Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Menjaga Sapi Cepat Gendut dalam Waktu Singkat

Langkah menjaga sapi penting untuk jadi perhatian supaya sapi jadi gendut dalam saat yang singkat. Untuk peternak yang memiara sapi potong, waktu penggemukan sangat penting karena benar-benar terkait dengan keuntungan.

Makin lama sapi dipeliahara, karena itu makin bertambah juga ongkos yang dikeluarkan peternak untuk memberikan makan sapi itu. Oleh karena itu sedapat mungkin sapi gendut dalam saat yang singkat dan peternak memperoleh keuntungan yang optimal.

Langkah Menjaga Sapi Cepat Gendut dalam Waktu Singkat

Pembikinan Kandang Sapi

Langkah menjaga sapi supaya cepat gendut dalam saat yang singkat dapat diawali dari saat pembikinan kandang sapi itu. Kandang sapi benar-benar punya pengaruh pada cepat tidaknya proses penggemukan sapi.

Pada umunya ada dua type dari kandang sapi, yakni type pribadi dan type barisan. Dua type kandang ini dapat disamakan dalam jumlah sapi yang dipiara oleh peternak.

Pada kandang sapi type pribadi, tiap sapi menempati kandang selebar 2,5 m x 1,5 m. Tipe kandang ini sebagai tipe kandang yang pas bila peternak ingin sapi gendut dan cepat dan cepat.

Kandang sapi type pribadi memang bisa dibuktikan efisien untuk bikin gemuk sapi dalam saat yang singkat. Karena tempat makanan sapi dipisah hingga sapi-sapi tidak berebut makan.

Kandang sapi type pribadi membuat sapi tidak dapat bergerak dengan bebas. Gerakan sapi yang bebas harus dijauhi bila peternak ingin proses penggemukan sapi berjalan secara cepat.

Ya karena sama dengan manusia, sapi akan kehilangan berat tubuh bila sering bergerak.

Type kandang sapi ke-2 ialah type barisan, di mana semua sapi akan dihimpun jadi satu. Ini sebagai kandang sapi yang dapat membuat sapi gendut secara cepat.

Tetapi harga yang perlu dibayarkan ialah ongkos untuk beli pakan sapi yang membesar. Ya, karena sapi akan berebut makanan, jadi tidak jamin satu sapi akan makan jatah pakan yang serupa dengan sapi lain.

Nach, dari 2 type kandang sapi di atas, karena itu dapat ditetapkan sendiri tipe kandang yang mana pas. Kekeduanya memang janjikan proses penggemukan sapi dalam saat yang singkat.

Tetapi pada kandang sapi type barisan harus memberikan pakan sapi semakin banyak . Maka untuk hasilkan keuntungan yang optimal, karena itu dianjurkan untuk membikin kandang sapi type pribadi.

Penyeleksian Bibit Sapi yang Sehat

Langkah menjaga sapi supaya cepat gendut dalam saat yang singkat setelah itu dengan pilih bibit sapi yang sehat dan unggul. Perlu dimengerti jika bibit sapi benar-benar punya pengaruh pada cepat tidaknya proses penggemukan sapi itu.

Jadi upayakan untuk tidak boleh salah plilh bibit sapi, karenanya akan memengaruhi keuntungan yang hendak didapat. Pilih bibit sapi yang keliru akan membuat ongkos penggemukan sapi membesar.

Tujuannya, sapi yang proses penggemukannya lama, pasti memerlukan pakan di luar saat yang ditarget. Pasti tidak ingin kan keuntungan yang ditargetkan dipotong oleh pengeluaran untuk pakan sapi yang melar dari gagasan.

Jadi untuk menghindar semua rugi karena penyeleksian bibit sapi yang salah mengerti, karena itu penting diingat panduan pilih bibit sapi yang unggul. Panduan pilih bibit sapi yang unggul untuk penggemukan ialah dapat disaksikan dari keunikan dari bibit sapi itu.

