Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Pemicu TBC, Penyakit Menyebar yang Mematikan

 


TBC atau disebutkan tuberkulosis adalah penyakit menyebar yang mematikan. WHO menyebutkan, orang yang menanggung derita TB bisa mengontaminasi sampai 10-15 seseorang lewat contact dekat. Apa pemicu TBC sampai demikian mengerikan?

Tuberkulosis umumnya serang paru-paru. Tetapi bisa juga mempengaruhi anggota badan yang lain, terhitung sendi, kandungan kemih, tulang belakang, dan otak. Saat TB menebar, keadaan ini dikatakan sebagai TB luar paru (EPTB).

Pemicu TBC umum

1.  Pemicu TBC Karena Bakteri

Pemicu TBC atau tuberkulosis ialah bakteri yang penebarannya melalui udara. Baca keterangan berikut ini untuk pahami pemicu TBC lebih jauh.

Tuberkulosis disebabkan karena bakteri yang dikenali sebagai mycobacterium tuberculosis. Bakteri TB seperti batang yang lempeng. Munculnya bakteri ini belum juga dijumpai.

Bakteri ini cepat mati dengan cahaya matahari langsung, tapi bisa hidup beberapa saat di tempat yang gelap dan lembap. Dalam kumpulan sel tubuh bakteri ini bisa tahan lama sepanjang sekian tahun. Bakteri menebar lewat udara dari 1 orang pada orang lain.

Langkah penyebaran bakteri TBC

Bakteri masuk ke udara saat seorang dengan TB aktif di kerongkongan atau paru-paru, bicara, ketawa, bersin, atau batuk tanpa memakai perlindungan atau masker.

Kuman atau bakteri menebar pada udara lewat recikan ludah. Tetapi penyebaran TBC tidak segampang penyebaran flu.

Sesudah kamu mengisap bakteri mycobacterium tuberculosis, pemicu TBC itu akan tinggal di paru-paru dan memulai tumbuh. Kadang bakteri beralih dari paru-paru ke tempat lain dari badan. Ini dapat terhitung ginjal, tulang belakang, dan otak.

Tetapi kamu memerlukan contact yang paling dekat agar bisa terjangkit TBC. Kebalikannya, kamu tidak dapat memperoleh TB cukup dengan:

  • Berjabatan tangan dengan pasien TBC
  • Berbagi minuman atau makanan
  • Berbagi sikat gigi
  • Sentuh suatu hal yang sudah disentuh oleh orang yang terkena.

Saat bakteri berkembang jadi aktif di paru-paru atau kerongkongan, kamu bisa menyebarkannya pada orang lain

2.  Pemicu TBC karena mekanisme imun yang rendah

Bila kamu terkena, kamu beresiko semakin tinggi terserang penyakit TB aktif apa lagi jika kamu mempunyai mekanisme ketahanan tubuh yang kurang kuat. Ada pula beberapa resiko yang lain yang memungkinkannya resiko terserang TB aktif makin tinggi, misalnya:

  • Bayi dan anak kecil
  • Orang dengan keadaan akut seperti diabetes
  • Orang dengan HIV / AIDS, karena itu keadaan TBC -nya dapat makin kronis
  • Yang menerima transplantasi organ
  • Pasien kanker jalani kemoterapi.

Respon badan pada infeksi TB aktif hasilkan infeksi yang bisa menghancurkan paru-paru.

TBC ialah penyakit menahun, seorang yang sempat menderita TBC mungkin terserang, terlebih bila mereka tidak lakukan penyembuhan secara benar.

Tanda-tanda TBC

Bakteri TBC pada paru bisa memunculkan tanda-tanda misalnya:

  • a. Batuk buruk yang berjalan tiga minggu ataupun lebih
  • b. Ngilu di dada
  • c. Batuk darah atau dahak (lendir dari dalam paru-paru).

Tanda-tanda lain penyakit TBC mencakup:

  • Kekurangan atau kecapekan
  • Pengurangan berat tubuh
  • Tidak selera makan
  • Panas dingin
  • Demam
  • Berkeringat pada malam hari.

TBC tulang

Salah satunya wujud EPTB ialah TBC tulang dan persendian. TB tulang terjadi saat kamu terserang TBC dan menebar di luar paru-paru. TBC tulang mempengaruhi tulang belakang, tulang panjang, dan sendi.

