Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tehnik Budidaya Tanaman Hias Mawar


Mawar ialah satu tipe tanaman semak dari genus Rosa sekalian nama bunga yang dibuat tanaman ini. Mawar liar terbagi dalam 100 spesies lebih, umumnya tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar biasanya sebagai tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat dengan tinggi dapat capai 2 sampai 5 mtr.. Meskipun jarang-jarang dijumpai, tinggi tanaman mawar yang menjalar di tanaman lain dapat capai 20 mtr.

Bila melirik kecantikan bunga dan warna dari tanaman hias bunga mawar, tentunya mayoritas dari kita akan memiliki tekad untuk lakukan budidaya tanaman hias bunga mawar dipekarangan rumah atau taman rumah.

Untuk lakukan budidaya tanaman hias yang ini memanglah tidak gampang, karena tanaman hias ini ialah tanaman hias terbatas yang memerlukan perbekalan pengetahuan saat sebelum mengawali membudidayakannya. Nah, pada pembahasan ini kali tanamanhiasan.com akan memberi sedikit pengetahuan berkenaan tehnik budidaya tanaman hias bunga mawar. Mayoritas orang bahkan juga mempunyai tujuan untuk membudidayakan bunga untuk jadi tanaman hias, namun dijadikan wujud kesempatan usaha yang lumayan menjanjikan.

Maka dari itu, bila anda ingin turut ambil kesempatan usaha tanaman hias yang ini, anda harus membuat rencana dengan matang strategi yang bagus untuk meningkatkan usaha ini. Usaha tanaman hias bunga mawar terhitung salah satunya usaha yang menggiurkan di periode saat ini atau nanti. Ditambah lagi bila tanaman hias bunga mawar itu sebagai hasil budidaya sendiri atau disuplai hasil dari kreasi intern. Mudah-mudahan dengan kehadiran pembahasan ini bukan hanya memberi pengetahuan berkenaan budidaya tanaman hias mawar, namun memberi motivasi untuk tiap pembaca, baik yang akan buka usaha di bagian tanaman hias atau cuma membudidayakannya.

Untuk membudidayakan tanaman hias yang ini, ada baiknya kalau anda lakukan penanamannya di wilayah sejuk dan temperatur yang tidk terlampau panas. Tersebut hal yang seharusnya jadi perhatian sebagai kunci dasar mengawali budidayanya. Memanglah tidak banyak tindakan detil yang dilaksanakan buat memiara kembang mawar, karena tersebut kembang ini benar-benar disukai oleh beberapa orang.

Persyaratan Tumbuh Bunga Mawar

Cuaca

Persyaratan cuaca yang diperlukan mawar untuk tumbuh baik seperti berikut:

Curahan hujan untuk perkembangan bunga mawar yang bagus ialah 1500-3000 mm/tahun. Membutuhkan cahaya mata-hari 5-6 jam per-hari. Di wilayah cukup cahaya matahari, mawar akan rajin dan bisa lebih cepat berbunga dan ber-batang kuat. Cahaya matahari pagi lebih bagus dibanding cahaya matahari sore, yang mengakibatkan pengeringan tanaman.

Tanaman mawar memiliki daya penyesuaian benar-benar luas pada lingkungan tumbuh, bisa ditanamkan di wilayah beriklim dingin/sub-tropis atau didaerah panas/tropis. Temperatur uadara sejuk 18-26 derajat C dan kelembapan 70-80%.

Tempat tanam

Tempat tanam yang dipakai punya pengaruh juga terha-dap perkembangan mawar. Karena itu, beberapa hal berikut harsu jadi perhatian:

  • Penanaman dilaksanakan langsung pada tanah secara tetap di kebun atau di dalam pot. Tanaman mawar pas pada tanah liat berpasir (kandunagn simak 20-30%), subur, gembur, banyak bahan organic, aerasi, dan drainase baik.
  • Oada tanah latosol, andosol yang mempunyai karakter fisik dan kesuburan tanah yang lumayan baik.
  • Derajat keasaman tanah yang bagus ialah PH=5,5-7,0.pada tanah asam (pH 5,0) perlu pekapuran kapur Dolomit, Calcit atau Zeagro jumlah 4-5 ton/hektar.
  • Pemberian kapur mempunyai tujuan untuk meningkatkan pH tanah, menambahkan unsure-unsur Ca dna Mg, membenahi kehidupan mikroorganisme, membenahi bintil-bintil akar, kurangi keracunan Fe, Mn, dan Al, dan menambahkan tersedianya P dan Mo. Tanah berpori-pori benar-benar diperlukan oleh akar mawar.

