutup lubang cincin memakai kapas, kemudian letakan di ruangan inkubasi untuk tumbuhkan miselium. Ruang inkubasi harus memilik temperatur 24 - 28°C dan ruang gelap.
  7. Agar proses inkubasi optimal tutup baglog dengan terpal, dan janganlah lupa untuk jaga kelebaban ruang dengan menyirami tiap hari.
  8. Proses inkubasi umumnya akan memerlukan waktu 7 - 15 hari sampai miselium tumbuh dan bisa dipindahkan ke ruangan tanam.

Perpindahan Baglog ke Kumbung Jamur

Jika proses inkubasi usai di mana miselium telah tumbuh 1/3 panjang sisi baglog, saat sebelum baglog dipindah yakinkan rack telah bersih, lalu baglog baru dapat dipindahkan dan diatur rapi dengan ketingan 3 sampai 4 di dalam rack. Bila miselium telah penuhi baglog, cincin peralon dan kapas dapat dilepaskan dan janganlah lupa untuk menggunting tersisa plastik agar jamur dapat tumbuh dengan bebas.


Proses Perawatan Jamur Tiram

Proses perawatan dan pemeliharan jamur tiram coklat sama dengan budidaya jamur yang lain, dengan menyemprotkan dengan sprayer di bagian atap dan lantai kumbung, agar kelembapan terbangun dapat dilaksanakan penyiram 2X satu hari sore dan pagi. Untuk mengontrol HPT bisa dilaksanakan dengan penangkalan, bila ada hama yang kelihatan langsung bisa dimatikan apabila ada baglog yang tercemar langsung bisa dibuang.

Proses Panen Jamur Tiram Coklat

Proses panen jamur tiram coklat dapat dilaksanakan 1 sampai dua bulan sesudah proses tanam, atau 1 bulan sesudah perpindahan baglog ke kumbung. Panen bisa dilaksanakan jika jamur tiram coklat mempunyai ukuran yang optimal atau telah tumbuh dan mekar 2 - 3 jamur. Jika jamur telah mempunyai ciri-ciri itu, jamur siap panen.

Nach tersebut Panduan Sukses Budidaya Jamur Tiram Coklat, mudah-mudahan usaha budidaya jamur tiram memberikan keuntungan dan dapat tingkatkan ekonomi beberapa petani budidaya jamur di Indonesia. Bila di jalani usaha budidaya jamur tiram dapat menjadi satu diantara usaha yang menjajikan, di mana proses budidaya jamur ini tidak sesulit seperti budidaya tembakau.

Post a Comment for " Simak Tips Sukses Budidaya Jamur Tiram Coklat"