Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Ternak Sapi Kurban : Pembikinan Kandang, Pilih Bibit

Langkah Ternak Sapi Kurban : Pembikinan Kandang, Pilih Bibit, Penyembuhan Penyakit dan Pemicu Kembung

A. Pembikinan Kandang Ternak Sapi

Langkah Ternak Sapi - Kandang sapi berperan sebagai tempat berlindung untuk sapi ternak dan mempunyai peranan sebagai tempat pemberian pakan dan untuk pemelihara pembibitan atau menginginkan turunan, kandang sapi tempat untuk berkembang biak.

Syarat-syarat yang perlu jadi perhatian dalam pembangunan sebuah kandang sapi seperti berikut :

1.Arah Kandang

Arah kandang sapi tunggal seharusnya harus menghadap ke arah timur atau menghadap arah keluar matahari, sementara bila anda ingin membuat kandang sapi double dapat membujur ke utara sampai selatan.

Hal yang paling penting yang lain yaitu yakinkan sinar matahari sanggup menyinari semua kandang. Matahari pada pagi hari benar-benar lah bagus untuk kesehatan ternak sapi karena lihat letak dan arah kandang agar selalu memperoleh sinar matahari.

2.Ukuran Kandang

Ukuran kandang yang bagus untuk kandang sapi seharusnya tidak membuat sapi teraniaya karena terlampau sempit tapi juga tidak begitu kendur hingga anda memerlukan dana yang besar dalam pembikinan kandang itu.

Samakan ukuran kandang dengan tipe sapi yang ingin dipiara karena tipe sapi seperti limosin mempunyai bentuk badan yang besar sementara sapi lokal seperti sapi Bali dan Sapi Madura mempunyai ukuran badan yang lebih kecil.

Kita bisa juga membuat kandang untuk seekor sapi sama ukuran yaitu 1,5m X 2m , 1,5m X 2.5m atau 1m X 1.5m bergantung tipe sapi apa yang ingin anda dipiara.

3.Konstruksi Kandang

Kandang sapi sedapat mungkin harus dibikin berbahan yang kuat tapi sedapat mungkin gampang didapat pada harga yang relatif murah. Tiang kandang juga dapat berbentuk beton cor atau kayu dan dinding kandang dapat berbentuk semen ,bambu atau papan.

Pembikinan kandang sapi juga jangan tertutup rapat bikinlah kandang terbuka dan dinding kandang cuma lah berperan sebagai pemisah agar sapi masih tetap dikandangnya dan tidak tergelincir keluar dan beberapaya. Langkah Ternak Sapi

4.Lantai Kandang Sapi

Lantai kandang sapi juga dapat dibuat dari semen atau tanah yang dipadatkan dan semakin tinggi dari ketinggian tanah di sekitar kandang. Selain itu juga lantai kandang seharusnya mempunyai kemiringan sekitaran 15% ke aliran penampung kotoran. Yang mempunyai tujuan supaya kotoran sapi yang ada dikandang lebih gampang dibikin bersih kapan pun.

B. Pilih Bibit atau Akan Sapi Yang Baik

seperti gambar berikut ini

Berikut hal yang penting jadi perhatian dalam penyeleksian bibit yang bagus.

1.Kesehatan

Langkah Ternak Sapi - Bibit atau akan sapi yang bagus harus diputuskan dari tipe sapi yang betul-betul sehat. Poin penting harus jadi perhatian untuk pastikan akan sapi pada kondisi sehat adalah dengan memerhatikan kondisi badan,renyut jantung ,pernapasan dan pencernaan memerhatikan tempat bokong dan memerhatikan selera makan.

2.Pilih bibit sapi yaitu dengan memperhatikan performa fisik.

Langkah simpel untuk pastikan bibit yang baik adalah dengan memperhatikan performa fisik yang misalnya:

  • Kaki sapi kuat dan sanggup berdiri prima.
  • Tulang rusuk panjang hingga bisa mempunyai daya tampung makanan yang optimal.
  • Gusi sapi yang warna merah muda
  • Temperatur badan normal antara 39 sampai 40 derajat celcius
  • Lubang hidung yang terlihat bersih

C. Pakan Hijauan Ternak Sapi

Pakan hijauan adalah pakan khusus penting untuk sapi khususnya sapi perah, dalam pada itu untuk sapi potong seharusnya memberi jatah yang lebih dari ekstrak berprotein tinggi. Selain itu untuk sumber tenaga dan perkembangan sapi pakan hijauan juga sebagai sumber nutrisi penting untuk mendukung keberlangsungan reproduksi sapi yang baik sekali.

