Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Sukses Breeding Industri Peternakan Sapi

Usaha breeding atau pembibitan sapi sebagai satu hal yang penting di dunia peternakan Indonesia, karena usaha berikut yang hendak tentukan sedikit atau jumlahnya komunitas sapi di Indonesia dan sukses atau tidak swasembada daging sapi.

Hal inilah yang sudah dilakukan oleh salah satunya dari beberapa feedloter dan breedloter di Indonesia, PT Lembu Jantan Gagah. Perusahaan ini telah memperdalam sektor breeding sapi semenjak tahun 2004 lalu, dengan beragam usaha pada akhirnya mereka sukses memperdalam sektor itu.

Breedloter yang ini mengaplikasikan banyak mekanisme management perawatan dan pemberian pakan yang bagus, hingga sapi-sapi yang dilahirkan disitu benar-benar baik pada hal kualitas dan jumlah. Semenjak tahun 2010, sapi yang dibuat dikirimkan ke partner plasma telah capai 800 ekor.

Dalam management perawatan untuk breeding, mereka mengaplikasikan pembelahan kandang ke tiap ekor sapi sama sesuai kelas-kelasnya. Sapi-sapi indukan yang hamil juga harus dipisah sesuai umur kehamilan masing-masing indukan, untuk kurangi risiko terinjaknya indukan yang telah hamil tua.

Sapi hamil tua umumnya dipisah dari kandang saat umur kehamilannya telah mennginjak 1 bulan saat sebelum kelahiran. Selanjutnya akan dipindah kembali ke kandang beranak saat H-3 hari ke arah kelahiran.

Management pakan juga harus ditata sebegitu rupa supaya tidak ada masalah kesehatan atau kekurangan nutrisi pada ternak sapi. Pemberian pakan disamakan dengan kelompok dan beberapa jenis sapi, karena keadaan rumen ternak yang berbeda. Dengan management pakan yang bagus, tingkat kesehatan dan keproduktifan sapi akan makin tinggi.

Manajer Breeding PT Lembu Jantan Gagah menjelaskan jika dalam beternak harus dengan hati, bila dikasih hati karena itu ternak akan memberi bolak-balik yang baik pada kita. Tujuan dari beternak dengan hati ialah kita harus menyukai karier kita sebagai peternak dan menyukai hewan ternak kita.

Post a Comment for " Rahasia Sukses Breeding Industri Peternakan Sapi"