Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenali Tipe Bahan Pakan Khusus Ternak Sapi Selainnya Rumput

Sapi yang dipiara di kandang perlu dikasih pakan tiap hari. Pakan sapi dapat berbentuk hijauan, ekstrak, dan suplement. Bahan makanan yang diberi sebaiknya penuhi keperluan akan gizi untuk capai perkembangan yang optimal.

Adapun gizi yang dibutuhkan hewan ternak ialah protein, serat kasar, mineral, vitamin dan air yang terdapat di dalam beragam tipe sumber bahan makanannya.

Bahan Pakan Khusus Ternak Sapi

Pemelihara sapi secara tradisionil biasanya cuma memercayakan pakan rumput seadanya untuk makanan hewan piaraannya. Ini berlainan dengan peternakan kekinian seperti tempat penggemukan sapi yang diwajibkan untuk memberikan makan sapi dengan pakan yang memiliki nutrisi tinggi.

Tiap hari sapi memerlukan pakan sejumlah 5% - 10% dari berat badannya supaya perkembangannya maksimal. Pakan sebagai ongkos pengeluaran paling besar pada usaha penggemukan, yakni sekitaran 60 - 70% dari biaya produksi. Untuk dapat sukses dalam usaha peternakan, kita dituntut untuk dapat sediakan makanan yang bergizi dengan ongkos seminim mungkin.

Ada 3 tipe bahan pakan khusus yang dipakai untuk ternak sapi yakni:

  • Hijauan.
  • Ekstrak.
  • Suplement.
  • Hijauan

Hijauan sebagai bahan pakan khusus ternak sapi penggemukkan bisa berbentuk rumput baik itu rumput unggul, rumput lapangan dan beberapa tipe leguminosa.

Untuk pemberian hijauan makanan ternak bisa diberi dengan memberi rumput unggul seperti rumput raja, rumput gajah dan lain-lain atau menambahkan rumput lapangan dengan tanaman leguminosa seperti gamal, kaliandra, turi dan sebagainya yang mempunyai nutrisi tinggi. Ini perlu dilaksanakan karena tersedianya benar-benar dikuasai oleh musim dan makin terbatasinya padang pengembalaan.

Ekstrak

Ekstrakadalah salah satunya makanan sapi selainnya rumput. Ekstrak sebagai kombinasi beberapa bahan pakan dengan nilai nutrisi tinggi yang gampang diolah untuk lengkapi kekurangan nutrisi dari hijauan.

Terbagi dalam beberapa bijian, hasil ikut-ikutan/sampah pertanian dari pabrik pemrosesan hasil pertanian dan hewan yang lain seperti tepung ikan, tepung darah dan lain-lain.

Suplement

Suplement adalah pakan tambahan yang bermanfaat untuk menggairahkan perkembangan, menahan penyakit dan lengkapi ransum pakan ternak. Terdiri diantaranya kombinasi mineral dan vitamin contoh : Premix A, Premix B, Mineral B12 dan sebagainya.

Pakan Sapi Alternative

Diambil dari britannica.com, Sapi potong bisa manfaatkan serat berkualitas rendah dan tinggi, terhitung hijauan padang rumput, jerami, silase pakan jagung (jagung), jerami, dan hasil samping beberapa bijian.

Beberapa persyaratan pakan sapi yang bagus yakni:

  • Bahan pakan tidak berkompetisi dengan keperluan manusia.
  • Tersedianya bahan pakan terjaga dan ada selalu, khususnya disekitaran lingkungan peternakan.
  • Kualitas nutrisi bahan pakan sesuai keperluan ternak.
  • Bahan pakan tidak beracun dan terkontaminasi zat beresiko.
  • Harga bahan pakan relatif murah.

Bahan pakan sapi alternative datang dari:

  • Tumbuhan.
  • Sampah pertanian.
  • Sampah industri.
  • Pakan Sapi Dari Tumbuhan

Bahan pakan dari tumbuhan ini yakni rerumputan, daun-daunan, kacang-kacangan, dan umbi-umbian.

Rerumputan

Rerumputan ialah makanan khusus sapi. Beragam tipe rumput bisa diberi selama tidak beracun. Beberapa macam rumput unggul yang memiliki kandungan gizi tinggi menyengaja ditanamkan oleh peternak, misalnya misalnya: rumput gajah, rumput benggala, rumput odot, rumput pakchong, dan lain-lain.

Daun-daunan

Dedaunan dari beragam tanaman buah bisa juga dikasih ke sapi, misalnya seperti salah satunya: daun pisang, daun ubi, daun katuk, daun pepaya, dan lain-lain.

Daun pisang bisa diberi berbentuk fresh atau tersisa pembungkusan. Daun pisang tersisa bingkisan makanan bisa diberi sebagai pakan ternak ruminansia sebagai alternatif daun lamtoro.

Saat sebelum diberi, daun dibikin bersih dan dicuci lebih dulu. Daun ubi yang sudah dilayukan bisa diberi untuk sumber vitamin dan protein B1, B2, C dan Provitamin A.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan zat kapur yang tinggi. Antara tipe kacang-kacangan yang cukup dikenali diantaranya: Turi, Lamtoro, Kacang tanah, Kacang kedelai, Kacang panjang, Gamal, Kaliandra.

