Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Sukses Dalam Peternak Sapi, Untung Besar !

Halo, ini kali saya akan membuat artikel yang mengulas mengenai langkah sukses beternak sapi dan memperoleh keuntungan besar buat anda. Mengawali usaha pada sektor peternakan adalah langkah yang pas untuk memperoleh beberapa keuntungan, satu diantaranya ialah beternak sapi.

Sekarang ini keperluan daging sapi terus alami kenaikan tiap tahunnya. Kenaikan itu dipacu oleh perkembangan warga dan ekonomi, hingga daya membeli warga makin tinggi. Karena terus pertambahan keperluan daging, ini menjadi kesempatan untuk anda untuk usaha peternakan sapi.

Tapi, mengawali beternak sapi sebagai kebun usaha bukan kasus yang gampang, diperlukan ketrampilan khusus, kecermatan, dan kesabaran yang bagus. Ini karena sapi memerlukan perhatian dan perawatan intens, maka dari itu banyak alumnus sarjana peternakan yang memperdalam jalurnya menjadi seorang peternak sapi.

Untuk anda yang tidak memiliki perbekalan ilmu dan pengetahuan atau sarjana peternakan benar-benar di bagian peternakan sapi, tapi anda ingin lakukan usaha ternak sapi. Karena itu, anda harus punyai niat dan kesungguhan yang kuat.

Hal tersebut ditunjukkan dengan menambahkan wacana mengenai langkah beternak sapi dan pelajari beragam trick yang dapat dilaksanakan untuk mengawali usaha peternakan, ini dilaksanakan agar anda menjadi peternak sapi yang sukses. Berikut langkah sukses dalam beternak sapi.

Langkah Sukses Beternak Sapi

1. Penyeleksian Bibit Sapi

Untuk kalian beberapa peternak yang telah lama bekecimpung di dunia peternakan sapi tentu sudah mengetahui mengenai ini, tetapi untuk kamu yang baru dalam masalah ini harus memerhatikan dengan baik pada penyeleksian bibit sapi.

Berikut beberapa hal penting yang perlu jadi perhatian saat menentukan bibit sapi.

  • Kaki tidak cacat.
  • Mulut terlihat datar.
  • Perut dan tulang rusuk sapi tidak meliuk di dalam.
  • Tentukan bibit sapi yang punggungnya sejajar dan tidak meliuk.

Bibit memliki leher tebal, kuat, dan bergelambir.Bedakan mana bibit yang jantan dan yang mana betina, lebih bagus tentukan yang jantan.

Lihat proprosi tubuh sapi, sapi yang baik memiliki kepala yang besar tapi masih tetap imbang dengan tubuhnya.

Untuk harga bibit sapi sendiri harga cukup. Untuk sapi usia satu tahun di antara 9-12 juta, dan usia lima bulan sekitaran 5-7 juta.

2. Perkandangan

Saat membuat kandang sapi, anda harus memerhatikan lokasi kandang. Lokasi kandang yang bagus ialah yang daeerahnya jauh dari permukiman warga tapi gampang dajangkau dan dipantau. Jarak kandang sapi dari rumah minimum 10 mtr. dan harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup supaya kesehatannya terbangun.

Secara umum ada dua type kandang yakni kandang barisan dan kandang pribadi. Kandang barisan ialah kandang di mana sapi ditempatkan berjejer tanpa pemisah dan pribadi tempati kandang sendiri dengan gerak terbatas.

Supaya perkembangan bisa lebih cepat, di sarankan anda membuat kandang sapi dengan type pribadi. Karena sapi tidak rebutan pakan dan memiliki ruangan gerak terbatas. Hingga energi sapi yang dipakai sedikit dan terpusat dalam produksi daging. Untuk kandang barisan berkebalikan dengan kandang pribadi.

Ukuran kandang pejantan dewasa 1 ,5 x 2 atau 2 ,5 x 2 mtr., dan untuk kandang betina dewasa 1, 8 x 2 m, dan anak sapi memiliki ukuran 1, 5 x 1m setiap ekor. Dengan tinggi ± 2 - 2,5 mtr., dan temperatur kandang 25-35ºC dengan kelembapan 70%.

3. Pakan

Pakan yang diberi untuk ternak berbentuk hijauan dan ekstrak. Ekstrak yang dipakai ialah ampas tahu, ampas bir, ampas tebu, bekatul, kulit nanas, kulit kacang kedelai dan bikinan pabrik pakan.

Harus dipahami pemberian ekstrak harus diberi terlebih dulu untuk memberikan pakan mikrobia rumen, hingga saat pakan hijauan masuk rumen, mikrobia rumen sudah siap dan aktif mengolah hijauan.

Keperluan pakan kering sapi ialah 2,5% berat tubuhnya. Hijauan itu ialah damen, daun jagung, dan rumput liar sebagai pakan berkualitas rendah dan rumput gajah, rumput odot sebagai pakan berkualitas tinggi.

Pakan hijauan diberi di siang hari setelah pemerahan sekitar 30 - 50 kg/hari. pakan rumput rumputan diserahkan ke ternak jantan sekitaran 10 % dan pakan tambahan 1 -2 %.

Dan untuk sapi yang menyusui membutuhkan pakan tambahan sekitaran 25 % hijauan dan ekstrak. Hijauan seharusnya dipertambah kacang-kacangan dan sapi harus di kasih air minum setiap hari sekitaran 10 %.

4. Perawatan Dalam Langkah Sukses Beternak Sapi

Perawatan yang sudah dilakukan dalam beternak sapi limosin ialah pemberian antibiotik dan vaksin, meskipun sapi ini terhitung sapi yang kuat tetapi antibiotik harus tetap diberi. Kandang selalu harus dibikin bersih setiap hari, ini bermanfaat untuk jaga kesahatan dan menahan sapi stress.

Anda harus juga bersihkan tempat minum dan makan sapi. disamping itu janganlah lupa untuk memandikan sapi minmal 2x satu minggu dan menggunting kukunya karena untuk jaga kenyamanan sapi.

Bila sapi ingin digembalakan seharusnya sapi diikat dengan tiang, dan tentukan lokasi yang lega dan banyak rumput untuk makan sapi anda.

5. Panen

Bila sapi sapi anda telah berusia cukup atau dewasa karena itu sapi anda siap untuk dipasarkan. Supaya keuntungan yang didapat semakin besar saya anjurkan sapi anda dipasarkan saat saat hari besar datang, seperti Hari Raya Idul Adha. Di hari besar harga pemasaran sapi bertambah banyak dibanding dipasarkan di hari biasa.

Berikut ialah contoh tabel nilai jual sapi di tahun 2017.

 Daftar Harga Sapi Kurban per Tahun 2017 / 1438 H
 Kelas Bulan Agustus 2017 (Rp)
 A / 200-250 Kg 19.000.000,-
 B / 251-300 Kg 21.000.000,-
 C / 301-350 Kg 24.000.000,-
 D / 351-400 Kg 26.000.000,-
 E / 401-450 Kg 28.000.000
 F / 451-500 Kg 31.000.000,-
 G / 501-550 34.000.000,-
 SUPER / 600 Kg ke atas 37.000.000,-

Harga yang fenomenal bukan, oleh karena itu bila ingin memperoleh keuntungna semakin banyak seharusnya lakukan pemasaran sapi di Hari Raya Idul Adha.

Post a Comment for "Langkah Sukses Dalam Peternak Sapi, Untung Besar !"