Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Faedah Konsentrat Buah Zaitun, di Antaranya untuk Jantung dan Tulang

Faedah buah zaitun telah populer semenjak jaman jaman dulu. Umumnya, faedah buah ini diambil berbentuk olahan minyak zaitun. Tetapi, rupanya buah zaitun tidak cuma dapat dibuat jadi minyak, tapi bisa juga dimakan langsung. Supaya tahu pembahasan selengkapnya, baca penuturannya berikut, ya!

Nilai nutrisi buah zaitun

Buah zaitun atau Olea europea ialah buah yang dari Afrika, Asia beriklim sedang, dan Eropa Selatan. Zaitun selanjutnya ditebarkan ke Australia dan Hawaii lewat budidaya.

Buah zaitun memiliki kandungan 115-145 kalori per 100 g (g) atau sekitaran 59 kalori untuk 10 buah zaitun (dengan anggapan rerata berat buah zaitun 4 g).

Kandungan ini terbagi dalam 75-80% air, 11-15% lemak, 4-6% karbohidrat, dan sebagian kecil protein.

Situs Food Data Central U.S. Department of Agriculture mengatakan jika buah zaitun memiliki kandungan beragam gizi yang salah satunya mengikutsertakan polifenol.

Kandungan ini sebagai senyawa yang memiliki sifat sebagai anti-oksidan hingga sanggup membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan karena radikal bebas.

Selainnya memiliki kandungan polifenol dan gizi lain seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral, buah zaitun memiliki kandungan lemak yang tinggi, yakni sejumlah 11-15 %.

Tetapi, Anda tidak perlu cemas, karena kandungan lemak yang berada di dalam buah zaitun ialah lemak baik.

Asam lemak yang paling limpahan dari buah ini ialah asam oleat yang terhitung asam lemak tidak jemu tunggal dan menyumbangkan 74% dari semua kandungan buah zaitun.

Asam oleat dihubungkan dengan beberapa faedah kesehatan, seperti kurangi bengkak, turunkan resiko penyakit jantung, sampai menantang kanker.

Faedah buah zaitun

Buah zaitun dapat dipakai sebagai minyak untuk mengolah, minyak untuk menjaga kecantikan muka, minyak untuk memberikan nutrisi rambut, dan yang lain.

Tetapi, sebetulnya faedah buah zaitun bukan hanya dapat diambil berbentuk minyak. Buah yang warna hijau atau ungu kehitaman ini berguna bila langsung dimakan.

Faedah buah zaitun datang dari nilai nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya, terhitung zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan beragam anti-oksidan.

Bermacam kandungan buah zaitun itu bisa menolong penuhi keperluan gizi harian badan. Tidak sampai di sana, buah zaitun mempunyai index glikemik yang rendah. Berikut daftar faedah buat zaitun yang penting Anda kenali.

1. Membenahi kesehatan tulang

Osteoporosis diikuti dengan pengurangan massa tulang dan kualitas tulang. Ini bisa tingkatkan resiko tulang patah.

Riset terbitan International Journal Of Environmental Research And Public Health kandungan polifenol dalam buah zaitun sanggup memberi pelindungan pada tulang dari resiko osteoporosis.

Tingkat osteoporosis lebih rendah di beberapa negara Mediterania (yang rajin makan buah zaitun) dibanding di beberapa negara Eropa yang lain.

Ini membuat beberapa periset bertaruh jika buah zaitun kemungkinan dapat menjadi satu diantara perlindungan untuk tulang.

Beberapa senyawa yang diketemukan pada buah zaitun dan minyak zaitun sudah bisa dibuktikan menolong menahan keropos tulang pada hewan eksperimen.

2. Tingkatkan kesehatan jantung

Buah zaitun memiliki kandungan asam oleat yang mempunyai faedah untuk tingkatkan kesehatan jantung karena bisa atur kandungan cholesterol dan tekanan darah.

Sudah diketahui, cholesterol tinggi dan tekanan darah tinggi sebagai factor resiko penyakit jantung. Kandungan hydroxytyrosol pada buah zaitun dapat membuat perlindungan jantung.

Anti-oksidan ini bertindak selaku antikoagulan untuk menipiskan darah hingga kurangi peluang pembekuan darah dan merintangi saluran darah.

3. Atur kandungan cholesterol

Perlu Anda kenali, cholesterol tidak selamanya jelek untuk kesehatan. Ada dua tipe cholesterol yakni cholesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan cholesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Ke-2 tipe cholesterol ini harus dalam kandungan yang normal dan imbang supaya tidak tingkatkan resiko beragam permasalahan kesehatan.

Buat jaga kandungan cholesterol supaya masih tetap imbang, Anda perlu batasi konsumsi makanan memiliki kandungan lemak jemu yang bisa tingkatkan kandungan cholesterol jahat atau LDL.

Bukannya, pilih konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak nabati seperti buah zaitun.

Walau memiliki kandungan kandungan lemak yang tinggi, lemak pada buah zaitun termasuk dalam tipe lemak nabati yang condong bisa turunkan kandungan cholesterol jahat, sementara kandungan cholesterol HDL jadi bertambah.

Dengan konsumsi buah zaitun, Anda masih tetap bisa penuhi keperluan konsumsi lemak tanpa perlu cemas alami kenaikan cholesterol jahat.

4. Membuat perlindungan cholesterol LDL dari oksidasi

Proses oksidasi di antara lemak dan oksigen ikut mainkan peranan dalam kenaikan resiko penyakit kardiovaskular. Ini dapat dipacu dari konsumsi makanan yang tinggi lemak jemu.

Buat menghindar hal itu, Anda bisa menukar konsumsi makanan banyak mengandung lemak jemu dengan mengosumsi konsumsi lemak tidak jemu seperti buah zaitun.

Buah zaitun berkadar lemak tidak jemu yang tinggi dan kaya anti-oksidan, hingga bisa menahan berlangsungnya proses oksidasi pada tubuh.

Dengan berkurangnya resiko oksidasi lemak yang hasilkan cholesterol pada tubuh, resiko penyakit kardiovaskular juga ikut terbebas.

5. Turunkan tekanan darah

Zaitun dikenali mempunyai kandungan asam lemak sehat dan kaya anti-oksidan yang bagus untuk pembuluh darah.

Kandungan dalam zaitun ini bisa kurangi infeksi di pembuluh darah dan memberikan dampak pada tekanan darah supaya lebih konstan.

Tekanan darah yang lebih termonitor juga membuat Anda terbebas dari resiko hipertensi.

Panduan konsumsi buah zaitun

Faedah buah zaitun memang seringkali diambil lewat olahan minyak sama seperti yang kemungkinan biasa Anda dapatkan di pasar.

Tetapi, tidak ada kelirunya untuk ambil faedah buah zaitun dengan mengkonsumsinya langsung, seperti menambah potongan buah ini ke salad.

Selainnya salad, adapun opsi konsumsi lain yang memiliki kandungan zaitun yakni minuman berbentuk susu.

Susu yang mempunyai kandungan zaitun didalamnya bisa Anda konsumsi sebagai minuman sehat.

Post a Comment for " 5 Faedah Konsentrat Buah Zaitun, di Antaranya untuk Jantung dan Tulang"