Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Budidaya Cabe Merah Besar Hasil Berlimpah


Mayoritas warga Indonesia menyenangi makanan pedas, tidaklah aneh bila cabai demikian terkenal di Indonesia. Banyak sekali tipe atau varietas cabai satu diantaranya yakni cabai merah besar, tapi rasa dari tipe cabai ini tidak demikian pedas seperti tipe cabai yang lain. Ukuran juga semakin besar dan gendut dibandingkan cabai keriting yang kurus panjang dan keriting.

Cabai merah besar rupanya mempunyai faedah yang demikian banyak, dimulai dari kandungan antioksidannya yang bisa mencegah penyakit kanker, menambahkan selera makan, menangani tanda terima enteng dan banyak faedah yang lain.

Cabai merah besar atau Capsicum annum bisa di tanam di wilayah tropis seperti Indonesia. Komoditas cabai merah besar ini bisa tumbuh pada ketinggian 0 - 100 mdpl. Tetapi bila cabai tipe ini di tanam di atas ketinggian 500 mdpl umumnya hasil yang didapatkan tidak optimal.

Bila anda berminat untuk ketahui langkah budidaya cabe merah besar, karena itu sebaiknya anda harus ketahui karakter komoditas ini lebih dulu, agar anda bisa ketahui langkah perawatan yang akurat.

Tanaman cabe merah besar bisa tumbuh dengan subur, bila memperoleh cahaya matahari lebih kurang 8 sampai 10 jam setiap harinya pada temperatur sekitaran 24 sampai 28 derajat celcius. Tidak itu saja, kelembapan dan pHnya harus juga jadi perhatian, untuk kelembapan yang baik sekitaran 80% dengan pH di antara 6 sampai 7. Hal yang paling harus anda kenali saat sebelum menanam cabai merah besar yakni berkenaan harga cabai di pasar supaya saat anda panen harga cabai sedang tidak jeblok. Minimal ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk lakukan budidaya cabe merah besar yang akurat.

Tahapan-Tahapan Budidaya Cabe Merah Besar:

1. Tahapan Penyeleksian Bibit Cabai Merah Besar

Tipe cabai merah besar sangat banyak, anda bisa pilih tipe atau verietas yang terbaik yang tentu saja bisa hasilkan produksi yang banyak. Di Indonesia sendiri telah banyak pemberbudidaya yang memercayai varietas yang diproduksi oleh Perusahaan Panah Merah (East West Seed). Salah satunya brand-nya yang terlaku yakni PILAR F1, hingga warga dapat memperoleh benih varietas merek ini di toko pertanian.

Tetapi bila anda tidak mau memakai benih produksi seseorang, karena itu anda dapat membuat benih sendiri dengan pilih cabai yang terbagus dengan kematangan yang baik. Lantas keluarkan biji sekalian menyortir bijinya dan benih cabai yang anda pakai ketentuannya harus benih cabai hasil dari panen ke 4 kali sampai ke 6 dalam musim. Ini karena bila benih yang dipakai hasil dari panen 6 kali keatas kelak benih cabai tidak optimal.

Anda bisa lakukan penanaman secara organik triknya dengan memendam benih cabai merah memakai larutan fungisida, langkah ini dilaksanakan untuk jaga supaya tanaman tidak terserang oleh jamur. Larutan fungisida yang umumnya dipakai yakni POC NASA dengan jumlah 1 ltr yang telah digabung sama air hangat dan perendaman dilaksanakan sepanjang 1 malam penuh.

2. Tahapan Persemaian Benih Cabai Merah Besar

Tahapan Persemaian Benih Cabai Merah Besar dalam tingkatan ini anda bisa menyiapkan tempat persemaian, lebih bagus bila tempat persemaian mempunyai lindungan yang dapat anda bikin dengan jala. Lindungan di perlukan untuk menghindar benih yang terserang matahari langsung, terbebas dari air hujan yang deras yang bisa membuat benih hancur, jaga temperatur dan kelembapan supaya masih tetap konstan.

Konsistensi temperatur dan kelembapan yang bagus penting pada proses persemaian benih cabai merah besar supaya biji bisa tumbuh secara baik, umumnya arah persemaian yang baik dapat menghadap ke timur.