Sesudah kamu terserang TBC, penyakit ini bisa menebar lewat darah dari paru-paru atau kelenjar getah bening ke tulang, tulang belakang, atau persendian. TB tulang umumnya diawali karena supply vaskular yang kaya di tengah-tengah tulang panjang dan vertebra.

Tidak gampang untuk mengenal beberapa gejala tuberkulosis tulang. TB tulang terutamanya pada tulang belakang susah didiagnosa karena tidak memunculkan merasa sakit pada tahapan awalnya, dan kamu kemungkinan tidak memperlihatkan tanda-tanda apa saja.

Saat TB tulang pada akhirnya didiagnosa, gejala dan tanda umumnya telah tahapan lanjut. Disamping itu, terkadang penyakit ini bisa tidak aktif di paru-paru dan menebar tanpamu ketahui jika mempunyai TBC sama sekalipun.

Walau demikian, demikian seorang pasien menanggung derita TB tulang, ada banyak tanda-tanda yang perlu jadi perhatian:

  • Sakit punggung yang kronis
  • Bengkak
  • Kekakuan.

Saat TBC tulang lebih kronis, gejala-gejala beresiko terhitung:

  • Kompleksitas neurologis
  • Paraplegia / kelumpuhan
  • Pemendekan anggota badan pada anak-anak
  • Abnormalitas tulang.

Analisis TBC

Sistem yang umum dipakai untuk mengecek TBC ialah test kulit. Test darah bisa juga dipakai. Bila kamu mempunyai test kulit atau test darah positif, itu memiliki arti kamu sudah terkena oleh seorang yang menanggung derita TBC.

Kamu sudah terkena bakteri pemicu penyakit. Test ini tidak memberitahu apa kamu mempunyai infeksi TB laten atau bila kamu mempunyai penyakit TB aktif.

Bila test kulit kamu positif, peluang kamu akan jalani rontgen dada dan pengecekan fisik. Ini akan memberitahu dokter apa kamu mempunyai TB aktif dan bisa menebarkan penyakit ke seseorang.

Penyembuhan tuberkulosis

TBC diobati dengan obat antibiotik. Beberapa obat yang direferensikan oleh dokter akan bergantung pada banyak factor. Ini terhitung umur, kesehatan, apa TB kamu aktif atau laten, dan apa TB kamu tahan obat. Ini memiliki arti beberapa obat tertentu tidak bekerja.

Kamu perlu minum obat TB sepanjang 6-9 bulan. Dokter akan memberitahu kamu secara tepat bagaimana dan kapan harus minum obat, dan untuk berapakah lama.

Penting untuk ikuti perintah dokter. Minumlah obat pada saat yang sama tiap hari. Tidak boleh melewati jumlah atau stop minum obat kamu. Ini dapat membuat TB kamu lebih susah diobati.

Seorang yang terserang penyakit ini harus mempunyai diet imbang yang sehat. Diet imbang yang sehat bisa diraih dengan konsumsi empat barisan makanan dasar, misalnya:

  • Sereal, dan kacang-kacangan
  • Sayur dan buah-buahan
  • Susu, produk susu, daging, telur dan ikan
  • Minyak, lemak, kacang-kacangan dan biji minyak.

Barisan makanan ialah kelompok makanan yang mempunyai karakter nutrisi yang serupa. Bila makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan makanan dari semua barisan makanan di atas, karena itu diet itu dipandang sehat. Tidak seluruhnya barisan makanan perlu dikonsumsi setiap makan.

TBC dan Asupan Gizi

Merilis keterangan dari situs TBC Fact, telah lama dijumpai jika ada jalinan di antara TBC dan malnutrisi. Bila orang tidak mempunyai nutrisi yang cukup, keadaan itu disebutkan kekurangan nutrisi dan sudah pasti membuat penyakit TBC makin kronis.

Banyak orang dengan TBC alami pengurangan berat tubuh. Ini bisa disebabkan karena faktor-faktor diantaranya konsumsi makanan yang menyusut karena lenyapnya selera makan.

Kegiatan fisik untuk pasien TBC

Bila seorang dengan penyakit TBC sanggup beraktivitas fisik apa saja karena itu ini dapat berguna. Kegiatan fisik menolong konsumsi makanan untuk diganti jadi massa otot, dan tingkatkan selera makan.

Makanan apa yang perlu dijauhi oleh pasien TBC?

Seorang dengan penyakit TBC harus menghindar beberapa hal berikut ini:

  • Jauhi konsumsi alkohol berbentuk apa saja, karena tingkatkan resiko keracunan
  • Jauhi beberapa obat
  • Jauhi minuman berkarbonasi
  • Jauhi terlalu berlebih dalam konsumsi teh dan kopi
  • Jauhi tembakau atau merokok
  • Jauhi bumbu dan garam berlebihan.

