Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Budidaya Peternakan Sapi Perah Pemroduksi Susu Fresh

Sapi sebagai salah satunya hewan ternak yang dapat hasilkan daging, susu dan tenaga. Banyak faedah yang bisa diambil dari hewan ruminasia yang ini, dahulunya manusia memakai tenaga sapi untuk bajak sawah, kebun dan lain-lain. Budidaya sapi perah di Indonesia sangat memberikan keuntungan dan saat ini ini lebih banyak diperkembangkan di wilayah tepian kota.Budidaya Peternakan Sapi Perah

Salah satunya peternakan sapi perah yang cukup populer di Sumatera Utara ialah Gundaling Farmstead Berastagi. Peternakan pemroduksi susu atau dairy cattle farm yang paling besar di dunia umumnya ada di benua eropa seperti Inggris, Belanda, Scotlandia, Denmark, Prancis. dan Italia.

Berikut beberapa hal yang dasar dalam management perawatan sapi perah:

  • Lokasi dan kandang yang pas.
  • Penyeleksian bibit sapi perah.
  • Pemberian pakan sapi.
  • Perawatan serta pemeliharaan.
  • Proses pemanenan susu.
  • Lokasi dan Kandang Yang Pas

Ini sebagai salah satunya factor paling penting yang jangan diacuhkan dalam beternak sapi yakni lokasi kandang. Lokasi yang bagus untuk peternakan sapi pemroduksi susu yakni di daratan tinggi yang umumnya berada pada wilayah yang jauh dari permukiman warga tapi dapat diraih dengan memakai kendaraan. Jarak kandang sapi dari rumah minimum 10 mtr.. Disamping itu, kandang harus juga terserang cahaya matahari supaya kesehatan mereka selalu terlindungi.

Ukuran kandang untuk sapi jantan dewasa di antara 1,5 x 2 mtr. atau 2,5 x 2 mtr., dan untuk sapi betina 1,8 x 2 mtr.. Kandang anak sapi cukup memiliki ukuran 1,5 x 1 mtr./ekor. Untuk tinggi kandang yakni 2 - 2,5 mtr. dari permukaan tanah. Dan temperatur yang bagus untuk hewan pemroduksi susu ini yakni 25 - 40 derajat celcius dan kelembapan yang pas yakni 70%.

Penyeleksian Bibit Sapi Perah

Tipe sapi perah terbaik dan terkenal di penjuru dunia ialah Friesian Holstein(FH). Beternak sapi perah untuk diambil susunya lebih cenderung makan sapi sejenis kelamin betina. Dan untuk sapi jantan umumnya dipasarkan sebagai sapi potong.

Berikut beberapa ciri sapi perah yang bagus:

  • Berusia di antara 2 - lima tahun.
  • Sanggup hasilkan susu yang banyak.
  • Tidak cacat pada semua anggota badan, khususnya sisi ambing.
  • Sanggup melahirkan anak sapi.
  • Tidak terserang penyakit.
  • Alat reproduksi normal.
  • Jinak atau gampang dikontrol.

Harga bibit sapi perah betina yang dipasarkan dipasaran sekitar di antara Rp 8.000.000 sampai Rp 11.000.000.

Pemberian Pakan Sapi

Pakan atau makanan untuk ternak sapi perah bisa berbentuk jerami padi, daun jagung, rumput gajah, rumput raja dan dedaunan. Untuk pakan hijauan bisa diberi di saat siang hari sesudah proses pemerahan sekitar 30 - 50 kg setiap hari. Untuk pakan tambahan seperti ekstrak cukup 1 - 2%.

Untuk sapi betina yang menyusui anak memerlukan pakan tambahan sekitaran lebih kurang 25% hijauan dan pakan ekstrak. Pakan hijauan atau rerumputan seharusnya dipertambah kacang-kacangan supaya sanggup hasilkan susu yang banyak. Janganlah lupa dikasih air minum secara adlibitum.

Diambil dari thecattlesite, penataan skema makan sapi perah memengaruhi hasil, formasi susu, dan kesejahteraan hewan.

Perawatan dan Perawatan

Kandang sapi harus dibikin bersih tiap hari agar mereka terbebas dari gempuran penyakit. Tiap satu bulan sekali kerjakan penyemprotan disinfektan untuk menahan gempuran penyakit. Seharusnya kotorannya dihimpun di lain tempat untuk difermentasi supaya dapat dijadikan pupuk kandang yang mempunyai nilai ekonomis.

Disamping itu air minum selalu harus ada sehari-harinya. Air minum dan tempat pakan seharusnya ditempatkan di luar kandang tetapi tetap terjangkau oleh mereka. Seharusnya tempat pakan dan minum ditempatkan semakin tinggi, fungsinya supaya tidak terinjak-injak oleh hewan ternak itu.

Proses Pemanenan Susu

Aktivitas pemanenan ini ialah hal yang paling dinanti-nantikan oleh sang peternak. Keuntungan beternak sapi perah yakni dapat hasilkan susu, daging, kulit, dan pupuk organik.

Selainnya susu, hewan ternak ini bisa juga hasilkan daging dan kulit yang lumayan bagus. Selanjutnya kotorannya bisa juga dijadikan pupuk kandang atau kompos. Pupuk KoHe ini benar-benar diperlukan oleh beberapa petani yang menanam sayur organik.

Demikian info mengenai budidaya ternak mesin produsen susu yang kami kumpulkan dari sejumlah sumber, mudah-mudahan infomasi yang kami suguhkan ini bisa berguna untuk anda semua.


Post a Comment for " Tutorial Budidaya Peternakan Sapi Perah Pemroduksi Susu Fresh"