Umbi-umbian

Umbi-umbian bisa dikasih ke ternak karena selainnya memiliki kandungan protein, vitamin, memiliki kandungan pati hingga gampang diolah.

Umbi pakan ternak seharusnya sisaan konsumsi manusia, misalnya misalnya: Ubi jalar, Ubi kayu yang telah tua dan memiliki serat atau kelamaan dalam penyimpanan, Kentang yang sudah keluar tunas-tunasnya dan berbecak hitam, umbi talas.

Untuk tanaman ubi jalar, ubi kayu dan talas saat sebelum diberi dikasih ke ternak dianjurkan untuk dijemur di bawah cahaya matahari atau direbus lebih dulu. Ini dilaksanakan untuk hilangkan beberapa zat tertentu yang dalam meracuni hewan ternak.

Pakan Sapi Dari Sampah Pertanian

Sampah pertanian sebagai pakan ternak terdiri dari jerami dan beragam tanaman yang lain.

Jerami padi

Pendayagunaan jerami padi sebagai pakan ternak tidak demikian banyak karena serat kasarnya yang tinggi. Salah satunya langkah untuk kurangi kandungan serat kasar dengan lewat reaksi peragian.

Jerami kacangan

Jerami kacang-kacangan yang kerap dipakai ialah: jerami kedelai, jerami kacang hijau, jerami kacang tanah.

Jerami kacang-kacangan lebih rendah serat kasarnya dan memiliki kandungan protein yang semakin tinggi (sekitaran 15%) dibanding jerami padi. Selain itu jerami kacang-kacangan lebih dicintai ternak dibanding jerami padi.

Jerami Jagung

Dilihat dari nilai gizinya jerami jagung lebih rendah dari jerami kacang-kacangan, namun tetap lebih bagus dibanding nilai nutrisi jerami padi serta lebih dicintai ternak.

Jerami Ketela (Ubi)

Ada tipe ubi yang dikenali yakni ubi kayu dan ubi rambat kandungan gizinya lebih bagus dari jerami padi. Umumnya dipakai oleh peternak di saat musim kemarau capai 29-50% dari jumlahnya pakan.

Sampah tanaman yang lain

Sampah pertanian yang lain yang dapat digunakan sebagai pakan untuk ternak diantaranya:

  • Kulit buah nanas (optimal pemberian 15% dari jumlahnya pakan).
  • Biji pepaya (optimal pemberian 15% dari jumlahnya pakan).
  • Bungkil kelapa sawit (optimal pemberian 20% dari jumlahnya pakan).
  • Pakan Sapi Dari Sampah Industri

Yang diartikan dengan sampah industri adalah sampah dari industri pemrosesan tanaman pertanian salah satunya:

Dedak Padi

Dedak pada umumnya dipakaian sebagai pakan sumber energi untuk ternak ruminansia yang pemberiannya dibarengi dengan hijauan makanan ternak. Umumnya terdiri atas :

  • Kulit gabah yang banyak terkandung serat kasar dan mineral.
  • Selaput perah (katul) dedak lembut yang kaya protein, vitamin B1, lemak dan mineral.
  • Dedak kasar ialah kulit gabah lembut yang bersatu dengan pecahan instansi beras di mana daya cernanya rendah.

Bungkil Kelapa

Bungkil kelapa sering dipakai karena gampang didapat dan harga lebih murah. Meskipun kandungan proteinnya lebih rendah dibanding dengan bungkil yang lain tetapi daya cernanya lumayan bagus.

Bungkil Kedele

Bungkil kedele sebagai bahan pakan yang terbaik untuk ternak. Ini karena gampang diolah, kandungan proteinnya tinggi, kaya asam amino essensial.

Bungkil kedele baik sekali jika digabungkan dengan jagung. Karena kandungan lemaknya tinggi sekali seharusnya pemberian tidak lebih dari 25% dari jumlahnya pakan ekstrak.

Ampas Ubi/Onggok

Onggok ialah ampas tersisa pembikinan tepung tapioka dan umumnya dipakai untuk sumber karbohidrat.

Ampas Kecap

Ampas kecap sebagai sampah dari pabrik kecap yang memiliki kandungan protein tinggi selain kalsium dan fosfor. Ampas kecap bisa langsung diberikan sebagai pakan ternak sampai optimal 20% dari ransum. Tambahan 5% dapat memberi kenaikkan berat tubuh ternak.

Ampas Tahu

Ampas tahu mempunyai kandungan protein, lemak, kalsium dan fosfor yang tinggi. Ampas tahu bisa diberi dengan jumlah yang lumayan tinggi sampai 25% dan bisa langsung diberikan sebagai pakan ternak.

Rupanya banyak sekali beberapa bahan disekitaran lingkungan kita yang bisa menjadi pakan sapi. Untuk tiap pengenalan bahan baru seharusnya diberi dikit demi sedikit sampai ternak terlatih.

Jika ada efek sesudah pemberian ke hewan ternak, selekasnya stop pemberiannya. Ini dikarena ada peluang pemberian yang melalui batasan konsumsinya.

Post a Comment for " Mengenali Tipe Bahan Pakan Khusus Ternak Sapi Selainnya Rumput"