Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Harus Menjaga Ternak Sesudah Inseminasi Bikinan Pada Buatan Pada Sapi

Pada inseminasi bikinan pada sapi, kunci keberhasilan inseminasi bikinan selainnya kesehatan reproduksi ternak yang bagus dan sehat karena itu patokan sukses yang lain ialah kesuksesan ternak untuk hamil dan sanggup melahirkan anak dengan keadaan yang sehat. Maka dari itu Anda disarankan untuk rajin jaga indukan yang sudah dilaksanakan inseminasi bikinan supaya masih tetap sehat selama saat kehamilan sampai melahirkan.

Anda wajib melakukan management atau tata penerapan peternakan inseminasi bikinan pada sapi sesuai saran. Ini dilaksanakan supaya sapi yang hamil dapat rasakan nyaman dan sanggup melahirkan secara baik, hingga ternak sapi Anda sanggup hasilkan pedet yang berkualitas terbaik.

Proses inseminasi bikinan pada sapi Adapun banyak hal yang perlu Anda lihat dalam menjaga indukan inseminasi bikinan pada sapi supaya sukses hamil dan keadaannya masih tetap sehat ialah seperti berikut:

Memerhatikan Kualitas Pakan

Pemenuhan gizi yang bagus pada indukan betina yang sudah hamil benar-benar tentukan hasil anakan yang hendak didapat. Usia riskan inseminasi bikinan pada sapi ialah di saat 3 bulan awal dan tiga bulan saat mendekati melahirkan atau beranak. Di saat semacam itu Anda memerlukan beberapa perawatan khusus untuk dilaksanakan.

Ada baiknya kalau indukan betina yang sudah hamil hasil dari inseminasi bikinan pada sapi diberi konsumsi pakan yang mengandung P (phosphor) dan Ca (kalsium) yang cukup. Pemberian elemen itu cukup buat perkembangan janin. Beri serat kasar dalam jumlah minimal 14%.

Mendekati proses beranak, indukan betina sapi seharusnya Anda beri pakan khusus ternak sapi supaya proses kelahiran bisa jalan secara mudah. Jauhi pemberian pakan dengan dengan kandungan protein yang tinggi saat mendekati melahirkan. Kami anjurkan Anda memberi pakan yang mengandung energi yang tinggi dan dapat dipertambah dengan molase untuk membuat lancar proses kelahiran.

Tersedianya Air Minum

Air atau air minum ialah aspek khusus pada proses pencernaan sesudah inseminasai bikinan pada sapi. Hingga tersedianya air minum harus selalu tercukupi sepanjang proses perawatan indukan betina berjalan. Pada intinya sapi ialah hewan yang sanggup atur sendiri konsumsi pakan dan air minumnya, hal itu untuk jaga kesetimbangan temperatur badan untuk kelancaran proses metabolismenya.

Tingkat konsumsi air pada setiap tipe sapi tidak sama dan bergantung juga pada temperatur, tipe pakan dan kelembapan sekitar lingkungan kandang. Pada musim panas atau pada temperatur yang tinggi konsumsi air minum sapi akan bertambah dan pada temperatur yang rendah konsumsi air minum pada sapi akan turun. Begitupun bila pakan yang dimakan oleh sapi banyak terkandung bahan kasar karena itu konsumsi air minum akan bertambah begitupun kebalikannya. Biasanya sapi konsumsi air minum sekitar 60 liter setiap harinya.

Lakukan Latihan

Untuk memudahkan proses kelahiran pada sapi betina hamil, Anda dapat latih sapi betina untuk jalan - jalan di luar kandang ternak sapi. Dengan beberapa gerakan atau latihan untuk sapi, maka membuat lancar peredaran darah pada ternak, tingkatkan kesehatan pada ternak dan sekalian perkuat otot sisi perut dan badan sisi belakang pada sapi betina. Kerjakan latihan sekurang-kurangnya sepanjang 1 jam setiap harinya.

Bila Anda tidak lakukan latihan dengan teratur maka punya pengaruh pada otot - otot kandungan. Otot kandungan tidak kuat untuk lakukan konstraksi hingga meyebabkan janin akan susah untuk keluar, ari - ari akan ketinggalan dalam kandungan dan indukan akan lemas karena kekurangan tenaga. Untuk perkuat tulang - tulang pada indukan sapi betina Anda dapat menjemur indukan saat pagi hari.

Pada indukan hamil hasil inseminasi bikinan pada sapi dengan usia delapan bulan periode kehamilan, sapi dapat Anda taruh pada kandang bersama satau kandang komunal khusus sapi hamil. Tetapi bila usia kehamilan di atas delapan bulan karena itu sapi dapat Anda taruh pada kandang pribadi. Ini ditujukan supaya Anda dapat secara mudah lakukan perawatan di saat sapi akan beranak.

Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Sapi

Di hasil inseminasi bikinan sapi yang hamil benar-benar riskan terserang penyakit trending yang dapat menyebabkan berlangsungnya inveksi. Inveksi pada uterus dapat menjalar pada plasenta dan calon anakan (fetus). Mengakibatkan anakan yang dilahirkan akan pada keadaan kurang kuat sesudah dilahirkan dan dapat mengakibatkan kematian pada pedet. Maka dari itu factor kebersihan baik itu kebersihan sapi dan kebersihan kandang harus Anda lihat secara periodik.

Mandikan indukan yang sudah hamil hasil dari inseminasi bikinan pada sapi minimum 1x dalam satu hari. Untuk kebersihan kandang peternakan sapi, bersihkanlah lantai kandang dengan memakai air atau desinaktan. Aliran drainase kandang harus Anda upayakan selalu mengucur lancar supaya kandang selalu pada kondisi kering. Perlengkapan kandang harus Anda membersihkan demikian usai dipakai. Jauhi untuk pinjam perlengkapan antara beberapa peternak untuk menghindar terjangkitnya penyakit yang dapat terjadi.

Proses sapi akan melahirkan Telah banyak kasus sapi hamil pada peternakan sapi yang terjangkit penyakit dari karyawan yang menjaganya. Maka dari itu kesehatan karyawan kandang harus selalu terlindungi. Bila karyawan Anda sedang sakit karena itu seharusnya tidak dibolehkan untuk masuk kandang sapi yang hamil.

Post a Comment for " 4 Langkah Harus Menjaga Ternak Sesudah Inseminasi Bikinan Pada Buatan Pada Sapi"