Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Sukses Mengawali Bisnis Ternak Sapi yang Memberikan keuntungan

Bisnis ini terhitung gampang dilaksanakan siapa tidak harus mempunyai ketrampilan khusus. Telah banyak orang menunjukkan kesuksesannya dalam soal beternak sapi itu dengan penghasilan yang berharga beberapa puluh juta.

Anda dapat pilih tipe sapi apa yang hendak dipiara dan dijadikan bisnis, apa sapi pedaging atau sapi perah pemroduksi susu.

Untuk seorang pemula ialah hal yang lumrah jika masih berasa ketidaktahuan bagaimanakah cara untuk mengawalinya. Tak perlu berasa malu atau kurang percaya diri karena Anda tidak sendirian dalam masalah ini, beberapa orang di luaran sana sama bingungnya. Supaya tidak kebingungan ketika akan mengawali ternak sapi, Anda dapat ikuti panduan berikut:

1. Kalkulasi dan Tetapkan Modal Awalnya

Modal sebagai hal yang penting untuk bisnis berwujud apa saja terhitung ternak sapi. Anda harus mempertimbangkan dengan jeli berapakah modal yang diperlukan untuk mengawali bisnis itu. Modal bukan terbatas mengenai uang saja tapi juga hal tehnis yang lain.

2. Tentukan Tipe Sapi

Hal yang tidak kalah keutamaan ialah tipe sapi apa yang hendak Anda ternakkan. Tipe sapi yang biasa diternakkan dan jadi bisnis. Tipe sapi itu diantaranya yakni :

  • Sapi ongole, mempunyai keunggulan kekuatan menyesuaikan dengan cuaca tropis dan perubahannya cukup lamban capai 4-5 tahun.
  • Sapi limosin, mempunyai ukuran lumayan besar dan pas dijadikan tipe sapi potong atau pedaging.
  • Sapi brahman, cirinya bertubuh sama ukuran besar dan perkembangan yang relatif singkat.
  • Sapi madura, walau perkembangannya terhitung lamban tetapi cukup memberikan keuntungan dari sisi bisnis.
  • Sapi bali, lumayan gampang menyesuaikan dan mempunyai struktur daging yang halus.

3. Siapkan Kandang

Hewan yang Anda piara dan ternakkan itu tentu saja memerlukan kandang. Samakan ukuran kandang dalam jumlah sapi yang hendak dipiara. Pertimbangkan factor kenyamanan dari sapi-sapi itu nanti. Baiknya kandang sapi ada sedikitnya di radius 10 mtr. dari rumah. Upayakan kandang dapat dijangkau kendaraan secara mudah supaya mempermudah ketika akan dipasarkan.

4. Tentukan Bibit Sapi yang Unggul dan Bagus

Tentukan bibit sapi yang unggul supaya bisa mengalami perkembangan dengan baik dan maksimal. Yakinkan sapi itu sudah mempunyai pertanda dalam telinga dan betisnya sebagai bukti jika telah tercatat. Maknanya sapi itu datang dari riwayat yang baik.

5. Beri Pakan yang Berkualitas

Bibit sapi yang baik dan unggul tidak ada maknanya jika tanpa diimbangi dengan pemberian pakan yang berkualitas. Arah pemberian pakan pada sapi ternak untuk menggerakkan supaya perkembangan dan perubahannya jalan cepat. Dengan demikian bisa dibuat sapi gendut dan berkualitas yang hendak mempunyai nilai jual tinggi.

6. Perawatan Sapi

Pemberian pakan yang baik harus disokong dengan perawatan lengkap ke sapi ternak. Perawatan itu mempunyai tujuan untuk menahan hadirnya penyakit yang dapat turunkan kualitas sapi tersebut. Contoh dari perawatan pada sapi yakni penyuntikan vaksin dan obat cacing secara periodik.

Tersebut beberapa panduan mengawali bisnis ternak sapi supaya hasilnya bagus dan memberikan kepuasan. Pada intinya, bisnis ternak hewan sapi ini dapat bawa keuntungan besar untuk beberapa aktornya. Namun, dibutuhkan usaha keras dan stabilitas supaya bisnis ini dapat jalan dengan maksimal.

Post a Comment for " Langkah Sukses Mengawali Bisnis Ternak Sapi yang Memberikan keuntungan"