Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Langkah Mentan Untuk Tambahkan Peternak Sapi Perah

Ini Langkah Mentan Untuk Tambahkan Peternak Sapi Perah

Tidak dapat disangkal kembali. Usaha ternak sapi perah rakyat terus alami pengurangan sepanjang sekian tahun akhir-akhir ini, pengurangan ini juga tajam. Bagaimana tidak, peternak sapi perah rakyat banyak memperoleh penekanan dari harga susu lokal yang jeblok karena susu import yang tetap tiba dipasaran. Karena sekarang Pemerintahan sekarang cenderung pilih untuk mengimpor susu sapi untuk penuhi kebeutuhan masayrakat dan keperluan industri. Berkurangnya harga susu lokal makin diperburuk dengan pengurangan produksi susu sapi hingga banyak sapi perah yang mau tak mau di potong oleh peternak karena tidak dapat kembali berkompetisi dan kurangi produksi sapi perah dalam negeri.

Kementerian Pertanian mengambil langsung sikap dengan yang dirasakan oleh Peternak sapi perah rakyat. Kemtan akan menggerakkan produksi sapi perah dalam negeri dengan beberapa importir susu harus mempernyerap produksi susu dalam negeri. Menurut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjelaskan jika, usaha ternak sapi perah di Indonesia masih paling prospektif, tetapi karena Harga susu lokal yang jeblok sampai ada dikisaran Rp 4.500 per liter, hingga membuat beberapa peternak sapi perah sduah tidak ingin untuk meningkatkan usaha sapi perah itu. Hingga dia akan mengharuskan importir susu untuk dapat mempernyerap susu dalam negeri saat sebelum lakukan import. "kata Amran".

Dia menambah saran itu terus dimatangkan dan telah di koordinasikan dengan Kementerian Perdagangan (Kemdag) dan Kementerian Perindustrian (Kemperin). Kelak apabila sudah ada persetujuan , peraturan ini langsung akan diedarkan dalam Ketentuan Menteri Pertanian (Permentan) mengenai harus serap produksi susu lokal. Disamping itu Amran terus lakukan pengkajian supaya harga susu sapi lokal menjadi Rp 6.000 perliter.

Merujuk dari data Kemtan, di tahun 2015 komunitas sapi perah produktif capai 518.649 ekor dan dalam jumlah sapi perah dibuat sejumlah 835.100 ekor. Dalam pada itu keperluan susu sapi dalam negeri di tahun 2015 capai 3.82 juta ton /tahun atau sama dengan 15 liter per kapita /tahun.

Post a Comment for "Ini Langkah Mentan Untuk Tambahkan Peternak Sapi Perah"