Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Kalkulasi Ongkos Peternakan Sapi Untuk Pemula

Sapi ialah hewan ternak yang dapat disebut susah dirawat apa lagi diperkembangkan sebagai usaha agribisnis, maka dari itu saat mengawali usaha ini ongkos ternak sapi sebaiknya jadi perhatian.

Sapi membutuhkan perawatan intens dan perhatian khusus. Bila tidak, karena itu sapi jadi kurang sehat dan kwalitasnya turun. Jika kamu yang tidak mempunyai pengetahuan benar-benar mengenai langkah beternak sapi tetapi ingin mengawali usaha ternak sapi, kamu harus mempunyai niat dan kesungguhan di bagian ini dan hitung ongkos mengawali ternak sapi

Bila disaksikan secara sepintas, usaha ongkos ternak sapi ini memerlukan modal yang tidak kecil. Pikirkan saja, untuk beli seekor sapi saja diperlukan uang juta-an rupiah. Walau demikian, saat modal yang dikeluarkan dapat diputar secara lancar, kesempatan untungnya tentu saja besar.

Kompetisi ketat di pasar ekonomi jadikan sapi sebagai bahan baku untuk rebutan, sapi lokal berkompetisi dengan sapi import. Peternak sapi lokal yang meningkatkan upayanya sedang bertemu dengan beragam teror pasar.

Karena itu, peternak sapi selainnya pintar beternak harus mempunyai pengetahuan yang oke untuk menyaksikan beragam kesempatan yang ada saat usaha ternak sapi sedang digerakkan, terhitung hitung ongkos ternak sapi pada tahun 2022.

Modal awalnya bukan hanya bujet dana, tapi juga beragam jenis hal yang memungkinkannya kamu cari jalan awalnya buka kesempatan usaha ternak sapi untuk pertama kalinya, seperti jaringan.

Jaringan persahabatan ialah hal yang penting untuk kamu untuk memperoleh beragam info mengenai menjaga dan usaha ternak sapi.

Mencari rekan-rekan yang mempunyai pengalaman sebagai peternak sapi, selanjutnya sama-sama tukar info mengenai beragam hal berkaitan beternak sapi. Info itu akan berguna untuk buka kesempatan pertama. Komune dan hubungan ini sangat penting untuk menghindar kehilangan arah saat mengawali usaha ternak sapi dan hitung ongkos ternak sapi. Maka dari itu, turuti komune dan panduan yang dapat diketemukan di beberapa komune peternak milenial seperti pada Ternaknesia.

Ongkos Ternak Sapi Awalnya dan Modal:

  • Saat kamu mempunyai gagasan dan kesungguhan untuk mengawali usaha ternak sapi, karena itu harus mempersiapkan rencana ongkos ternak sapi untuk modal beternak sapi.
  • Tidak boleh takut keluarkan dana yang lumayan besar karena seterusnya keuntungan berkali lipat dapat kamu peroleh dari bujet awalnya. Bujet itu minimal harus memenuhi keperluan beberapa ternak sapi pertama kali yang mulai kamu bangun.

Dikutip oleh Money+ ongkos ternak sapi awalannya ialah seperti berikut:

  • Membeli sapi: Rp 10.000.000,- x 5 = Rp 50.000.000,-.
  • Sewa Tanah: Rp 4.000.000,- /tahun.
  • Membuat kandang: Rp 7.000.000,-.
  • Perlengkapan (tempat makan minum, pencuci, selang, timba, dan lainnya): Rp 1.200.000.
  • Jumlah Rp 62.200.000.

Dan ongkos untuk penggemukan sapi atau perawatannya:

  • Makanan tambahan sebesar Rp 15.000,- setiap hari, satu bulan Rp 450.000.
  • Ekstrak Rp 100.000,- setiap hari, satu bulan Rp 3.000.000.
  • Vaksin Rp 15.000,- setiap hari, satu bulan Rp 450.000.
  • Vitamin sekitaran Rp 20.000,- setiap hari. Satu bulan Rp 600.000.
  • Obat sekitaran Rp 20.000,- setiap hari. Satu bulan Rp 600.000.
  • BBM, air, listrik, dan yang lain Rp 1.000.000.
  • Kawin dibujetkan Rp 150.000.
  • Ongkos lainnya Rp 300.000.
  • Jumlah: Rp 6.550.000.
  • Dengan keseluruhan ongkos ternak sapi ialah Rp 62.200.000 + Rp 6.550.000,- = Rp 68.750.000.

Ongkos Penyusutan:

Disamping itu, kamu bisa juga memerhatikan ongkos penyusutan saat kalkulasi ongkos ternak sapi. Ongkos penyusutan ialah perhitungan ongkos masih tetap yang dipisah dengan usia pantas gunakan . Maka, ongkos kandang, sewa tempat, perlengkapan kandang, ongkos perawatan asset, dan perlengkapan kandang masuk ke ongkos penyusutan.

Ini karena kamu tak lagi perlu beli perlengkapan itu setiap masanya. Hingga kamu perlu hitung ongkos penyusutannya saja.

Mirip contoh, ongkos pembikinan kandang sapi standard untuk 5 ekor ternak dapat habiskan ongkos sejumlah Rp.3.000.000.

Sudah pasti, kandang sapi itu dapat bertahan sepanjang sepuluh tahun ke depan, hingga ongkos penyusutan yang perlu dikeluarkan tiap masanya ialah Rp.100.000.

Lewat penghitungan ongkos penyusutan semua unit itu, hingga keseluruhan ongkos penyusutan yang penting kamu mengeluarkan tiap masa (empat bulan) ialah sekitar Rp.375.000.

Ongkos Faktor

Salah satunya ongkos ternak sapi yang perlu jadi perhatian ialah ongkos faktor. Ongkos faktor atau ongkos tidak harus tetap dihitung sepanjang proses budidaya. Sepanjang empat bulan, diprediksi ongkos ternak sapi habiskan ongkos faktor sekitar Rp. 59.826. 000.

Ongkos faktor ini terbagi dalam pembelian Ekstrak, Pakan hijauan, Beberapa obat, Sapi akan, Suplemen Organik Cair GDM Specialist Ternak, pembayaran Tenaga kerja dan Listrik, telephone, dan lain-lain. Dari semua tipe barang yang dibeli dalam ongkos faktor itu, pembelian akan sapi ialah yang terbesar.

Selainnya ongkos pembelian pakan, akan dan tenaga kerja, pasti kamu harus juga hitung jumlahnya ongkos yang dikeluarkan untuk pembelian suplemen dan beberapa obat. Beberapa obat yang dibeli sebagai beberapa obat standard untuk pengendalian genting. Paling akhir, kamu harus juga bayar ongkos bill listrik, telephone, air dan yang lain harus juga jadi perhatian.

Bila kamu tertarik usaha ternak sapi, baca panduan khusus peternak yang lain di Sobaternak, program management peternakan milenial dan masuk komunitasnya untuk berunding dan mengganti gagasan. Mempermudah kamu sebagai peternak dalam mengurus peternakan. Unduh aplikasinya nya di sini sekarang ini.

Start writing here...

Post a Comment for " Tutorial Kalkulasi Ongkos Peternakan Sapi Untuk Pemula"