Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Sukses Beternak Sapi, Gampang Diaplikasikan

Beternak sapi dapat datangkan keutungan yang besar, bila Anda mengelolanya dengan tepat. Tetapi, Anda bisa juga alami rugi yang besar sekali bila tidak berhasil dalam menjalankannya. Jika Anda tertarik sama bisnis ini, berikut langkah sukses beternak sapi yang dapat didalami.

Memutuskan dan Mempersiapkan Modal

Hal pertama kali yang harus disiapkan saat sebelum mengawali bisnis ialah rencana yang masak. Rencana itu mencakup modal awalan yang Anda punyai. Modal bukan hanya berbentuk uang saja tetapi rekanan yang Anda punyai.

Ada rekanan yang luas menjadi satu diantara penyebab kesuksesannya beternak sapi. Anda dapat sama-sama tukar info sekitar langkah menjaga sapi, atau publikasi penangangan dan penangkalan penyakit yang serang sapi secara bertepatan.

Disamping itu, Anda pun jadi lebih gampang untuk tawarkan sapi saat capai titik pemasaran. Perlebar konektifitas selebar-luasnya dengan manfaatkan sosial media yang ada.

Memutuskan Tipe Sapi yang Akan Diternak

Sesudah memutuskan modal dana dan mempunyai rekanan yang bagus, Anda harus tentukan tipe sapi yang hendak diternak. Secara, umum ada banyak tipe sapi yang menjadi hewan ternak dalam jumlah besar salah satunya sapi Bali, Sapi Limousin, Sapi Madura, Sapi Ongole, dan Sapi Brahman.

Langkah sukses beternak sapi yang selanjutnya ialah pilih tipe sapi yang sesuai jumlah bujet dana dan pemikiran lainnya.

Pemikiran itu dapat berdasar tingkat kesuksesan perawatan dan pemasaran, kecocokan dengan keperluan pasar, kekuatan dan kepahaman Anda pada tipe sapi itu, atau yang lain.

Mempersiapkan dan Membuat Kandang

Tahapan yang saat yaitu mempersiapkan kandang dengan luas sesuaikan jumlah sapi dan tipe yang hendak diternak. Cari lokasi yang jauh dari permukiman warga, minimum sejauh 10 mtr.. Yakinkan lokasi itu cukup memperoleh cahaya matahari sebagai langkah sukses beternak sapi.

Ongkos yang perlu Anda keluarkannya untuk pembikinan kandang relatif. Besar atau kecilnya ditetapkan dengan luas, mode, dan bahan yang dipakai untuk pembikinan kandang. Bila Anda ingin membuat kandang yang dapat memuat 25 ekor sapi, minimum dana yang diperlukan sekitaran Rp. 50 juta.

Sesudah penyiapan dana dan tempat ada, Anda dapat mengawali untuk membuat. Anda dapat membuat kandang dengan urutan ke-2 baris bertemu/bersimpangan atau satu baris sejajar. Bikinlah kandang dengan sirkulasi yang cukup buat jaga kelembapan dan sinar matahari dapat masuk.

Beli Bibit yang Unggul

Saat Anda ingin beli bibit, pilih sapi dengan beberapa ciri tidak berlendir di tempat hidungnya, bulu-bulu dan kulit yang bersih dan tidak rontok, dan mempunyai ke-2 mata yang ceria dan bersih. Ada lendir di hidung mengisyaratkan sapi yang kurang sehat, dan mempunyai masalah kesehatan pada pernapasannya.

Langkah beternak sapi selanjutnya dengan pilih bibit sapi yang mempunyai kuku yang tidak panas waktu dipegang, dan tidak mempunyai tanda-tanda diare. Anda dapat mengecek dubur dan ekor untuk menentukannya.

Memberi Pakan dengan Pas

Beri pakan dengn gabungan pakan hijau, kulit kacang kedelai, ampas tahu, kulit nanas, dan bekatul untuk mendukung perkembangan dan perubahan sapi ternak. Jika Anda ingin memberi makanan dengan kualitas yang semakin tinggi, pakai setaria kolonjono dan rumput gajah.

Pakan saja kurang cukup untuk memelihara stamina dan gizi sapi, beri mineral, vitamin, dan protein. Ini akan mengoptimalkan perkembangannya.

Kerjakan Perawatan yang Optimal

Langkah sukses beternak sapi yang paling akhir ialah memberi perawatan berbentuk pemberian obat cacing, vaksin, dan pembersihan kandang yang teratur. Ini juga sangat penting dalam mempertahankan kesehatan sapi.


Post a Comment for " Langkah Sukses Beternak Sapi, Gampang Diaplikasikan"