Ketinggian tempat

Mawar tumbuh baik pada:

  • Ketinggian 560-800 m dpl, temperatur udara minimal 16-18 derajat C dan maksimal 28°-30°C;
  • Ketinggian 1100 m dpl, temperatur udara minimal 14°-27°C;
  • Ketinggian 110 m dpl, temperatur udara minimal 13,7°C-15,6°C dan maksimal 19,5°-22,6°C.

Di wilayah tropis sepertiIndonesia, tanaman mawar bisa tumbuh dan produktif berbunga di daratan rendah sampai tinggi (pegunungan) rerata 1500 m dpl.

Tehnik Budidaya Tanaman Hias Mawar

1. Penyeleksian bibit tanaman hias bunga mawar

Ada beragam jenis tipe tanaman hias mawar, ada yang menjalar, berbunga besar, kecil, dan sebagainya. Pilih sesuai kemauan Anda. Bibit tanaman hias ini juga ada banyak jenis, dimulai dari bibit yang dari biji, batang hasil stek, atau bibit yang telah berbentuk tanaman mawar di polybag. Supaya budidaya yang anda kerjakan gampang perawatannya, ada baiknya kalau anda pilih bibit tanaman hias mawar yang telah di polybab.

Beberapa tahap persiapan benih tanaman dari biji:

a. Penyeleksian buah- tentukan buah mawar dari tanaman induk yang telah produktif berbunga dan tipe unggul seperti keinginan.

  • Petik buah mawar dipilih yang telah masak (masak) di pohon.

b. Tindakan After Ripening-siapkan media semai beruapa tanah berhumus dan berpasir 

  • Masukan (isilah) media barusan ke bak persemaian atau tempat yang ringkas dan pantas dipakai  untuk tempat semai.
  • Siram media semai denagn air bersih sampai cukup basah (lembab).
  • Berikan buah mawar satu-satu ke media semai hingga cukup terpendam sedalam 0,5-1,0 cm.
  • Diamkan buah mawar sampai kulit luarnya membusuk pada keadaan media yang lembap, beraerasi baik, dan temperatur udaranya sekitaran 5 derajat C. saat yang dibutuhkan pada tindakan After Rifening sekitar di antara 50-270 hari (bergantung tipe mawar).

c. Mengambil (angkat) biji-biji mawar dari buah yang sudah membusuk dalam media semai.

d. Tentukan biji-biji mawar yang bagus, yakni bernas yang terbenam bial ditempatkan ke air.

e. Bersihkan mawar sama air bersih.

f. Keringkan biji-biji mawar dipilih di tempat teduh untuk selekasnya disemaikan pada bak persemaian.

g.Semaikan biji mawar secara rata menurut barisan pada jarak antar-baris 5-10 cm. Biji akan                     berkecambah pada usia empat minggu sesudah semai.

-  Perawatan pembibitan/penyemaian

  • Siram media persemaian mawar secara kontinu 1-2 kali satu hari.
  • Sapih (perjaran) bibit mawar yang cukup besar ke polybag kecil yang telah diisi media kombinasi tanah, pasirdan pupuk organic (1:1:1).
  • Pindahkkan tanam bibit mawar yang telah berusia 22 bulan ke kebun/tempat penanaman yang masih tetap (tetap).

2. Pemrosesan tempat tanam

Langkah menanam tanaman hias bunga mawar pada Tempat penanaman mawar bisa dilaksanakan di tempat kebun, tanam dan dalam pot. Tata langkah persiapan tempat untuk kebun mawar sedikit berbeda dengan dalam pot/polybag. Penyiapan.

