Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prospect Bisnis Beternak Sapi Potong

Usaha peternakan sapi potong sangat potensial. Tingginya kebutuhan pasar pada daging sapi menjadi satu diantara aspek terpentingnya. Tapi, walau daging sapi mempunyai status tinggi di pasar, realitanya beberapa peternak sapi ptong tidak dapat ambil kesempatan itu dengan membudidayakan sapi potong dalam jumlah besar. Umumnya beberapa peternak masih membudidayakan sapi potong secara tradisionil dan dalam rasio kecil. Masalah intinya ialah besarnya investasi bila peternakan dilaksanakan secara besar dan intensit.

Walau begitu, tidak berarti perawatan dalam rasio kecil tidak bisa dilaksanakan secara intens. Jika peternakan rasio kecil dilaksanakan secara baik, hasil yang didapatkan akan benar-benar memberikan keuntungan.

Sapi potong

Bahkan juga, usaha ternak sapi rasio kecil sudah bisa dibuktikan bawa peralihan yang berarti. Di Yogyakarta, ternak sapi rasio kecil makin ramai karena ada kelompok-kelompok ternak. Dengan konservatif dan intens, peternak sapi potong rasio kecil itu sanggup meningkatkan upayanya dengan keuntungan yang berarti.

Usaha ternak sapi potong rasio kecil benar-benar ekonomis, baik dan segi ongkos perawatan atau ongkos pembikinan kandang. Karena nilainya kecil, pembikinan kandangnyapun umumnya berwujud tunggal.

Supaya peternak sapi potong rasio kecil dapat memetik hasil yang memberikan kepuasan, seharusnya mereka ketahui standard perawatan sapi potong jumlah besar. Peternak harus selective saat menentukan bibit sapi potong. Dengan begitu, kualitas daging sapi potong yang dibuatnya tidak berbeda jauh dengan sapi potong dan peternak kelas besar.

Dalam tempo waktu 6 bulan, peternak sapi potong dapat mendapat keuntungan sekitaran 4 sampai lima juta per ekor. Walau sebenarnya, seseorang peternak bisa memiara 2 sampai 3 ekor. Harga bibit seekor sapi ialah 6 - tujuh juta, sesudah dipiara sepanjang enam bulan, harga sapi dapat bertambah kira-kira 10 - 15 juta. Peternak dapat kantongi 4 - tujuh juta per ekor. Keuntungan ini juga dapat berlipat-lipat saat hari raya keagamaan, seperti Han Raya Idul Fitri, Idul Adha atau Natal.

Tersedianya daging sapi di pasar yang makin tipis buka kesempatan untuk beternak sapi potong dengan mekanisme penggemukan. Kesempatan ini pasti pantas untuk diutamakan. Karena beternak sapi Iebih gampang daripada beternak ayam broiler, karena itu usaha penggemukan sapi potong jadi usaha yang realitas dan pantas dilaksanakan.

Post a Comment for " Prospect Bisnis Beternak Sapi Potong"