Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PROSES TANAM DAN PANEN SELEDRI HIDROPONIK

Seledri sebagai salah satunya tanaman yang umum dipakai untuk pendamping rasa masakan. Selainnya pendamping masakan, seledri sering dimakan sebagai juice karena ada beragam faedah untuk badan jika konsumsi Seledri. Untuk rekan bercocok tanam yang tidak mempunyai tempat luas, tidak boleh cemas karena kamu bisa tanam dan panen seledri hidroponik. Yok baca artikel berikut

Proses Semai Seledri Hidroponik

  1. Persiapkan alat dan bahan, seperti Rockwool, benih seledri, gergaji besi/cutter, dan instalasi/media hidroponik
  2. Rockwool sebagai tempat tanam seledri lebih dulu dipotong sama ukuran 2 x 2 x 2 cm dan kedalaman 1 cm masih lumayan.
  3. Masukan benih seledri ke rockwool yang telah dilubangi, 1 kotak 1 lubang (1 lubang bisa diisi 2-3 benih)
  4. Sesudah benih masuk ke tempat tanam, basahi sama air, selanjutnya tutup dan taruh di tempat yang teduh.
  5. Selalu teratur untuk check kelembapan rockwool. Siram minimal 2x satu hari. Tapi masih tetap lihat tempat tanam janganlah sampai basah karena yang diperlukan di proses penyemaian ialah lembab dan bukan basah.
  6. Selanjutnya dalam kurun waktu 2 - tiga hari, benih seledri akan berkecambah. Pada keadaan ini, selekasnya kenalkan tanaman dengan cahaya matahari tetapi bukan matahari yang panas.
  7. Masih tetap menjaga kelembapan tempat tanam

Proses Berpindah Tanam Seledri hidroponik

Berpindah tanam benih seledri bisa dilaksanakan sesudah ada daun sejati (3 atau 4 daun). Saat hal tersebut terjadi, maknanya perakaran tanaman cukup kuat untuk dipindahkan berikan. Benih seledri dipindahkan bertepatan dengan tempat tanam rockwool yang telah dipisah-pisahkan ke netpot. Kemudian, netpot yang telah berisi tanaman pakcoy ditempatkan ke lubang instalasi / media hidroponik yang lain.

Pemberian gizi dan pH Seledri hidroponik

Sesudah benih seledri dipindahkan berikan ke media instalasi, tahapan setelah itu tahapan peremajaan. Pada tahapan ini, pemberian gizi seta proses meningkatkan kepekatan gizi dengan bertahap penting diingat.

Di saat berpindah tanam, kepekatan gizi yang bisa diberi ialah 800 ppm. Selanjutnya dengan bertahap dinaikkan sampai usia dua bulan jadi 1680 ppm. Meningkatkan kepekatan gizi bisa dilaksanakan tiap usia tanaman semakin bertambah satu minggu sekitar 100 ppm. Baca https://farmee.id/tabel-ph-dan-ppm-tanaman-hidroponik/

Ukuran pH pada budidaya seledri hidroponik akan memengaruhi hasil panen seledri hidroponik, karena itu degan begitu pH penting diingat. Upayakan ukuran pH seledri ialah 6,5. Jika nilai pH ketinggian atau kerendahan, bisa memakai pH up/down sebagai jalan keluar. Pakai pH mtr. untuk menghitung pH pada air hidroponik dan TDS mtr. untuk menghitung kandungan gizi hidroponik. Semua keperluan berhidroponik ada di Farmee. Baca https://farmee.id/tutorial-pemakaian-tds-meter/

Persoalan yang kerap ada pada bak atau instalasi hidroponik yaitu ada lumut air yang kotor. Untuk menanganinya, rekan bercocok tanam bisa membaca https://farmee.id/cara-membersihkan-instalasi-hidroponik/

Panen Seledri dan Pergandaan Seledri

Periode panen tanaman seledri hidroponik bisa berjalan sepanjang 2-3 bulan sesudah periode tanam. Proses pemanenan seledri hidroponik juga gampang, rekan bercocok tanam perlu mengambil tanaman dari netpot selanjutnya membersihkan bersih netpot dan instalasi hidroponik agar bisa dipakai pada budidaya tanaman seterusnya.

Namaun, menariknya rekan bercocok tanam masih bisa membudidayakan tanaman seledri yang sudah dipanen tak perlu menyemai kembali. Triknya bagaimana?

  • Pertama, mengeluarkan seledri dari netpot.
  • Pisah tunas-tunas seledri dengan akarnya.
  • Jepitkan tunas itu pada rockwool.
  • Masukan rockwool pada mekanisme hidroponik.
  • Cara selanjutnya rekan bercocok tanam perlu menjaga peremajaan sampai panen seledri hidroponik kembali.

Benih Unggul Seledri Farmee

Seledri sebagai tanaman yang simpan banyak faedah untuk badan. Tanaman seledri mempunyai wewangian fresh yang unik dan rendah kalori. Faedah daun sampai tangkai seledri untuk badan yaitu menolong diet rendah kalori, menambahkan suplai mineral dan vitamin, menahan kerusakan sel, menahan dehidrasi, kurangi infeksi, memperlancar pencernaan, turunkan tekanan darah tinggi dan menetralisir asam.

Farmee sediakan benih unggul yang bisa rekan bercocok tanam pesan untuk mengawali menanam pseledri. Benih unggul seledri Farmee sebagai benih paling dipercaya dan telah bisa dibuktikan hasilkan tanaman yang fresh dan gurih. Pemesanan benih bisa dilaksanakan dengan contact kami saat ini lewat nomor di web atau DM di instagram. Bukan hanya benih, Farmee sediakan paket instalasi hidroponik yang langsung bisa digunakan untuk menanam! Dan tentu saja kami akan dampingi sampai sukses panen. So, nantikan apa lagi ?

Post a Comment for "PROSES TANAM DAN PANEN SELEDRI HIDROPONIK"