Berkut beberapa tahapan yang bisa dilaksanakan untuk lakukan persemaian benih cabai merah besar:

  • Menyiapkan polybag sama ukuran 5 X 10 cm.
  • Membuat media persemaian memakai kombinasi tanah, pupuk kompos dan sekam, perbandingannya bisa 1:1:1. Umumnya pupuk kandang yang hendak dipakai awalnya sudah digabung dahulu dengan GLIO 100 g per 50 kg pupuk dan di diamkan sepanjang satu minggu.
  • Media semai harus diupayakan selalu gembur dan lembut supaya akar benih bisa tumbuh dengan efisien, anda bisa memasukkan media semai yang gembur ke polybag dengan ukuran ¾ polybag saja, janganlah sampai penuh.
  • Biji yang sudah dipendam awalnya harus di keringkan dahulu sampai betul-betul kering, supaya proses dormansi dari biji stop.
  • Masukkan biji ke polybag yang sudah diisi media semai dengan kedalaman penanaman 1,5 cm selanjutnya dapat tutup biji dengan media semai.
  • Kerjakan penyiraman secara teratur sore dan pagi hari. Jauhi hunjuran air yang terlampau deras. Pakai gombor untuk penyiraman agar air yang turun dengan perlahan-lahan. Anda dapat tutupi semaian dengan kertas koran untuk jaga kelembapan dalam polybag. Di hari ke 7 umumnya bibit mulai ada yang tumbuh. Bibit cabai merah besar yang siap di tanam atau di alihkan ke tempat tanam yakni tanaman muda yang umumnya telah mempunyai daun 4 sampai 6 lembar dengan usia sampai 1,lima bulan.

3. Tahapan Pemrosesan Tempat Dan Penanaman Cabai Merah Besar

Sekalian menanti benih jadi bibit siap tanam anda siapkan dahulu tempat untuk penanam,Berikut beberapa tahapan untuk lakukan pemrosesan tempat cabai merah besar yang bagus :

  • Bajak tanah dengan di dalam lebih kurang 40 cm
  • Mencapurkan pupuk kandang dengan jumlah 0,5 - 1 ton untuk luas 1000m2 dilaksanakan dengan di garu atau di luku, lalu diamkan sepanjang satu minggu.
  • Tanah yang terlampau asam atau mungkin tidak mempunyai pH yang sesuai persyaratan tumbuh tanaman cabe merah besar akan membuat tanaman cabai cepat layu. Karena itu saat sebelum penanaman anda wajib melakukan penetralan pH tanahnya dulu memakai dolomite sekitar 0,25 ton untuk luas 1 hektar dan triknya tinggal tebarkan di atas tanah yang telah di garu dengan kompos.
  • Pembikinan bilikan sama ukuran lebar 100 cm dan aliran air lebar 80 c. Parit di untuk buat jadi jarak dengan bendengan lainnya. Bilikan disiram memakai pupuk super nasa 1 botol bila memakai pupuk nasa 1 - 2 botol.
  • Dapat siramkan POC NASA dengan 1 gembor diberi 4 tutup botol POC NASA lalu siramkan pada bilikan.
  • Untuk pupuk organiknya dapat campur 50 - 100 kg pupuk kandang dengan GLIO 100 - 200 g. Komposkan sepanjang satu minggu lalu sebarkan pada bendengan secara rata.
  • Tahapan seterusnya penutupan bendengan dengan mulsa plastik yang bisa anda beli ke toko pertanian. Sesudah bendengan ditutupi seutuhnya dengan mulsa plastik anda bisa membolongi mulsa plastik dalam jarak 60 x 70 cm dan bikinlah skema lubang zig zag. Diamkan 1- dua minggu agar tanah betul-siap di tanami.

Anda dapat mengawali untuk menanam benih cabai merah besar dengan ambil bibit di polybag. Lantas, sobek plastik polybag dengan berhati-hati langsung saran benih di dalam lubang tanam. Tutupi perakaran cabai dengan tanah, waktu penanaman yang baik pada sore atau pagi hari saat matahari belum terlampau terik. Penanaman dilakukan dengan cepat atau satu hari secara serempak.

4. Tahapan Tingkatan Perawatan Cabai Merah Besar

Tingkatan perawatan cabai merah besar lumayan gampang, anda tinggal lakukan penyiraman tiap sore dan pagi hari dengan teratur. Janganlah sampai tanahnya kelihatan kering supaya kelembapannya bisa terbangun. Tetapi tidak itu saja yang paling susah saat perawatan cabai merah besar yakni dalam pengatasan hama dan penyakit. Berikut sedikit langkah berkenaan pengatasan hama dan penyakit pada tanaman cabai merah besar :

a. Hama

Hama yang kerap serang tanaman ini ialah hama tipe kutu daun persik yang umum serang pada permukaan daun bawah. Kutu daun persik umumnya sembunyi pada bagian itu. Langkah pengatasannya dilakukan penyemprotan dengan pestona atau BVR.

