Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengaali Usaha Ternak Sapi potong

Mengaali Usaha Ternak Sapi potong

Usaha peternakan sapi potong sebagian besar tetap dengan skema tradisionil dan rasio usaha sampingan. Ini disebabkan karena besarnya investasi bila dilaksanakan secara besar dan kekinian, dengan rasio usaha kecilpun akan memperoleh keuntungan yang bagus bila dilaksanakan dengan konsep budidaya kekinian.

jumlah produksi daging sapi dalam negeri belum juga dapat tutupi jumlah keperluan warga akan konsumsi daging, sampai pada akhirnya terjadi minus yang selanjutnya pemerintahan lakukan import daging sapi dari negeri tetangga.

Beternak sapi sebenarnya telah dilaksanakan oleh warga sejak zaman jaman dulu. Kekuatan peningkatan ternak sapi besar sekali disokong dengan keadaan cuaca dan cuaca yang pas diaplikasikan di daerah indonesia. Langsung kita bahas tahap demi tahap langkah ternak sapi yang betul untuk keuntungan optimal.

Langkah ternak Sapi potong :

Penyeleksian tipe sapi

Dalam beternak sapi seharusnya Anda harus pilih tipe sapi apa yang pas untuk diternakkan di wilayah lokasi Anda. Contoh-contoh sapi lokal yang ada pada propinsi banten pada umumnya dapat dipakai sebagai usaha penggemukan sapi. Tetapi tidak seluruhnya tipe sapi dapat untuk jadi usaha penggemukan, ada faktor-faktor yang perlu anda lihat saat menentukan tipe sapi salah satunya ialah jumlah komunitas dari sapi, bertambahnya jumlah komunitas tetapi tiap tahunnya, penebaran, produksi karkas, dan efektivitas pemakaian pakan sapi.

Syarat Kandang Sapi Potong

Lokasi paling bagus untuk peletakan kandang sapi potong yakni jauh dari permukiman warga, jarak minimum lokasi kandang dan tempat tinggal sekitaran 10 mtr..

Penyiapan Fasilitas dan Perlengkapan

Tipe kandang mempunyai dua type yakni wujud double dan tunggal, disamakan dalam jumlah sapi yang dipiara. Kandang type tunggal status peletakan sapi dibikin satu baris atau satu jajar, dan untuk type kandang double peletakan sapi dibikin dua jajar dapat sama-sama bertemu atau bertolak-belakang.

Penyiapan Fasilitas dan Perlengkapan

Upayakan lantai kandang masih tetap bersih dan tidak lembab untuk menahan munculnya beragam jenis penyakit. Lantai kandang dapat dibikin dari semen atau tanah yang padat, yang perlu lantainya gampang bila ingin dibikin bersih dari kotoran-kotoran sapi.

Perawatan

Sapi memerlukan pakan yang sehat dan imbang, sehari-harinya sapi memerlukan pakan sekitaran 10% dari berat tubuhnya dan ditambah lagi pakan tambahan sekitaran 1-2% dari berat tubuh. Pakan tambahan berbentuk bekatul atau dedak lembut, ampas tahu, gaplek, bungkil kelapa yang diberi bertepatan dengan pakan rumput


Post a Comment for " Mengaali Usaha Ternak Sapi potong"