Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan dan Langkah Usaha Peternak Sapi yang Sukses

Panduan dan Langkah Usaha Ternak Sapi yang Sukses

Beternak sapi menjadi satu diantara tipe usaha usaha yang menggiurkan untuk diatur. Ternak sapi yang sudah dilakukan beberapa pelaku bisnis Indonesia biasanya ialah ternak memperbesar anak sapi jadi sapi dewasa. Dari belum produktif jadi lebih hasilkan produksi daging yang lebih besar.

Saat sebelum Anda mengawali bisnis usaha sapi, sebaiknya Anda ketahui beberapa macam sapi yang biasanya berada di Indonesia.

Beberapa macam sapi itu ialah seperti berikut:

1. Sapi Bali: Ciri-ciri sapi bali warna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut sampai ke bawah dan pada bokong, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Keunggulan sapi bali dapat menyesuaikan secara baik di lingkungan yang baru.

2. Sapi Ongole: Ciri-ciri sapi ongole warna putih dengan warna hitam di sejumlah anggota badan, bergelambir dan berpunuk, dengan daya adaptasinya baik. Tipe sapi ongole telah disilangkan dengan sapi Madura, turunannya di namakan Peranakan Ongole (PO) ciri-ciri Peranakan Ongole (PO) sama dengan sapi Ongole tetapi kekuatan produksinya lebih rendah.

3. Sapi Brahman: Sapi brahman mempunyai ciri-ciri warna coklat sampai coklat tua, dengan warna putih di bagian kepala. Daya perkembangannya cepat sampai jadi bintang sapi potong di Indonesia.

4. Sapi Madura: Sapi madura mempunyai ciri-ciri berpunuk, warna kuning sampai merah bata, kerap ada warna putih di moncong, ekor dan kaki bawah. Tipe sapi ini mempunyai daya bertambahnya berat tubuh rendah.

5. Sapi Limousin: Sapi limousin mempunyai ciri-ciri warna hitam bervariatif dengan warna merah bata dan putih, ada warna putih di moncong kepala, badan memiliki ukuran besar dan mempunyai tingkat produksi yang bagus.

Untuk mengawali bisnis usaha sapi, berikut tahapan-tahapan yang penting jadi perhatian:

1. Penyeleksian dari sapi akan yang hendak dibesarkan menjadi sapi dewasa. Beberapa cirri dari sapi akan yang bagus ialah berusia di atas 2,lima tahun, tipe kelamin jantan, wujud badan panjang, bundar dan lebar, panjang minimum 170 cm tinggi bahu minimum 135 cm, lingkar dada 133 cm, badan kurus, tulang mencolok, tapi masih tetap sehat (kurus karena kurang pakan, bukan lantaran sakit), penglihatan mata berkilau ceria dan bulu-bulu lembut, kotoran normal.

2. Perawatan sapi, mencakup banyak hal salah satunya ialah pengadaan pakan dan kandang, pengaturan penyakit. Mengurus usaha sapi memang seharusnya sedikit tekun, tetapi jika Anda serius dengan bisnis usaha ini bukanlah tidak mungkin Anda bisa menjadi seorang jutawan.

Berikut beberapa panduan dan langkah yang dapat jadi perhatian oleh beberapa pengurus bisnis usaha sapi supaya sukses dan berkembang:

1. Usaha sapi lokal kerap kali terusik dengan peraturan sapi import. Salah satunya langkah pelaku bisnis sapi lokal untuk dapat menjaga customernya ialah dengan menerangkan ke customer berkenaan keunggulan kualitas dari sapi lokal yang jauh lebih bagus dibanding sapi import. Walau harga memang lebih mahal, tetapi masalah kualitas tentu saja masihlah jauh lebih bagus.

2. Beberapa pelaku bisnis ternak sapi seharusnya mempunyai tempat pakan sendiri. Terutama bila bisnis usaha sapinya banyaknya besar.

Membuat kebun rumput sendiri secara eksklusif. Beberapa orang justru banyak yang biarkan sapi mereka tidur dan cari makan sendiri di tempat tempat semak yang banyak rumputnya dan dapat dijadikan makanan sapi. Banyak yang sukses tanpa kesusahan menyaksikan sapi-sapinya tumbuh sehat. Tetapi ada pula yang selanjutnya kehilangan sapi karena diletak di sembarangan tempat.

3. Selainnya beternak sapi, Anda bisa juga memvariasikan bisnis usaha sapi Anda dengan bisnis usaha potong sapi. Usaha potong sapi umumnya cukup laku saat musim beberapa hari besar seperti lebaran, natal, tahun baru dan lain-lain. Orang ingin memperoleh hidangan yang spesial dengan pilih menu sajian dari olahan daging sapi.

4. Dapatkan customer masih tetap untuk usaha Anda itu, salah satunya dapat rumah makan, hotel, beberapa orang yang akan acara dan lain-lain. Sapi jadi menu khusus dalam sebuah acara spesial seperti pernikahan dan semacamnya, maka dari itu kesempatan usaha ini sebetulnya benar-benar terbuka luas bila Anda dapat mendapati pasar yang akurat.

5. Jika memungkinkannya Anda dapat cari customer di luar wilayah atau bahkan juga luar negeri. Sapi juga dapat Anda jual dengan memakai online shop. Semuanya terserah pada inovatif pelaku bisnis masing-masing.

Nach, bersiap-siaplah untuk mengawali bisnis usaha ternak yang prospektif ini. Sapi ialah hewan yang dipakai untuk konsumsi, keperluan orang bakal ada terus-terusan pada daging sapi, kita perlu ketahui bagaimanakah cara yang baik untuk dapat sukses dalam bisnis usaha yang ini.

Orang dapat kaya raya dengan bisnis usaha sapi. Terutama bila Anda sudah lakukan secara baik tahapan-tahapan mengawali usaha sapi, karena itu kesempatan sukses juga makin besar.

Post a Comment for " Panduan dan Langkah Usaha Peternak Sapi yang Sukses"