Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yok, Kenali 8 Peternakan Sapi Paling besar di Indonesia!

Yok, Kenali 8 Peternakan Sapi Paling besar di Indonesia!

Saat kita makan daging sapi atau minum susunya, apa kamu ketahui darimanakah sapi itu berasal? Apa ada peternakan besar yang menyuplai daging sapi dan susu untuk semua Indonesia. Bila kamu ingin ketahui kamu dapat baca pembahasan berikut untuk tahu darimanakah saja daging dan susu sapi yang tersaji di meja makanmu.

Saat sebelum membahas mengenai peternakan-peternakan besar yang berada di Indonesia, kamu harus tahu konsentrasi dari tiap peternakan itu berlainan. Tidak seluruhnya peternakan tentu hasilkan susu. Beberapa peternakan bergerak di beternak sapi untuk jadi sapi pedaging, hingga mereka fokus beternak tipe sapi pedaging seperti sapi brahman.

Beberapa kembali kemungkinan semakin lebih fokus pada menghasilkan susu, hingga mereka cuma memiara tipe sapi perah seperti sapi Holstein dan Jersey. Tapi ada peternakan yang bergerak beroperasi di sektor sapi perah dan bergerak dalam ke-2 sektor. Nach, berikut beberapa peternakan sapi paling besar yang berada di Indonesia.

1. Peternakan PT. Greenfield Indonesia

Peternakan Green Field ialah peternakan yang disebut hasil kerja sama Indonesia dan Australia, Peternakan ini dibangun di tanggal 14 Maret 1997. Peternakan ini usahanya diawali dengan mengurus sapi perah yang letak peternakannya ada di Dusun Babadan Malang Propinsi Jawa Timur, di bulan Juni 2000, mulai dibuat sarana untuk memproses susu.

Tipe sapi perah yang dipunyai oleh PT. Greenfield tipe sapi perah Holstein dan Jersey, peternakan ini sekarang ini mempunyai lebih dari 10.000 sapi perah di Indonesia. Pada tiap tahunnya dibuat lebih dari 43.5 liter susu sapi fresh. Peternakan ini memproses susu secara kekinian untuk hasilkan susu yang berkualitas premium yang berstandar internasional.

Selainnya di Dusun Babadan, mereka kembali membuka peternakan mereka yang ke-2 di tanggal 3 Mei 2017, ini kali lokasinya ada di Wlingi Bitar Propinsi Jawa Timur dengan luas sekitaran 172 Hektar. Diperkitakan peternakan yang ke-2 ini bisa memuat 9.500 sapi dan tiap tahunnya bisa hasilkan 45 juta liter susu.

2. Peternakan PT. Great Giant Livestock (GGL)

Peternakan PT. Great Giant Livestock ialah peternakan yang berada di Tebanggi Besar, Lampung, bergerak dalam produksi susu sapi fresh dan penggemukan sapi potong. Peternakan ini adalah anak perusahaan Gunung Sewu Group. Luas dari peternakan ini sekitaran 30.000 hektar dan dengan 100.000 ekor sapi yang diolah tiap tahunnya.

Hal yang memikat pada peternakan ini ialah pakan yang dipakai untuk memberikan makan sapi, yakni pendayagunaan dari sampah hasil pemrosesan nanas. Mengapa nanas? Karena Gunung Sewu Group mempunyai anak perusahaan yang namanya Great Giant Pineapple, perusahaan yang menanam dan lakukan pemrosesan nanas. Sampah kulit nanas digabung dengan rumput jadi pakan ternak.

Disamping itu mereka lakukan pemrosesan dari sampah sapi jadi pupuk organik yang bisa dipakai untuk tanaman nanas. Peternakan ini lakukan kerja sama di 48 dusun dengan 2.000 peternak plasma di 6 Kabupaten di Lampung. Kerja sama yang mereka kerjakan salah satunya ialah penggemukan sapi, industri kecil pakan ternak, pupuk organik, dan budidaya pembibitan.

3. Peternakan PT. Santosa Agrindo (Santori)

PT. Santosa Agrindo ialah anak perusahaan PT. Japfa Comfeed Indonesia, mereka berdiri di tahun 1993. Perusahaan ini awalannya beroperasi di sektor daging olahan, sekarang beralih menjadi perusahaan yang beroperasi di sektor penggemukan sapi potong. PT. Santori mempunyai 3 biji tempat penggemukan kekinian, 2 di Lampung dan satu di Jawa Timur.

Ada sekitaran 150.000 ekor sapi yang disebut jumlah keseluruhan kemampuan sapi yang digemukan /tahun. 10.000 ekor untuk pembiakan Wagyu, 24.000 ekor sapi untuk kemampuan rumah potong kekinian /tahun.

