Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Budidaya Ternak Lebah Madu, Pemula Harus Tahu!

Usaha budidaya hewan ternak adalah kesempatan usaha yang banyak dilirik pebisnis pemula.

Tidak mengejutkan, karena keinginan hewan ternak lumayan tinggi di pasar. Kamu bisa juga coba budidaya ternak lebah madu.

Ya, dalam usaha budidaya hewan ternak tidak cuma ambil hasil daging atau elemen badan hewan yang lain. Tapi juga hasil telur, bahkan juga madu yang dibuat dari budidaya ternak lebah madu.

Kelebihan Budidaya Ternak Lebah Madu

Budidaya ternak lebah madu mempunyai banyak kelebihan dibandingkan budidaya hewan ternaka yang lain. 

  • Usaha ini tidak memerlukan pakan yang kuras modal dalam perawatan lebah madu. Karena lebah madu akan cari makanannya sendiri. Kamu juga tidak disibukkan dengan pemberian pakan yang umumnya terencana teratur.
  • Dalam budidaya lebah madu, tidak ada tahapan pengawinan dua lebah madu secara menyengaja oleh aktor usaha. Lebah madu akan jalani proses perkawinan alami dengan triknya sendiri. Hingga usaha budidaya ternak lebah madu lebih mempermudah.
  • Hasil panen dari usaha budidaya ternak lebah madu paling prospektif. Nilai jual madu per kg yaitu Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu. Hasil panen rerata dari usaha ini ialah 1 kwintal atau 100 kg madu. Hingga nilainya dapat capai Rp 9 juta-an per 1x periode panen yaitu di antara 10 hari sampai sebulan.

Transisi Kehidupan Lebah Madu

Saat sebelum mengawali usaha budidaya ternak lebah madu, sebaiknya kamu ketahui dahulu transisi kehidupan lebah madu. Lebah madu ialah hewan yang hidup secara bergerombol.

Dalam suatu barisan itu ada tiga tipe lebah. Yaitu lebah ratu, lebah karyawan, dan lebah jantan.

Lebah ratu

Lebah ratu ialah lebah betina yang pimpin sebuah koloni. Ukuran dari lebah ratu terbesar dibandingkan tipe yang lain dalam koloni itu.

Pekerjaannya untuk berkembangbiak hasilkan telur-telur baru lebah angkatan seterusnya.

Lebah karyawan

Lebah karyawan ialah lebah anakan yang lahir hasil dari perkawinan lebah ratu dengan lebah jantan.

Pada sebuah koloni minimal ada 30 ribu sampai 60 ribu ekor lebah karyawan yang ukuran paling kecil bila dibanding dengan lebah ratu dan jantan.

Pekerjaannya ialah membuat sarang lebah sebagai tempat bertelurnya lebah ratu, kumpulkan makanan (berbentuk nectar, tepung sari dan air), memberikan makan lebah ratu dan jantan, jaga sarang dari lawan, dan bersihkan sarang.

Lebah jantan

Dan lebah jantan ialah lebah yang memiliki ukuran semakin besar dari lebah karyawan, tetapi tidak semakin besar dari lebah ratu.

Jumlah lebah jantan pada sebuah koloni cuma ada beberapa ratus ekor saja. Pekerjaannya mengawini lebah ratu supaya koloni dapat makin besar banyaknya.

Secara singkat, transisi kehidupan lebah madu mencakup lebah ratu yang mempunyai lebah karyawan dan lebah jantan yang sama-sama hidup bersama membuat sebuah koloni.

Selanjutnya beberapa ratus lebah jantan akan merebutkan satu lebah ratu untuk dikawini.

Proses ini diikuti dengan lebah ratu yang terbang tinggi, selanjutnya dikejar oleh lebah jantan.

Satu lebah jantan yang sukses memburu lebah ratu lah yang hendak lakukan proses pembuahan. Sesudah perkawinan usai, lebah jantan umumnya akan mati.

Seterusnya, lebah ratu akan bertelur dan tinggalkan telur-telurnya disarang. Telur akan berkembang jadi larva dan menetas jadi lebah sepanjang waktu sekitaran 43 hari.

Lebah baru yang menetas terdiri dari 3 tipe lebah yang serupa seperti awalnya. Yaitu lebah ratu, lebah jantan, dan lebah karyawan. Inilah transisi hidup lebah yang lahir dan kerjakan pekerjaannya sampai mati.

