Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Modern Budidaya Ubi Cilembu, Ringkas dan Simpel

Di Indonesia, ubi sebagai salah satunya macam makanan yang lumayan diminati. Dan salah satunya macam ubi yang paling disukai dan populer adalah ubi Cilembu. Macam ubi ini dicintai dan populer karena rasanya yang benar-benar manis dan nikmat, apalagi saat dibakar. Ubi Cilembu masuk ke salah satunya dari beragam macam ragam ubi jalar. Sama dengan ubi jalar yang lain, ubi Cilembu memiliki kandungan banyak karbohidrat hingga bisa digunakan sebagai tukar dari nasi.

Terkecuali itu ubi jalar memiliki kandungan beragam macam zat salah satunya sebagai air, abu, pati, protein, gula, serat kasar, dan betakaroten. Semua zat itu dibutuhkan oleh badan manusia supaya masih tetap sehat. Bukan hanya hanya itu, sebagai argumen tanaman dengan mana Latin ipomoea batatas ioir ini disukai kesemua kelompok yakni, karena semua sisi dari tanaman ubi jalar bisa digunakan dimulai dari daun, tangkai, s/d akar.

Pada tahun 2001, ubi Cilembu masuk ke salah satunya komoditas pertanian favorit di Indonesia. Ubi Cilembu memiliki keunggulan dibandingkan ubi lain, sebagai mahir bertahan di dalam bentang waktu lama. Sekarang ini peluang dalam memberdayakan ubi cilembu ini sebagai usaha sangat tinggi, ingat masih sedikit orang yang mengetahui bagaimana keuntungan dari usaha budidaya tanaman yang ini.

Nach, ada beberapa hal yang seharusnya jadi perhatian jika ingin coba budidaya tanaman ubi Cilembu. Banyak hal itu bisa jadi perhatian berikut ini.

1. Pembenihan

Pembenihan ubi Cilembu bisa dikerjakan dengan 2 langkah sebagai generatif dan vegetatif. Tapi pada rasio pertanian umumnya yang dikerjakan sebagai langkah vegatatif. Sistem generatif wajar dikerjakan cuma untuk riset atau membuat varietas baru.

Penyeleksian bibit ubi yang unggul sebagai dari stek tanaman yang sudah berusia lebih dari 2 bulan. Tentukan tanaman yang memiliki kualitas bagus supaya anakannya memiliki kualitas bagus. Potong stek sejauh 25 sampai 30 cm. Pakai pisau yang tajam untuk menggunting. Pemangkasan seharusnya dikerjakan saat pagi hari.

2. Pemrosesan Tanah

Pemrosesan tanah untuk budidaya ubi jalar Cilembu bisa dilakuakn dengan bersihkan rumput atau tanaman liar lebih dahulu selanjutnya dicangkul supaya gembur. Setelah itu buat guludan dengan lebar bawah 60 cm, tinggi capai 30 sampai 40 cm, dan jarak antara guludan capai 70 sampai 100 cm. Samakan dengan luas tempat yang dipunyai.

3. Penanaman

Penanaman bibit ubi Cilembu seharusnya dikerjakan saat pagi hari. Musim yang baik sebagai di saat permulaan musim penghujan pada bulan Oktober, atau di permulaan musim kemarau bulan Maret. Saat sebelum ditanamkan seharusnya bibit dipendam dalam larutan fungisida.

4. Perawatan

Ubi Cilembu harus lewat tahapan perawatan yang cukup melelahkan, karena tingkatan perawatan sangat banyak dimulai dari penyiangan, penyulaman, pemupukan, pembalikan tangkai dan puncak, pemotongan, s/d penyiraman dan pengairan. Semua tahapan perawatan barusan seharusnya dikerjakan secara patut dengan seimbang.

5. Pengaturan Hama

Hama yang wajar serang ubi Cilembu sebagai ulat atau larva, serangga, s/d tikus. Terkecuali itu ubi jalar dapat terserang beragam macam ragam penyakit seperti kudis, layu, dan virus. Hingga kini untuk pengatasan pada hama masih efisien menggunakan kontribusi pestisida organik.

6. Pemanenan

Pemanenan ubi Cilembu wajar dikerjakan pada 3 sampai lima bulan saat ditanamkan bergantung macam varietas ubi. Ubi yang sudah masak memiliki ciri-ciri serat rendah. Sistem memetik ubi jalar sebagai dengan menggunting tangkainya selanjutnya keduk pada tempat tanaman yang sudah dipotong barusan.

Bila anda memerlukan dan membutuhkan Waring Sayur atau Waring Ikan untuk peking sayur dan untuk kolam ikan atau untuk yang lain pada harga yang paling dapat dijangkau silahkan Anda mengontak kami lewat SMS/CALL/WA di hari dan jam kerja (Minggu Dan Hari Besar Kami Tutup)

Post a Comment for " Langkah Modern Budidaya Ubi Cilembu, Ringkas dan Simpel"