4. Peternakan PT. Karyana Gita Khusus (KGU)

Peternakan PT. Karyana Gita Khusus berada di Daerah Menciutara Kecamatan Curug Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Peternakan ini fokus pada peternakan untuk sapi potong. Sapi-sapi yang dihadirkan oleh PT. KGU ialah sapi-sapi akan dewasa yang dihadirkan dari Australia, dan dihadirkan dari dalam negeri, seperti Jawa tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan NTT.

Kemampuan sapi yang bisa dimuat di KGU ialah sekitaran 5.000 ekor sapi. Selainnya proses penggemukan sapi potong, KGU lakukan proses perkembangbiakan yang terjadi tanpa menyengaja. Ketika datangkan sapi akan dari Australia yang di claim sudah steril, rupanya dari beberapa ribu sapi akan itu beberapa rupanya tidak steril dan pada akhirnya dikawinkan.

Proses perkembangbiakan yang sudah dilakukan di KGU dilaksanakan secara natural serta bikinan, dan kandang untuk sapi yang dikembangbiakan dan sapi yang digemukan dipisah. Disamping itu anak sapi yang sudah disapih dipisah, agar dilaksanakan perawatan secara baik. Sekarang KGU sudah hasilkan 5.000 ekor anak sapi.

5. Peternakan PT. Kreasi Alam Sentosa Kekal (KASA)

Peternakan dari PT. Kreasi Alam Sentosa Kekal berada di Bekri Lampung tengah. PT. KASA bergerak di sektor penggemukan dan perkembangbiakan sapi potong. Peternakan ini datangkan sapi akan dari Australia, tipe sapi yang di-import ialah tipe Brahman Cross (BX).

Untuk datangkan sapi akan dari Australia mereka bekerja bersama dengan ILE (International Livestock Ekspor) dan Frontier sebagai faksi eksporir. Sapi yang tiba akan diisolasi lebih dulu, untuk pastikan sapi-sapi itu pada kondisi baik saat sebelum diteruskan di proses penggemukan.

6. Peternakan PT.Tanjung Unggul Berdikari

PT. Tanjung unggul Berdikari ialah peternakan yang berada di wilayah Tangerang Banten. Peternakan ini lebih fokus pada penggumukan sapi. Peternakan ini menggemukan sapi dari tipe sapi brahman yang dihadirkan dari Australia. Peternakan ini sanggup memuat 23.000 sapi pada tempat mereka yang luas, dan ketika ramai dapat sampai menyetok 30.000 ekor sapi.

7. Peternakan PT. Widodo Makmur

Peternakan dari PT. Widodo Makmur berada di wilayah Cileungsi. Peternakan ini fokus pada perkembangbiakan sapi potong, mereka memulai upayanya dengan memiara belasan ekor sapi. Sapi-sapi yang dikembangbiakan di peternakan ini datang dari Australia untuk memperoleh sapi potong dengan kualitas yang bagus.

Peternakan ini mempunyai tempat yang luasnya 1.5 hektar dalam jumlah sapi sekitaran lebih dari 1.000 ekor. Ketika upayanya makin mengalami perkembangan perusahaan ini bukan hanya beroperasi di sektor peternakan, tapi memasuki pada usaha di bagian property dan pertanian dan perminyakan.

8. Peternakan PT. Citra Agro Buana Semesta (CABS)

Peternakan Citra Agro Buana Semesta berada di wilayah Malangbong Garut Jawa Barat. Peternakan CABS ini berdiri di tahun 1998 pada bulan Oktober, ketika kritis moneter sedang menerpa Indonesia. Peternakan ini coba beroperasi di sektor yang ditinggal banyak peternakan saat kritis moneter terjadi, mereka coba beroperasi di sektor penggemukan sapi potong.

Pada awal PT. CABS untuk penuhi keperluan sapi potong fresh, mereka ambil sapi potong dari sapi lokal, tetapi keperluan untuk sapi potong yang besar tidak bisa tercukupi oleh cuma sapi lokal saja. PT. CABS juga lakukan import sapi dari Australia yang seterusnya digemukan di peternakan mereka yang berada di Dusun Mekar Asih, Kecamatan Malangbong Garut.

Nach, tersebut beberapa peternakan besar yang ada di Indonesia, mereka yang penuhi keperluan daging sapi dan susu fresh yang berkualitas di Indonesia supaya ketahanan pangan kita selalu terlindungi. Kamu bisa juga bertandang ke peternakan-peternakan sapi itu, janganlah lupa mengajak semua bagian keluarga, ya!

Post a Comment for " Yok, Kenali 8 Peternakan Sapi Paling besar di Indonesia!"