Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penghitungan Keuntungan Peternak Sapi Bali

Penghitungan Keuntungan Peternak Sapi Bali

Indonesia beriklim tropis dan pas sekali untuk beternak. Usaha peternakan di Indonesia paling prospektif. Ini karena warga di sini mempunyai keperluan daging sapi yang tinggi. Keinginan daging sapi ini tidak bisa seutuhnya disanggupi dari peternak sapi lokal. Walau sebenarnya, keinginan daging sapi semakin meningkat tiap tahunnya. Ini jadikan harga daging menjadi satu diantara yang paling tinggi antara beberapa negara yang lain. Harga per kg pernah sampai Rp 120 ribu.

Bukti di atas tentunya tawarkan kesempatan usaha yang paling memberikan keuntungan untuk peternakan sapi di kota dan dusun. Keinginan daging sapi di pasar tidak stop, khususnya mendekati hari raya Idul Adha dan Idul Fitri. Bila semua umat Islam harus menyembelih hewan kurban. Maka dari itu, makin dekat Anda dengan Idul Adha, makin tinggi keinginan ternak dan ternak yang lain. Harga per ekor sapi melesat. Ini benar-benar memberikan keuntungan untuk beberapa peternak sapi.

Tetapi, mengawali usaha ini tidak segampang terdengarannya. Usaha peternakan memerlukan banyak kesabaran. Karena usaha ini tersangkut kehidupan makhluk yang memerlukan makan, perawatan hingga ternak dapat mengalami perkembangan biak dengan maksimal dan sehat. Anda tidak bisa mengawali usaha ternak bermodal kecil. Usaha ini sebagai tipe usaha yang membutuhkan modal yang besar karena harga sapi saat ini beberapa puluh juta rupiah, persisnya Rp 20 juta rupiah.

Faktor yang lain harus diperhitungkan saat jalankan peternakan besar yakni kandang, perawatan ternak, pembuangan dan pemrosesan kotoran sapi, dan waktu pemasaran ternak. Industri peternakan ini benar-benar menjanjikan dan menguntungkan tiap tahunnya. Nilai jual sapi yang konstan dan tinggi sekali membuat peternakan ialah investasi berjangka panjang. Kunci memulai usaha ternak ialah ketahui langkah beternak yang betul dan menjalankan bisnis yang bagus . Maka bagaimana Anda mengawali usaha ternak sapi dan penghitungan keuntungannya? Silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Beberapa langkah mengawali usaha ternak sapi

Mengawali usaha ini tidak gampang karena ada beberapa tipe management peternakan, dimulai dari pembibitan sampai penggemukan. Tapi, bila Anda baru mengenali usaha ini, Anda bisa coba usaha penggemukan sapi. Rahasianya ialah beli anak-anak sapi dan menjaganya sepanjang enam bulan. Sapi potong selanjutnya bisa dipasarkan pada harga tinggi dibanding pertama kalinya dibeli ke pasar.

Gampang dan ringkas usaha peternakan ini dan kurangi risiko rugi dan percepat keuntungan untuk pebisnis yang belum eksper. Permasalahan marketing sapi ini bisa ditangani lewat promo dari mulut ke dalam mulut, iklan off-line dan online, banner, dan banyak. Tetapi, tiap daerah atau dusun umumnya mempunyai pengepul sendiri . Maka Anda tidak saat ingin jual sapi. Disamping itu, keinginan daging sapi saat ini benar-benar naik. Disamping itu usaha peternakan sapi bisa Anda kerjakan tanpa habiskan beberapa waktu.

Profit usaha ternak sapi Bali

Keuntungan dari usaha ternak sapi bali apa yang dapat Anda peroleh? Untuk memperjelasnya, berikut kelebihan usaha peternakan sapi potong di perdesaan dan perkotaan, diantaranya:

Keinginan tinggi

Keinginan daging sapi tinggi sekali. Ingat jumlah warga yang besar sekali, karena itu konsumsi daging benar-benar dibutuhkan untuk keperluan protein. Disamping itu, daging sapi laku manis di pasar dengan olahan menu masakan untuk kumpul keluarga, pernikahan besar, khitanan, dan acara yang lain.

Di lain sisi, tingginya keinginan warga akan daging tidak imbang dengan stock daging sapi yang ada. Memaksakan pemerintahan untuk produksi daging sapi dari negara produsen yakni India, Australia dan Amerika Serikat.

Secara singkat, peternak sapi potong tidak alami rugi. Pakan sudah ada di perdesaan. Permasalahan pemasaran tidak jadi permasalahan. Benar-benar gampang untuk sapi untuk jual pada harga yang lumayan tinggi di pasar. Apa lagi saat hari raya Idul Adha, umat Islam yang ingin menyembelih sapi untuk jadi hewan kurban.

Keuntungan besar

Usaha peternakan rasio kecil masih janjikan. Apa lagi di dalam lingkungan yang besar, rasio usaha ternak sapi pasti lebih memberikan keuntungan. Salah satunya peternak sapi asal Jawa Timur dapat hasilkan beberapa ratus juta rupiah satu bulan dari usaha sapi bali ini. Tingginya keuntungan dari usaha ini benar-benar lumrah karena nilai jual sapi lebih tinggi.

Panen cepat

Ada beberapa tipe usaha ternak sapi, tetapi usaha yang paling prospektif dan langsung memberikan keuntungan yakni usaha penggemukan. Usaha penggemukan sapi lebih memberikan keuntungan, bisa lebih cepat panen, lebih gampang diatur dan meminimalisir resiko dibanding usaha peternakan sapi.

Penghitungan keuntungan sapi

Misalkan, satu ekor sapi berharga Rp 25 juta x 5 = Rp 125 juta

Kotoran sapi 20 kg x 5 ekor x 30 = 3 kg setiap hari. Perkiraan harga per 1 kg kotoran yakni Rp 1.500. Dalam soal kotorannya sejumlah Rp 3.000 x 1.500. = Rp 4.500.000.

Hingga keseluruhan penghasilan jadi Rp 129.500.000.

Keuntungan Rp 129.500.000 - Rp 68.750.000 = Rp 60.750.000 /enam bulan.

Perkiraan hasil di atas berlaku jika Anda beternak 5 ekor sapi. Bila Anda banyak memiliki sapi, kemungkinan ada semakin banyak. Bila jumlah ialah 20, itu bisa menjadi sekitaran Rp 1,2 milyar dalam enam bulan.

Post a Comment for " Penghitungan Keuntungan Peternak Sapi Bali"