Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawa timur Sebutkan Peternak Sapi Alami Rugi Dampak Peraturan Lockdown

Paguyuban Pedagang Sapi dan Daging Fresh (PPSDS) Jawa timur menyangka ada pelaku yang manfaatkan keuntungan dari peraturan lockdown pemerintahan pada perdagangan sapi wilayah positif penyakit mulut dan kuku (PMK).

Ketua PPSDS Jawa timur, Muthowif menyebutkan bagaimana nasib peternak sapi saat ini alami rugi atas peraturan itu. "Walau sebenarnya peternak mengharap mendekati Idul Adha dapat jual sapi-sapinya pada harga yang baik dan ada keuntungan," tutur Muthowif ke media, Senin (23/5/2022).

Menurutnya, keadaan limitasi ini digunakan oleh pelaku yang ingin memperoleh keuntungan secara keuangan, dengan lakukan check di tepian.

"Dengan adanya pelaku yang ambil kesempatan kali ini, benar-benar disayangakan. ingat limitasi perdagangan keluar wilayah ini, semestinya dimengerti limitasi perdagangan antara propinsi bukan limitasi perdagangan antara kabupaten/kota seperti saat ini yang terjadi," tuturnya.

Menurut pengamatan PPSDS Jawa timur, kurangnya pengujian kesehatan hewan dari lembaga berkaitan jadi masalah. Sebagaimana untuk memperoleh Surat Info Kesehatan Hewan (SKKH) dari lembaga benar-benar susah. "Hingga kembali lagi yang dirugikan ialah beberapa peternak yang mulai bernafsu memiara ternak," paparnya.

Dia mengharap dengan keadaan semacam ini dinas berkaitan dan aparatur keamanan membuat satu pengetahuan bersama untuk jadi referensi mengenai limitasi sapi keluar wilayah asal, apa yang jangan itu antara wilayah kota/kabupaten atau antara propinsi?

"Pengetahuan ini penting dilaksanakan, untuk kurangi rugi beberapa peternak sapi yang sapi-sapinya dicemaskan positif PMK dan beberapa jagal di Surabaya yang bukan pemroduksi ternak, karena terakhir mulai kesusahan memperoleh suplai sapi siap potong," pungkasnya.

Dia juga akui jika PPSDS sudah mengirim surat ke Dinas Peternakan (Disnak) Jawa timur untuk ketahui langsung mengenai peraturan limitasi sapi keluar wilayah kota/kabupaten atau keluar propinsi. "Namun sampai sekarang ini, surat kami tidak ada jawaban benar-benar dari Dinas peternakan Jawa Timur," katanya.

Post a Comment for " Jawa timur Sebutkan Peternak Sapi Alami Rugi Dampak Peraturan Lockdown"