Beberapa hal yang Perlu Jadi perhatian

Budidaya ternah lebah madu dilaksanakan dengan meningkatkan koloni lebah untuk hasilkan madu yang semakin banyak.

Lebah madu disiapkan di dalam rumah berbentuk kotak kayu untuk dijadikan sarang. Sarang lebah itu akan berisi madu sebagai hasil panen budidaya ternak lebah madu ini.

Dibutuhkan sekitaran 40 sampai 100 kotak kayu untuk jadi sarang dalam budidaya ternak lebah madu untuk pemula.

Bila kamu sukses memproses usaha ini, karena itu kamu dapat ikuti tapak jejak pebisnis yang lain yang dapat mempunyai jumlah kotak kayu sampai sekitar 300-an kotak.

Biasanya lebah yang dibudidaya ialah lebah mellifera yang dikenali hasilkan madu berkualitas.

Cuaca benar-benar memengaruhi produktifitas lebah madu. Tetapi, umumnya, lebah mellifera dapat panen sesudah 10 hari sesudah koloni aktif membuat sarang.

Usaha ini membutuhkan tempat yang jauh dari permukiman atau hilir mudik manusia. Karena lebah ialah hewan agresif yang mempunyai sengatan beresiko.

Temperatur bagus untuk tempat budidaya ternak lebah madu ialah di bawah 25 derajat Celsius. Tentukan tempat terbuka yang dapat ditanam banyak bunga.

Langkah Budidaya Ternak Lebah Madu

1. Penyiapan Peralatan

Pertama kali, persiapkan rumah lebah yang berbentuk kotak kayu. Dalam kotak kayu itu, nanti ada bingkai-bingkai kayu sebagai tempat menyimpan sarang madu.

Secara lengkap, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:

  • Kotak dari papan kayu mahoni atau kayu suren dengan tebal 3 cm.
  • Alat pengasap untuk melulutkan lebah madu yang agresif saat proses panen.
  • Baju perlindungan yang tebal diperlengkapi masker perlindungan muka dan kepala.
  • Sarung tangan, pemisah untuk pisahkan ratu lebah, sapu sikat, tempat makan dalam kotak kayu rumah lebah.
  • Frame kayu sebagai tempat sarang madu nanti. Yakinkan lebah ratu tidak dapat keluar kotak kayu itu.
  • Menanam beberapa bunga di tempat sekitaran budidaya ternak lebah madu. Ini penting untuk sumber makanan lebah, yaitu nektar bunga.

2. Membuat Rumah Lebah

Rumah lebah dibuat kotak seperti peti kayu dengan lebar 25 cm dan panjang sekitaran 30 cm sampai 40 cm.

Isi kotak itu dengan beberapa frame kayu. Kotak rumah lebah ini bisa juga dibuat memakai kayu jati yang dikenali kuat.

3. Pilih Bibit Lebah

Bibit lebah dapat kamu peroleh di petani lebah yang eksper sediakan bibit lebah favorit. Bibit lebah yang kamu butuhkan yaitu mencakup lebah ratu, lebah karyawan, dan lebah jantan.

Bibit yang telah didapatkan selanjutnya dipindah ke sarang kotak kayu atau rumah lebah.

Di rumah lebah, telah disiapkan olesan royal jelly sebagai makanan pertama. Selanjutnya juga bisa kamu siapkan air gula di salah satunya segi rumah lebah.

4. Perawatan Lebah

Kamu memang tidak perlu menyimpan perhatian terlalu berlebih pada lebah yang dibudidaya. Tetapi, dengan teratur kamu harus bersihkan rumah lebah bila diketemukan rayap.

Selanjutnya potong rumput liar yang berada di bawah rumah lebah, dan yakinkan tanaman bunga cukup buat makanan beberapa lebah.

5. Proses Panen

Proses panen budidaya ternak lebah dilaksanakan dengan mengasapi tempat rumah lebah yang ingin diambil sarang madunya.

Yakinkan pemanen memakai pakaian dan susunan perlindungan yang tutupi semua anggota badan supaya tidak disengat lebah.

Post a Comment for " Panduan Budidaya Ternak Lebah Madu, Pemula Harus Tahu!"