  • Persiapan tempat kebun/taman-lahan untuk kebun/taman mawar diputuskan tanah gembur, subur dan mendapatkan cahaya matahari langsung (terbuka).

          - Membersihkan lokais kebun dari rumput-rumput liar/batu kerikil.

  • Persiapan media dalam pot-siapkan tempat tanam beruapa tanah subur, pupuk organic (pupuk kandang, kompos, Super TW plus) dan pasir. Formasi media kombinasi tanah, pupuk kandang, kompos dan pasir, 1:1:1. Kombinasi tanah dengan super TW Plus perbedaan 6:1.

          - Siapkan pot yang ukuran disamakan dengan kecil besarnya tanaman mawar. Pot yang terbaik                   ialah pot yang dibuat berbahan tanah dan tidak dicat.

           - Persiapkan beberapa bahan pendukung yang lain seperti pecahan bata merah atau genteng atau               arang. Bahan itu bisa berperan sebagai pengisap kelebohan air (drainase) dan mempermudah                   saat perpindahan tanaman ke pot atau tempat tanam yang baru.

  • Pengisian tempat tanam ke pot-dasar pot dilubangi untuk kelebihan air.

          - Basahi pot sama air sampai cukup basah.

          - Isilah pecahan bata merah/darurat/arang padadasar pot dengan tebal ± 1 cm sampai sepertiga                  sisi pot, lubang pembuangan air didasar pot tidak boleh mampet.

          - Isilah serasah (humus) secara rata dengan tebal ± 1 cm di atas susunan bata merah/darurat.

          - Isilah tempat tanam kombinasi tanah, pasir dan pupuk kandang/kompos (1:1:1) atau kombinasi              tanah dengan pupuk organic super TW Plus (6:1) ditambahkan sedikit abu dapur. Pengisian                    media sampai 90% penuh atau 0,5-1,0 cm di bawah batasan permukaan pot samping atas. Pot                  siap ditanam bibit (tanaman) mawar.

3. Pembukaan tempat

Tanah dicangkul sedalam ± 30 cm sampai gembur. 2) diamkan tanah dikeringanginkan sepanjang 15-30 hari supaya masak dan bebas dari gas-gas beracun.

Pembangunan bilikan

Buat bilikan-bedengan sama ukuran lebar100-120 cm, tinggi 30 cm, jarak antara bilikan 30-40 cm, dan panjangnya bergantung kondisi tempat. Jika akan direncanakan taman mawar yang asimetris, karena itu persiapan lahannya dibikin wujud bentuk yang diharapkan, misalkan lingkaran (bundar) atau guludan-guludan yang cocok denagn lingkungan sekelilingnya.

4. Pemupukan

Pupuk organic (pupuk kandang/kompos 20-30 ton/hektar atau super TW plus 4-5 ton,hektar diberi secara ditebar dan digabung rata bersama tanah sekalian membereskan tempat (bilikan). Pemberian pupuk organic dengan ditempatkan (diisikan) ke lubang tanam rerata 1-2 kg /tanaman.

5. Teknik penanaman penetapan skema tanam

Buat lubang tanam [ada jarak 60 x 60 cm atau 70 x 70 cm, bergantung tipe mawar dan kesuburan tanahnya.

Untuk membikin lubang dibutuhkan sekop meliuk agar didapat lubang berwujud silindris. Ukuran lubang 45 x 45 x45 cm. kedalaman yang bagus yakni jika tanaman ditempatkan dalam lubang, posisi bagain percabangan khusus (bud union) terletak sejajar dengan permukaan tanah. Akar mawar tidak bisa tembus tanah terlampau dalam,jadi tidak perlu mencangkul tanah terlampau dalam, cukup 45-55 cm.

Di saat membuat lubang, tanah di atas (hebat soil), sub-soil dihimpun terpisah, karena akan dipakai, untuk menutuplubang kembali. Jika wilayah itu tertutup rumput, harus diambil berbentuk lurusan-lempengan dan ditempatkan di tempat teduh, untuk dipakai sebagai pupuk, dengan memasukkan ke lubang. Lurusan organic (seperti kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, dan lain-lain) perbedaan 4 sisi tanah dan 1 sisi bahan organik.