Misalkan bibit sapi itu harus mempunyai keproduktifan yang tinggi, entahlah itu tipe sapi lokal atau persilangan. Salah satunya tipe bibit sapi yang unggul untuk digemukkan ialah peranakan ongole (PO) dari Madura.

Seterusnya yakinkan jika sapi itu pada keadaan sehat, pasti tidak ingin kan bikin gemuk sapi yang mempunyai potensi sakit-sakitan. Ciri-ciri sapi yang sehat dapat disaksikan dari punggung sapi, apa rapi atau mungkin tidak.

Selainnya dianjurkan untuk pilih sapi jantan, lihat usia dan berat sapi itu. Ciri-ciri bibit sapi yang unggul untuk penggemukan ialah berusia 1-2,lima tahun dengan berat 200 kg.

Ciri-ciri bibit sapi yang unggul supaya proses penggemukan dapat berjalan dengan singkat ialah jika sapi itu harus mempunyai struktur daging yang lembut, rendah lemak dan warna lemaknya harus muda.

Sesudah ketahui bibit yang unggul, langkah menjaga sapi setelah itu perawatan sampai sapi itu dewasa dan hasilkan.

Langkah Penggemukan Sapi

Langkah menjaga sapi supaya gendut dalam saat yang singkat dengan pilih mekanisme penggemukan sapi yang akurat. Mekanisme yang kerap dipakai di Indonesia untuk bikin gemuk sapi secara cepat ialah dengan dikandangkan/kereman.

Selainnya luas kandang, langkah pemberian pakan, usia dan keadaan sapi, mekanisme penggemukan sapi punya pengaruh pada cepat tidaknya proses penggemukan.

Dengan mekanisme kereman, harga jual dapat dipertingkat dengan optimal. Peternak bisa juga manfaatkan kotoran sapi yang dapat menjadi pupuk kandang.

Langkah penggemukkan sapi dengan mekanisme kereman gampang saja. Pokoknya sapi dikandangkan selanjutnya dikasih pakan dan minum tanpa batasan. Pakan sapi dapat pakan hijauan atau ekstrak.

Janganlah lupa berikan obat cacaing dan supleman supaya selera makan sapi makin besar. Minimal cuma dalam kurun waktu 100 hari sapi dapat gendut sama sesuai gagasan.

Pakan Sapi

Langkah menjaga sapi supaya gendut secara cepat dengan memberikan pakan yang akurat. Rumusnya, sehari-harinya sapi memerlukan 10%-12% pakan hijauan dan 1%-2% pakan tambahan dari berat sapi itu.

Pakan hijauan dapat diberi 3x satu hari, dan pakan tambahan dapat diberi saat sebelum memberi pakan hijauan. Untuk mendukung berat tubuh lebih optimal, sapi harus juga diberi suplemen berbahan organik.

Menahan dan Menyembuhkan Penyakit

Langkah menjaga sapi supaya gendut secara cepat setelah itu dengan menahan sapi itu dari gempuran penyakti. Bila sapi telanjur terkena penyakit, karena itu harus diobati secapatnya.

Langkah menahan sapi diserang penyakti satu diantaranya dapat dengan bersihkan kandang dan memandikan sapi dengan teratur. Upayakan lantai kandang selalu kering dan karantina sapi yang diserang penyakit. Janganlah lupa untuk memberikan vaksinasi secara ruitn.

Tipe Penyakit pada Sapi

Supaya langkah menjaga sapi dapat dikerjakan secara benar, karena itu peternak harus tahu beberapa jenis penyakit yang kerap serang sapi. Satu diantaranya ialah kembung, yakni mampetnya aliran gas hingga pencernaan tidak lancar dan perut jadi membesar.

Untuk menyembuhkannya cukup memberi minyak kelapa dan penilicilin.

Kudis

Penyakit sapi setelah itu kudis, yang diikuti dengan rontoknya bulu-bulu sapi. Untuk penyembuhan dapat dengan cukur bulu-bulu sapi yang terserang kudis, membersihkan sama air hangat dan oleskan oli sisa/belerang.

Post a Comment for " Langkah Menjaga Sapi Cepat Gendut dalam Waktu Singkat"