Minimal ada 3 jenis pakan ternak hijauan yaitu :

1.Pakan Rumput

Masuk kelompok pakan rerumputan adalah :

a.Rumput Raja atau King Grass

b.Rumput Gajah

c.Rumput Benggala

2. Pakan Hijauan Dedaunan

Pakan hijaun adalah dedaunan yang berada di sekitaran kita misalnya : daun singkong,daun nangka,daun albasia dan sebagainya.

C. Penyembuhan penyakit sapi

1. Penyakit Demam Tiga Hari (BEF)

Penyakit demam 3 hari atau BEF (Bovine Emphemeral Fever) sebagai penyakit yang gampang menyebar dan kerap dijumpai peternak sapi khususnya mendekati dan saat musim hujan.

Yang Diikuti dengan demam atau pincang penyakit BEF sebenarnya tidak terhitung penyakit beresiko asal tidak dituruti penyakit yang lain.

Pemicu penyakit Demam Tiga Hari pada sapi adalah virus yang ditebarkan oleh lalat Culicoidesspp dan nyamuk Cullexspp.

Beberapa ciri sapi diserang BEF ialah:

  • Kurang kuat dan lemas
  • Demam dengan temperatur yang naik
  • Sesak napas
  • Selera makan yang turun
  • Keluarkan cairan pada mata dan hidung

Penyembuhan Tradisionil tangani deman 3 hari pada sapi yaitu dengan memberi gula merah yang digabungkan garam dapur dan dicampurkan pada air minum ternak.

2.Penyakit Kembung

Kembung atau Bloat adalah penyakit sebagai karena ada penumpukan gas pada system pencernaan. Kematian karena kembung pada sapi juga dapat terjadi karena ada peranan jantung yang terusik karena himpitan gas dan asam lambung.

Tanda-tanda dan ciri-ciri penyakit kembung atau bloat adalah:

  • Sapi resah dan usaha menghentak-hentakan kakinya
  • Perut sapi yang membesar, bila di tepok akan kedengar suara kosong seolah tengah menepuk gendang.
  • Tidak memiliki selera makan
  • Matanya yang memeras
  • Sulit untuk jalan.
  • Pemicu Kembung Pada Sapi

Pemicu khusus karena hewan tidak sanggup keluarkan gas yang dihasilakan oleh peragian alami pada mekanisme pencernaan yang belebihan

Keadaan hamil dan berbagai masalah pencernaan akan mempermudah sapi untuk diserang bloat Pemberian pakan yang terlalu berlebih, penyumbatan pada tenggorokan, kebanyakan konsumsi hijauan yang terlampau muda dan basah.

Penyembuhan Penyakit Kembung

Bantuan pertama yaitu memberikan minum minyak goreng sekitaran 100 sampai 200 mililiter Biberi kan minyak kayu putih yang telah digabung sama air putih.

Diberi obat dokter hewan anti bloat yang telah memiliki kandungan dimethicone dengan jumlah 100 mililiter digabung dengan 500 mililiter air.

3.Penyakit Kuku Busuk

Beberapa ciri Kuku Busuk:

  • Tumit dan sela kuku kelihatan membesar
  • Keluarkan cairan yang warna kuning dan bau busuk
  • kakinya Pincang saat jalan
  • Penangkalan dan Penyembuhan Kuku Busuk:
  • Jaga kebersihan kandang agar kuman susah berkembang biak
  • Jaga dan mengecek kebersihan kuku sapi
  • Apabila sudah diserang rendam lah sekitaran kuku sapi yaitu dengan larutan formalin.
  • Penyembuhan dokter hewan dengan suntikan antibiotik yang sesui anjuran dokter

demikian artikel dari dunipeternakan.co.id mudah-mudahan artikel ini berguna untuk anda smeuanya


Post a Comment for "Langkah Ternak Sapi Kurban : Pembikinan Kandang, Pilih Bibit"