Lubang dilumpukkani sub-soil digabung berbahan organic (dalam ju lah semakin banyak daripada kombinasi untuk hebat soil) dan super posfat (dapat digunakan tepung tulang ) 20%. Jumlah super fosfat (dapat digunakan tepung tulang) 20%. Jumlah super fosfat 1,5-2 kg per 10 m² tanah, tepung lubang 1,5- 3 kg per 10 m². Lubang diisi hebat soil dan bahan organic sampai membuat gundukan.

6. Langkah penanaman

Waktu tanam mawar ialah di awal musim penghujan (jika kondisi airnya mencukupi bisa dilaksanakan selama musim/tahun. Tanaman mawar yang ditanamkan beruapa bibit cabutan (tanpa tanah), dan bbit yang dari polybag.

7. Langkah penanaman mawar bibit cabutan:

  • Bedah bibit tanaman mawara dari kebun pembibitan secara cabutan.
  • Potong beberapa tangkai dan cabang-cabangnya, sisakan 20-25 cm supaya habitus tanaman jadi perdu (pendek).
  • Potong beberapa akar-akarnya dengan gunting potong tajam dan steril.
  • Rendam bibit mawar dalam ai atau larutan Zat Pengontrol Tumbuh (ZPT) seperti Dekamon 1-2 cc/liter sepanjang 15-30 menit.
  • Tanam bibit mawar di tengah lubang tanam dan akarnya ditata menebar ke semua arah. Timbun (urug) dengan tanah sampai batasan pangkal leher tangkai.
  • Padatkan tanah di sekitar tangkai tanaman mawar perlahan-lahan supaya akar-akarnya bisa contact langsung sama air tanah.
  • Siram tanah disekitar perakaran tanaman sampai basah.

Pasang lindungan sementara dari anyaman bamboo /bahan lain membuat perlindungan tanaman mawar dari teriknya cahaya matahari sore hari.

Penanaman bibit mawar dari polybag berlainan dengan penanaman bibit mawar dari polybag berlainan dengan penanaman bibit mawar cabutan. Bibit mawar dari polybag dipindahkantanamkan selengkapnya bersama tanah dan akar-akarnya. Tata langkah penanaman bibit mawar dari polybag ialah seperti berikut:

  • Siram tempat tanam polybag yang berisi bibit mawar sampai cukup basah.
  • Angkat polybag selanjutnya balikkan tempatnya sekalian ditekk-tekuk sisi dasarnya supaya bibit mawar bersama tanah dan akar-akarnya lepas (keluar) dari polybag. Jika polybag memiliki ukuran besar, karena itu pengeluaran bibit mawar bisa dengan merobek atau menyayat polybag itu.
  • Berikan bibit mawar ke lubang tanam yang sudah dipersiapkan jauh dari hari kemarin. Letak bibit mawar pas di tengah lubang tanam, selanjutnya urug dengan tanah sampai penuh sekalian dipadatkan perlahan-lahan.
  • Siram tanah disekitar perakaran tanaman mawar sampai cukup basah. Bibit mawar langsung akan fresh dan tumbuh tanpa lewat pelayuan atau istirahat dahulu.

8. Perawatan tanaman/penyiangan

Aktivitas penyiangan umumnya bertepatan dengan pemupukan agar mengirit ongkos dan tenaga kerja. Rumput liar yang tumbuh pada selokan/parit antara bilikan dibikin bersih supaya tidka jadi sarang hama dan penyakit.

Penyiangan satu bulan sekali (bergantung perkembangan gulma), dengan mengambil rumput-rumput liar (gulma) secara berhati-hati supaya tidak menghancurkan akar tanaman atau bersihkan dengan alat tolong kored/cangkul.

9. Pemupukan

Tipe dan jumlah (ukuran) pupuk yang disarankan untuk tanaman mawar ialah pupuk NPK (5-10-5) sekitar 5 gr/tanaman. Jika perkembangan tunas lamban dipupuk NPK pada perbedaan 10:10:5, jika tangkainya kurang kuat perbedaan pupuk NPK 5:15:5.

