Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe Pakan Ternak Sapi Pedaging Dan Langkah Pemberiannya

Tipe Pakan Ternak Sapi Pedaging Dan Langkah Pemberiannya. Pakanternakinstan.com. Usaha ternak sapi sebagai usaha yang menarik karena sanggup hasilkan beberapa pundi uang yang lumayan besar. Apa lagi bila sapi yang diternakkan sebagai sapi kekinian atau sapi limosin, peternak sapi nanti akan memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat. Supaya usaha ternak sapi bisa jalan dengan lancar dan baik, beberapa peternak sapi harus pahami bagaimanakah cara untuk pilih bibit sapi berkualitas, pemberian pakan yang bagus dan pengetahuan akan management ternak sapi.

Bibit sapi berkualitas bisa tumbuh dalam waktu secara singkat hingga peternak bisa hasilkan produk dengan optimal. Apa lagi bila peternak sapi memilih untuk beternak sapi pedaging, peternak sapi harus ketahui bibit sapi yang seperti apakah supaya sapi-sapi yang dipiara bisa hasilkan daging dengan kualitas yang bagus.

Bukan hanya pilih bibit sapi yang pas, kesuksesan beternak sapi pedaging dapat terjadi sepanjang peternak bisa memberi pakan yang bagus untuk sapi pedaging. Pemberian pakan ternak sapi pedaging yang pas nanti bisa berbuah hasil yang diharapkan.

Pakan ternak sapi pedaging yang bagus bukan hanya bisa memberi gizi untuk sapi tapi juga tidak berpengaruh untuk kesehatan sapi pedaging. Dalam pemberian pakan sapi, jumlah yang diberi tergantung pada usia atau tipe sapi yang diternakkan. Beberapa peternak umumnya akan pilih tipe pakan yang pas untuk sapi pedaging yang mereka ternakkan.

Berikut sebagai beberapa jenis makanan ternak sapi pedaging yang bisa diputuskan oleh peternak:

Rumput benggala

Rumput benggala sebagai tipe pakan yang paling dicintai oleh sapi. Bukan hanya dicintai oleh semua tipe sapi, rumput benggala kaya gizi.

Rumput gajah hawai

Tipe pakan sapi pedaging yang lain yang bisa diputuskan ialah rumput gajah hawai. Sama seperti dengan rumput benggala, rumput gajah hawai mempunyai jumlah gizi yang lumayan tinggi.

Lamtoro

Lamtoro sebagai tipe kacang-kacangan yang pas dipakai sebagai pakan sapi pedaging. Yang mengandung protein yang tinggi, lamtoro dapat dijadikan pakan kombinasi.

Gamal

Gamal sebagai tanaman pagar yang daunnya baik sekali dipakai untuk perkembangan sapi. Untuk manfaatkan gamal sebagai pakan sapi, tumbuhan ini harus dilayukan lebih dulu.

Kaliandra

Kaliandra sebagai tanaman yang memiliki kandungan protein tinggi. Tanaman ini umumnya dipakai sebagai bahan kombinasi pakan ternak sapi karena kandungan protein yang dipunyainya.

Sesuai keterangan awalnya, pemberian pakan ternak sapi pedaging harus disamakan dengan keperluan sapi pedaging tersebut. Jumlah pakan sapi pedaging bisa disamakan dengan usia sapi dan tipe sapi. Bila peternak sapi memilih untuk memberi rumput sebagai pakan sapi, upayakan supaya rumput yang hendak dipakai dipanen saat mendekati berbunga. Dengan demikian, kandungan nutrisi dan kualitas dari rumput yang dipanen ada pada keadaan yang bagus hingga bisa memberi imbas yang bagus untuk kesehatan sapi pedaging. Rumput yang diberi seharusnya mempunyai jumlah 10 % dari berat sapi pedaging. Buat jaga kualitas sapi pedaging yang diternak, rumput yang jadi pakan seharusnya dilayukan lebih dulu.

Pakan sapi yang dari rumput atau kacang-kacangan sebaiknya diberi selang waktu 2 jam sesudah peternak memberi pakan penguat. Pakan sapi baik sekali diberi 3x dalam satu hari yaitu saat pagi hari, siang hari dan sore hari. Pakan penguat bisa diberi 2x dalam satu hari, yaitu saat pagi hari dan sore hari.

Secara umum peternak selalu memberi pakan rumput pada ternaknya. Masalah yang serig ditemui oleh peternak ialah supli pakan hijauan atau rumput benar-benar bergantung oleh keadaan musim. Pada musim hujan stock pakan hijauan sanagat banyak da gampang didapat. Bila pada musim kemarau stock pakan hijauan jadi benar-benar susah untuk didapat. Keadaan ini membuat perkembangan ternak tidak bisa seperti yang ditarget.

Menyaksikan keadaan itu yang kerap dirasakan oleh peternak secara umum, karena itu kami dengan pengetahuan gizi pakan yang sudah kami peroleh membuat fomulasi pakan tanpa hijauan atau tanpa rumput. Pakan yang kami formulakan lebih dikenali dengan pakan ternak instant. Pakan ini jadikan jalan keluar beternak kekinian atau urban farming. Keunggulan pakan ini ialah sangat komplet gizinya, ukuran dan ukuran sudah tentu hingga dapat jamin peningkatan berat tubuh secara cepat, gampang diberi tanpa proses dikombor dan lain-lain, irit tenaga atau karyawan kandang.

Post a Comment for " Tipe Pakan Ternak Sapi Pedaging Dan Langkah Pemberiannya"