Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe Pakan Ternak Sapi dan Langkah Pemberiannya

Pakan Ternak Sapi - Pakan sebagai salah satunya sisi yang paling penting untuk diperhatikan dalam soal budidaya sapi baik itu sapi perah atau sapi pedaging. Tentu saja dari ke-2 tipe sapi yang umum dijadikan ternak ini benar-benar memerlukan pakan yang lumayan baik untuk dapat menyokong perkembangannya. Karena dalam perkebangan dan perkembangan sapi akan bergantung pada pakan yang kita beri sebagai aktor.

Secara umum beberapa peternak kerap manfaatkan rumput sebagai pakan alternative. Tetapi pada hal budidaya ini kita sebagai aktor harus menyeimbangi di antara pakan ruput ekstrak dengan pakan peragian. Ada dua tipe pakan ternak sapi, seperti yang hendak saya singkat berikut ini seperti berikut.

Tipe Pakan Ternak Sapi

1. Pakan Ekstrak

Pakan ekstrak sapi sebagai tipe pakan kombinasi yang umum diberikan pada hewan ternak seperti sapi atau kambing. Pakan ekstrak ini banyak memiliki kandungan nutrisi yang lumayan tinggi untuk tingkatkan perkembangan sapi. Dan memang kebanyak beberapa peternak ini banyak yang memakai rumput sebagai pakan alternative. Adapun beberapa macam rumput yang kerap dipakai beberapa peternak sebagai pakan ternak sapi seperti berikut :

• Rumput grinting

• Rumput lapangan

• Rumput tuton

• Rumput kolonjono

• Rumput benggala

• Rumput tanaman

• Rumput leguminoss

2. Pakan Peragian

Pakan ternak peragian ini umumnya memakai sampah pertanian. Dalam masalah ini mempunyai tujuan sebagai efektivitas untuk pengadaan pakan. Disamping itu pakan peragian ini dapat memakai sampah hijauan dari makanan ternak. Dari sisi kandungannya juga tidak kalah baiknya dengan pakan ekstrak, kandungan nutrisi dan gizi ini bisa menolong dalam perubahan ternak sapi. Adapun beberapa macam pakan peragian yang lumayan bagus dan pas untuk sapi.

• Tangkis jagung kering

Salah satunya bahan poko yang dapat dijadikan sebagai pakan peragian sapi ini yakni batang jagung yang telah kering.

• Jerami

Bahan dasar yang lain yang dapat dijadikan sebagai pakan peragian yakni jerami. Dan jerami berikut sebagai salah satunya bahan dasar atau sampah pertanian yang gampang di peragian.

• Rumput

Selajutnya bahan dasar yang dapat dijadikan sebagai bahan peragian yakni rumput. Rumput yang dimaksud begitu ini umumnya memakai rumput yang telah tua.

Langkah Membuat Pakan Sapi dengan Jerami Peragian

Jerami memiliki kandungan protein yang lumayan kecil sekitaran 2 - 3 %, karena itu bila di peragian akan bertambah jadi 7 - 9 %. Dalam pembikinan pakan peragian dari jerami ini benar-benar gampang dicerna oleh sapi, wewangiannya cukup wangi dan dalam sisi kebersihan cukup higenis.

Beberapa bahan Membuat Peragian Jerami

• Jerami sekitar 3 colt ( dalam peilihan jerami ini tidak boleh terlampau basah dan tidak boleh yang terlampau kering)

• Persiapkan satu botol bioactivator ( ragi tape jerami)

• Dan air sekitar 300 - 400 liter

Langkah Memproses Peragian Jerami

• Langkah awal, letakan jerami yang sudah disiapkan pada lantai atau tanah yang cukup teduh ( tidak terserang hujan dan panas ) selanjutnya padatkan dengan di pijak-injak.

• Campur ragi tape jerami sama air sekitar 300 - 400 liter dan aduk sampai rata, lalu recikan pada permukaan jengan rata.

• Selanjutnya timbunan dengan jerai kembali dengan tebal 20 cm, lalu siram kembali dengan ragi jerami dengan rata, dan melakukan terus-terusan sampai habis.

• tahap selanjutnya tutup permukaan jerami memakai plastik dan diamkan sampai 7 atau 10 hari.

• Di hari ketujuh, periksalah dengan menciu baunya. Bila berbau jerainya berbeda sepert berbau tape, jeraminya lunak, dan pada timbunan jerami keluarkan jamur kekuning-kuningan atau putih, karena itu telah di yakinkan reaksi peragian ini telah usai. Tetapi bila pertanda berikut belum anda, diamkan kembali sampai kesepuluh harinya.

Waktu Kedaluwarsa Peragian Jerami

Karena jerami ini telah lewat reaksi peragian, karena itu tertahan jerami ini dapat capai sepanjang satu tahun.

Supaya peragian jerami ini lebih tahan lama serta awet, karena itu sesudah reaksi peragian usai, bedah peragian jerami ini yakni dengan di angin-anginkan sapai kering.

Kemudian, ikat jerami ini atau di apres dengan arah supaya lebih padat dan gampang di mengatur. Tetapi perlu anda lihat , dalam memberikan pakan peragian sebagai pakan khusus ini, pemberian pakan ekstrak harus juga diberikan minimal 2,5% dari berat tubuh atau air minum 40 - 60 % sehari-harinya, dengan demikian proses pencernaan sapi lancar dan ketahanan badannya semakin tinggi.

Langkah Pemberian dan Ukuran Pakan Ternak

Dalam soal pemberian pakan supaya mendaptkan hasil yang optimal dan sesuai keperluan sapi. Pakan ternak sapi yang penuhi persyaratan protein bila diberikan terlalu berlebih atau mungkin kurang maka berpengaruh hasil penggemukan yang kurang optimal. Adapun langkah pemberian dan ukurannya seperti berikut :

• Bila ingin memberi pakan berbentuk rumput, karena itu yang perlu diberikan yakni rumput yang di panen saat mendekati berbunga. Dan pada keadaan begitu kualitas nutrisi pada rumput ada pada keadaan optimal.

• Rumput hijau yang diberikan pada sapi ternak yakni sekitar 10% dari berat tubuh sapi.

• Sementara kacang-kacangan atau hijauan legum diberikan pada sapi ternak sekitar 1%.

• Saat sebelum memberi pada sapi ternak, pakan hijau yang hendak diberikan harus di layukan lebih dulu.

• Pakan penguat atau ekstrak diberikan sekitar 1%.

Waktu Pemberian Pakan Ekstrak Ternak Sapi

Dalam memberi pakan ekstrak ini harus diberikan secara berutuan supaya proses pencernaannya imbang dan lancar, dan protein dan nutrisi bisa di serap secara baik dan optimal. Salah satunya waktu peberian pakan untuk ternak sapi yakni seperti berikut :

Pakan penguat atau ekstrak dapat diberikan 2x pada sebuah hari yakni pada jam 07:00 dan 16:00. Atau 3x satu hari yakni pada jam 06:00, 12:00, dan sore jam 16:00.

Pemberian pakan hijau dapat dilakukan sesudah dua jam diberikan pakan penguat. Sebaiknya dalam peberia pakan hijauan ini dilakukan dengan bertahap 3x dala sehari yakni pagi, siang, dan sore hari.

Begitu artikel ini kali mengenai langkah pemberian pakan ternak sapi. Mudah-mudahan info ini berguna dan jadi bahan rekomendasi buat anda yang memerlukannya. Selamat mempraktikkan dan sukses terus buat anda...

Post a Comment for " Tipe Pakan Ternak Sapi dan Langkah Pemberiannya"