Tipe dan jumlah pupuk lain ialah kombinasi pupuk yang terdiri dari: 90-135 kg N ditambahkan 400 kg P2O5 ditambahkan 120 kg k2O/ha/tahun atau sama dengan 200-300 kg Urea ditambahkan 840kg TSP ditambahkan 250 kgKCL/ha/tahun. Berdasar hasil riset Balai Riset Hortikultura (Balitro), tanaman mawar perlu dipupuk pupuk NPK 5 gr /pohon di saat tanam atau 7-15 hari sesudah tanam.

Pemupukan selanjutnya secara kontinu setiap 3-4 bulans sekali, bergantung kondisi perkembangan tanaman. Jumlah dan tipe pupuk yang disarankan ialah kombinasi pupuk Nitrogen 600 kg N ditambahkan Fosfat 1000 kg P2O5 diatambah kalium 400 kg k2O/ha/tahun atau sama dengan urea ± 1350 kg ditambahkan TSP 2100 kg ditambahkan KCL 800 kg/ha/tahun. Setiap kali pemupukan diberi ¼ -1/3 jumlah pupuk 337,5-450 kg Urea ditambahkan 525-700 kg TSP ditambahkan 100-133 kg KCL per hektar. Pemberiaan pupuk seharusnya di saat sebeum berbunga, sedang berbunga, dan sesudah kuntum bunga layu. Langkah pemberian pupuk dengan ditabur dalam paritkecil dan dangkal antara barisan tanaman atau disekitar judul tanaman, selanjutnya ditutup dengan tanah tipis dan selekasnya disiram sampai cukup basah.

10. Pengairan dan penyiraman

Pengairan dan penyiraman dilaksanakan:

  • Pada babak awalnya perkembangan (sekitaran usia 1-2 bulan sesudah tanam), dilaksanakan secara kontinu setiap hari 1-2 kali. Pengairan selanjutnya perlahan-lahan dikurangkan atau bergantung kondisi cuaca dan jensi tanah (media).
  • Waktu pemberian air yang bagus padapagi dan sore hari, saat temperatur udara dan evaporasi air dan tanah tidka terlampau tinggi.
  • Langkah pengairan dengan disiram secara rata memakai alat tolong emrat (gember).

Prospect Peningkatan Usaha Budidaya Tanaman Hias Mawar

1.  Sektor Agribisnis

Peningkatan usaha yang bisa dilaksanakan terkait dengan usaha tani tanaman hias mawar dan tanaman mawar potong ini sebetulnya cukup dengan memenuhi perawatan dan pengintensifan tindakan (cermat, penuh kesabaran dan lain-lain.), tanaman mawar telah bisa memberikan keuntungan berkali lipat untuk pengusahanya.

Apalgi saat ini sudah diketemukan macam mawar yang sudah alami modifikasi baik yang disebabkan karena alam (persilangan alami) atau oleh terlibat manusia (persilangan bikinan) hingga mawar searang benar-benar bervariatif dimulai dari yang warna putih, merah, kuning, ungu, hijau, biru,dan yang lain.

Andaikan kita bisa melakukan modifikasi sendiri dengan lakukan uji coba-eksperimen persilangan mawar, tidak tutup peluang kita bisa menyumbangkan spesies hayati baru tanaman hias mawar dan terhitung bunga sangat jarang. Secara automatis ini bisa mebuat harga tanaman mawar yang standard jadi lebih tinggi apa lagi apabila sudah dicari beberapa kolektor tanman hias.

2.  Sektor Agroindustri

Tanaman hias mawar memang lumayan memberikan keuntungan walau tidak lewat pengatasan hasil panen secara industri (langsung dipakai saat sudah dipanen), terutama bila kita memproses hasil panen tanaman ini dengan arah untuk tingkatkan kualitas dan jumlahnya menjasi lebih bagus dan dapat tinggi manfaatnya.

Demikian pembahasan berkenaan tehnik budidaya tanaman hias bunga mawar, mudah-mudahan menambahkan wacana anda untuk membudidayakan tanaman hias mawar dengan benar dan baik

Post a Comment for " Tehnik Budidaya Tanaman Hias Mawar"