Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Faedah tomat hijau untuk kesehatan


Tomat mempunyai beberapa macam, ada yang merah sama ukuran besar, berwujud cherry dan ada juga yang warna hijau. Di Indonesia sendiri, tomat hijau termasuk jarang-jarang dicari orang. Tetapi di benua Amerika, tomat hijau jadi olahan makanan yang terbanyak dipakai. Misalkan dibuat jadi sauce, atau bahan tambahan untuk membikin hidangan sup sampai sandwich.

Sama seperti dengan tomat merah, tomat hijau banyak memiliki faedah. Struktur tomat hijau berlainan dengan tomat merah, di mana tomat hijau lebih keras dan gurih, rasanya juga benar-benar asam.

Di Amerika sendiri, tomat hijau jadi cemilan sedap dan sebagai lauk. Tomat hijau mentah dilapis dengan tepung jagung dan dimasak. Jika di Indonesia umumnya ditumis dengan tipe sayur yang lain atau jadi sambal.

Lantas apa sih faedah tomat hijau untuk kesehatan? 

Berikut ini pembahasan faedah tomat hijau untuk kesehatan:

1. Mempertahankan kesehatan mata.

Dikutip dari healthyeating.sfgate.com, satu tomat hijau sama ukuran sedang ada 790 unit vitamin A berbentuk beta karoten anti-oksidan. Secangkir penuh tomat hijau menyuplai lebih dari 1.000 IU beta karoten, yang sama dengan lebih dari 10 % dari konsumsi harian vitamin A yang disarankan dokter.

Menurut Office of Dietary Supplements, vitamin A, seperti beta karoten, mainkan peranan penting dalam menahan wujud kanker dan degradasi makula berkaitan umur, yang disebut pemicu khusus kebutaan.

2. Tingkatkan ketahanan tubuh.

Tomat hijau memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Satu tomat hijau memiliki ukuran sedang ada sekitaran 29 miligram anti-oksidan, atau sekitaran 48 % dari nilai harian. Kandungan ini lebih dari jumlah yang ada pada bayam yang telah diolah.

Vitamin C mempunyai peranan penting dalam tingkatkan ketahanan tubuh. Menurut healthyeating.sfgate.com, vitamin C menolong badan mempernyerap zat besi dengan lebih bagus dari makanan nabati, seperti kacang-kacangan. Hingga konsumsi tomat hijau akan baik sekali membuat perlindungan badan dari beragam penyakit.

3. Jaga mekanisme pencernaan.

Tomat memiliki kandungan 94 % air, yang baik sekali untuk badan. Makanan kaya air menolong peranan pencernaan dengan menahan atau meminimalisir sembelit, menolong jaga selera makan, dan jaga berat tubuh. Kamu dapat memproses tomat hijau jadi juice dan dapat dimakan setiap hari.

4. Menangani varises.

Tomat hijau memiliki kandungan asam asetilsalisilat yang berperan sebagai antikoagulan. Kandungan ini dipakai sebagai therapy alternative penyembuhan untuk varises. Kamu dapat mengkonsumsinya atau ditempelkan ke sisi urat yang mencolok, secara perlahan-lahan varises akan lenyap sendirinya.

5. Menetralisir radikal bebas.

Kedatangan vitamin A dan flavonoid dalam tomat hijau menolong melawan dampak radikal bebas. Wujud radikal bebas dari cahaya UV matahari, piranti electronic, dan lain-lain.

Konsumsi tomat hijau dengan jumlah yang cukup menolong untuk jaga dan turunkan radikal bebas pada tubuh.

6. Menahan kanker.

Vitamin A dan C yang terdapat dalam tomat hijau, bisa menolong perkuat anti-bodi yang berada di badan untuk menantang beberapa sel beresiko. Vitamin K yang diketemukan dalam tomat hijau menolong menahan perubahan sel kanker. Disamping itu, vitamin B6 menolong perkuat kebal dan menahan masuknya bakteri jahat ke badan.

7. Jaga kesetimbangan kolesterol.

Dikutip dari healthbenefitstimes.com, tomat hijau tidak memiliki kandungan cholesterol, tetapi memiliki kandungan 0,028 gr asam lemak jemu, 0,030 gr asam lemak tidak jemu tunggal dan 0,081 gr asam lemak tidak jemu double.

Pada tomat hijau yang mempunyai berat 100 g, ada 1,20 gr protein yang berperanan sebagai pengikat cholesterol pada darah. Disamping itu, memiliki kandungan 0,20 gr lemak. Lemak menyambungkan cholesterol di usus. Vitamin B3 mempunyai peranan penting dalam turunkan cholesterol jahat.

8. Percepat pengobatan karena radang.

Tomat hijau mempunyai kandungan bioflavonoid didalamnya. Di mana kandungan itu berperan sebagai antibakteri dan anti inflamasi yang memberikan dukungan proses pengobatan karena infeksi.

9. Bagus untuk diet sehat.

Tomat hijau penuh dengan serat, karbohidrat, gula dan protein yang memberi energi yang diperlukan badan dan turunkan lemak jahat yang mengakibatkan penimbunan lemak. Untuk kamu yang jalani diet, konsumsi tomat hijau akan menolong dalam turunkan berat tubuh.

10. Mempertahankan kesehatan jantung.

Konsumsi tomat hijau menolong turunkan peluang permasalahan jantung karena ada serat makanan. Dikutip dari healthbenefitstimes.com, tomat hijau dengan jumlah besar tawarkan 2 gr serat. Orang dewasa yang sehat harus mendapat 14 gr serat makanan untuk tiap 1000 kalori. Serat terlarut kurangi kandungan cholesterol dan perubahan penyakit jantung. Sekitaran 10 % serat yang diketemukan dalam tomat benar-benar gampang terlarut

Post a Comment for " 10 Faedah tomat hijau untuk kesehatan"