Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe Ternak Sapi Potong Terbaik Tahun 2022

Keadaan dan budaya di Indonesia saat ini juga membuat keinginan akan daging sapi dan susu makin bertambah membuat bisnis ternak sapi potong sangat janjikan. Ditambah lagi Indonesia dengan sebagian besar warganya memeluk agama islam mempunyai minimal 3 hari besar di mana umumnya keinginan daging sapi naik mencolok, yakni bulan Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Peternakan sapi yang digerakkan di Indonesia mayoritas sebagai peternakan bertaraf kecil dan masih dilaksanakan secara tradisionil dan benar-benar kurang tehnologi. Peternak-peternak ini itu secara umum sebagai tugas sambilan sebagai sebagai asuransi atau tabungan semata-mata. Maka dari itu banyak mereka yang berpikir untuk bisnis sapi ternak tahun 2022 memerlukan komune dan panduan yang dapat diketemukan di beberapa komune peternak milenial seperti pada Ternaknesia.

Mengenali beberapa jenis sapi potong benar-benar sangat penting. Maksudnya supaya pahami karakternya hingga dapat pilih yang seperti keinginan. Maka dari itu saat sebelum pilih ternak sapi potong untuk bisnis kamu, ketahui dahulu macamnya berikut ini

Sapi limosin

Awalnya, sapi limousin diperkembangkan di Perancis. Komunitas asli sapi limousin ialah teritori bersuhu dingin dan jarang-jarang banyak hijauan atau rumput. Keadaan berikut yang membuat limousin memiliki ketahanan badan yang kuat.

Sekarang, limousin jadi sapi potong unggulan beberapa peternak karena dagingnya berkualitas. Berat maksimumnya capai 1,2 ton. Ciri-cirinya, diantaranya berkulit cokelat tua, kaki putih, dan tubuhnya panjang.

Ternak sapi limosin mempunyai keunggulan tertentu jika dibanding dengan sapi biasa karena perkembangan tubuhnya yang cepat sekali. Di dunia industri peternakan sapi Limosin diprediksikan akan terkenal dan jadi bintang baru. Sapi limosin mulai dilirik beberapa peternak seperti peternak, karena sapi limosin sendiri mempunyai perkembangan yang cepat dengan nilai jual yang cukup tinggi.

2. Sapi Simmental

Aslinya dari Lembah Simme, Oberland Berner, Swiss. Sapi ini mempunyai karakter fisik warna kuning keemasan sampai cokelat. Sisi muka, ekor, dan lututnya dikuasai putih. Kekuatan beratnya di antara 600 kg sampai 1,7 ton.

Simmental dalam umumnya diternakkan untuk produk susu dan dagingnya. Ini yang membuat sapi Simmental bagus untuk ternak sapi potong pada tahun 2022. Simmental populer akan perkembangannya yang cepat di saat kecil, asal dikasih pakan yang cukup. Simmental bisa memberi kesetimbangan yang bagus di antara jumlah daging dan susu yang bisa dibuat dibanding sapi ras lain.

3. Sapi Brahman

Salah satunya tipe sapi potong terbaik yang lain ialah sapi brahman yang disebut ternak asli India dengan keunikan punuk besar di atas pundak.

Sapi brahman ialah turunan sapi zebu, walau aslinya datang dari India, sapi brahman lantas mulai populer saat selanjutnya masuk ke Amerika di tahun 1849 berkembang cepat di Amerika, Di Amerika Serikat, sapi brahman diperkembangkan untuk disaring dan dipertingkat kualitas genetiknya.

Keunikan sapi brahman pada bagian bawah leher ada gelambir yang melebar sampai ke perut, tanpa sundul, dan warna merah atau hitam. Sapi brahman dewasa memiliki bobot 1,1 ton dengan prosentase karkas 45-50%.

4. Sapi Aberdeen Angus

Aberdeen Angus, atau serikali populer bernama Angus, ialah tipe sapi potong kecil dari Skotlandia. Tipe sapi potong ini datang dari sapi asli ke Aberdeen, Banff, Kincardine dan Angus di Skotlandia Timur Laut. Di tahun 2018, tipe sapi potong yang ini menyumbangkan lebih dari 17% dari industri daging sapi Inggris

Jens sapi potong Aberdeen Angus berwatakistik yang sama, yakni badannya diselimuti warna hitam dan benar-benar memiliki bobot. Disamping itu, ketahanan badannya kuat hingga tidak gampang sakit.

5. Sapi Ongole

Sapi Ongole ialah tipe sapi potong asli yang dari area Prakasam di negara sisi Andhra Pradesh di India. Tipe sapi potong ini memperoleh namanya dari tempatnya berasal yakni Ongole.

Sapi ternak ini biasanya dipakai dalam beradu banteng di Meksiko dan bagian-bagian Afrika Timur karena kemampuan dan agresivitasnya. Tipe sapi potong ini dahulu berperan serta dalam beradu banteng tradisionil di Andhra Pradesh dan Tamil Nadu.

Peternak sapi memakai kekuatan bertanding sapi jantan untuk pilih stock yang pas untuk berkembang biak dalam soal kemurnian dan kemampuan. Sekilas, sapi ongole serupa dengan brahman India. Tetapi bila disaksikan lebih detil, ada bedanya, yakni mempunyai sundul kecil. Warna badannya putih, berpunuk kelabu gelap dengan titik hitam pada bagian lutut.

Berat sapi potong Ongole yang betina ialah 432 sampai 455 kg. Selainnya diambil dagingnya, sapi Ongole hasilkan susu. Hasil susu tipe sapi potong Ongole umumnya 600 kg sampai 2518 kg dengan masa laktasinya 279 hari.

Susu Ongole mempunyai kandungan lemak butter lebih dari lima %. Tipe ternak sapi potong Ongole hasilkan anak sapi yang besar dan bergizi baik dengan perkembangan yang cukup di saat menyapih. Secara tradisionil, Sapi Ongole masih tetap dekat sama anak sapi mereka membuat perlindungan mereka dari hewan pemangsa.

6. Sapi Wagyu

Sapi wagyu ialah sapi asli Jepang yang berkembang secara berarti ke Benua Australia dan Amerika. Sapi wagyu terdiri dari 4 ras, yakni wagyu hitam, cokelat, tanpa sundul, dan sundul pendek.

Daging sapi wagyu dikenali empuk, padat, dan memiliki kandungan omega 3 dan omega 6. Produksi lemak tidak jemunya lumayan tinggi hingga hasilkan marbling yang berkualitas.

Bila kamu tertarik bisnis ternak sapi, baca panduan khusus peternak yang lain di Sobaternak, program management peternakan milenial dan masuk komunitasnya untuk berunding dan mengganti gagasan. Mempermudah kamu sebagai peternak dalam mengurus peternakan. Unduh aplikasinya nya di sini sekarang ini.

Post a Comment for " Tipe Ternak Sapi Potong Terbaik Tahun 2022"