Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sembuhkan Semangat Peternak Sapi Terimbas PMK, Petrokimia Gresik Kuncurkan Kontribusi Rp 150 Juta

Petrokimia Gresik tingkatkan kontributor untuk warga lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Satu diantaranya ialah memberi kontribusi sebesar Rp 150 juta ke Partner Kebanggaan (Mangga) peternak sapi yang terimbas pandemi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK), Selasa (6/9/2022).

Direktur Khusus Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, pandemi PMK sudah berpengaruh pada ekonomi peternak sapi. Walau data memperlihatkan pengurangan kasus, pandemi ini masih diketemukan di Jawa Timur.

Karenanya, usaha rekondisi terus dipacu Pemerintahan Propinsi Jawa Timur lewat pemercepatan vaksinasi hewan ternak.

"Petrokimia Gresik ikut ambil peranan dalam menggerakkan perbaikan perekonomian peternak sapi yang tidak untung karena pandemi ini. Hingga, program pengatasan pandemi PMK dapat makin mendalam," kata Dwi Satriyo, lewat launching Humas Petrokimia Gresik.

Sebagai info, sekarang ini ada 182 Mangga peternak sapi yang menyebar di 21 kota/kabupaten di daerah Jawa Timur dan Jawa tengah. Di mana, 99 salah satunya terverifikasi sudah terimbas pandemi PMK.

Adapun kontribusi ini kali dikasih ke 15 barisan Mangga, peternak sapi dengan imbas rugi paling besar yang dari Lamongan, Magetan, Bojonegoro, Lumajang dan Blora.

Dari 166 ekor sapi yang diatur ke-15 barisan itu, 130 ekor salah satunya terkena PMK, yang menyebabkan 12 ekor mati, 107 ekor mau tak mau dipasarkan murah sesudah dipastikan pulih dari PMK, dan bekasnya sedang proses pengobatan.

"Kontribusi ini memanglah tidak akan tutup semua rugi Mangga karena pandemi PMK, kami mengharap, kontribusi ini sanggup berikan motivasi beberapa peternak untuk bangkit kembali," ucapnya.

Selanjutnya Dwi Satriyo menghimbau ke beberapa peternak untuk ikuti program vaksinasi hewan ternak yang diadakan pemerintahan. "Mudah-mudahan pandemi PMK selekasnya dikontrol di semua wilayah, hingga ekonomi peternak bisa sembuh," tutur Dwi Satriyo. ****

1 comment for " Sembuhkan Semangat Peternak Sapi Terimbas PMK, Petrokimia Gresik Kuncurkan Kontribusi Rp 150 Juta"