Untuk pengatasan hama tungau bisa dilakukan penyemprotan memakai Thrip dan Aphis. Tanda-tanda hama ini umumnya kelihatan pada daun yang warna kuning kecoklat-coklatan, tulang daun yang menggulung kebawah, puncak berjatuhan, hingga yang masih ada tinggal cabang dan tangkai saja.

Hama Thrip Parvispinus dengan tanda-tanda daun berkerut dan ada bintik warna keperakan dan hama bergabung di bawah daun. Pengatasannya dapat dilakukan penyemprotan dengan pestona dan BVR.

b. Penyakit

Bila tanaman terkena penyakit umumnya di tandai karena ada bintik klorosis pada permukaan daun, karena ada cendawan peronospora parastica dan pengatasannya dapat memakai GLIO.

Tanaman layu juga dapat di sebabkan dari busuknya tangkai karena gempuran penyakit reban sumai. Langkah menanganinya dengan buang tangkai yang busuk dengan media tanamnya. Silakan anda mengatur kelembapan dengan lakukan penyiraman GLIO 1 sdm di campurkan dengan 10 liter air.

Bila perkembangan terhalang umumnya tanaman diserang virus, warna daun pucat umumnya tanda-tanda kelihatan dua minggu sesudah penanaman. Langkah menanganinya dapat dengan di cabut, di bakar dan di semprot dengan BVR atau pestona.

Penyakit dan hama yang serang tanaman cabai merah besar misalkan ulat tanah, ulat grayak, kutu, penyakit layu, lalat dan yang lain. Pemeliharaan serta perawatan cabai merah besar harus di kerjakan secara teratur tiap sore dan pagi untuk pastikan tanaman tidak terkena penyakit. Bila gempuran hama dan penyakit kelihatan anda harus selekasnya menanganinya supaya perkembangan tanaman tidak terusik.

5. Tahapan Pemupukan Dan Penyiangan Cabai Merah Besar

Tahapan setelah itu penyiangan dan pemupukan susulan. Pemupukan susulan bisa dilakukan sesudah cabai merah besar berusia 1 bulan. Tiap habis panen diberikan pemupukan susulan kembali. Anda dapat memakai pupuk kompos atau pupuk cair.

Bila memakai pupuk cair jumlahnya dapat 100 mililiter per tanaman dan untuk jumlah pupuk kompos dapat 500-700 gr per tanaman. Jumlah ini berlaku untuk pupuk urea dan NPK. Penyiangan dilakukan untuk hilangkan gulma yang tumbuh disekitaran tanaman cabai. Bila tidak di siangi gulma akan menghalangi proses perkembangan tanaman dengan makan elemen hara yang ada . Maka penyiangan tanaman harus dilakukan dengan teratur.

6. Tahapan Pemanenan Cabai Merah Besar

Pemanenan cabai merah besar yang pertama dapat dilakukan pada usia 60 - 70 hari. Untuk tahapan panen ke-2 dan sebagainya dilakukan 2-3 hari seterusnya. Produksinya bisa capai 30 sampai 40 kali pada sebuah musim atau sampai tanaman berusia enam bulan. Dalam pemanenan 3x sekali, karena itu anda dapat kerjakan penyemprotan dengan POC Nasa dan Hormonik jumlahnya 500 cc pertanaman. Hasil panen yang banyak tergantung pada perawatan dan ketinggian tempat budidaya cabe merah besar.

Di saat memetik di upayakan supaya cabai tidak begitu tua atau kematangan sekitaran 80-90%. Yakinkan wujud cabai ramping dan didalamnya padat. Pemanenan dilakukan pagi hari sesudah embun dan ini dilakukan supaya cabai merah besar masih tetap pada kondisi fresh. Petiklah bis cabai dengan tangkainya untuk jaga kesegaran buah yang semakin lama.

Tersebut sedikit langkah Budidaya Cabe Merah Besar yang paling gampang dan dapat hasilkan keuntungan yang banyak. Selamat mempraktikkan mudah-mudahan sukses.

Post a Comment for "Langkah Budidaya Cabe Merah Besar Hasil Berlimpah"