Makanan yang bagus dimakan untuk pasien TBC

Tuberkulosis sebagai penyakit menyebar yang bisa berpengaruh fatal bila tidak diatasi secara baik. Ini disebabkan karena bakteri yang disebutkan mycobacterium tuberculosis dan orang yang kekurangan nutrisi mempunyai resiko semakin besar terserang TBC.

Tetapi, seperti dikutip dari situs NDTV beberapa periset sudah mendapati zat yang bisa menolong menantang penyakit ini. Zat, yang disebutkan beta lakton EZ120, yakni mengusik pembangunan miko membran bakteri.

Beberapa periset mendapati jika zat itu bisa menghalangi biosintesis mikromembran dan membunuh mikobakteri secara efisien.

Mengonsumsi makanan tertentu rupanya dapat berguna untuk pasien tuberkulosis. Yang sehat dengan makanan khusus ini akan menolong dalam tangani penyakit TBC.

1.  Makanan kaya kalori

Makanan padat yang memiliki kandungan banyak kalori bisa penuhi kenaikan keperluan metabolisme pasien TBC dan dapat menahan pengurangan berat tubuh selanjutnya. Makanan seperti pisang, bubur sereal, kacang, gandum dan ragi cukup berguna untuk pasien TB.

2.  Makanan banyak vitamin A, C dan E

Buah-buahan dan sayur seperti jeruk, mangga, labu manis, wortel, jambu biji, tomat, kacang-kacangan dan beberapa bijian sebagai sumber Vitamin A, C, dan E yang baik sekali. Makanan ini harus diikutkan pada diet harian pasien TB.

3.  Makanan berprotein

Pasien TBC condong alami pengurangan selera makan. Penting untuk mereka untuk nikmati makanan berprotein seperti telur, paneer dan potongan kedelai karena mereka cukup banyak protein.

Makanan ini bisa diserap secara mudah oleh badan dan bisa memberi energi yang diperlukan untuk badan.

4.  Makanan banyak vitamin B kompleks

Sereal gandum utuh, kacang-kacangan, beberapa bijian, ikan, dan ayam cukup kaya vitamin B kompleks. Makanan ini harus dimakan oleh pasien TBC dengan jumlah sedang.

5.  Makanan yang banyak terkandung zinc

Kacang-kacangan sebagai sumber zinc yang bisa memberi gizi penting untuk badan. Kacang-kacangan dan beberapa bijian seperti biji bunga matahari, biji chia, biji labu dan biji rami cukup berguna untuk pasien TBC.

Masukkan makanan ini pada diet yang hendak menolong kamu menantang penyakit seperti TBC.

Langkah menahan penyebaran penyakit TBC

Bila kamu mempunyai penyakit TBC aktif, benar-benar dianjurkan selekasnya diobati. Ini kemungkinan mengikutsertakan penyembuhan yang hendak jalan sepanjang 6 sampai 12 bulan.

Penting untuk minum semua obat, sama seperti yang diresepkan, selama waktu bahkan juga bila kamu telah berasa lebih bagus. Bila tidak, ada peluang kamu dapat kembali sakit.

Bila mempunyai kuman TB di badan tapi belum aktif, maknanya badan mempunyai TB laten.

Kamu tidak bisa menebarkan penyakit ini ke seseorang. Tapi dokter masih tetap merekomendasikan untuk minum obat supaya kuman tidak aktif.

Berikut beberapa panduan untuk menolong menahan seseorang terserang TB sepanjang beberapa minggu awal penyembuhan yang kamu lalui, atau sampai dokter menjelaskan jika kamu tak lagi menyebar:

  • Minumlah semua obat sama sesuai resep.
  • Selalu tutup mulut dengan tisu saat bersin atau batuk. Segel tisu dalam kantong plastik, lalu buang.
  • Bersihkan tangan sesudah bersin atau batuk.
  • Tidak boleh berkunjung seseorang dan tidak boleh mengundang mereka untuk berkunjung.
  • Masih tetap di dalam rumah, seharusnya jauhi tempat kerja, sekolah, atau tempat umum yang lain.
  • Pakai kipas angin atau jendela terbuka untuk bergerak disekitaran angin segar.
  • Tidak boleh memakai angkutan umum.

Post a Comment for "Ketahui Pemicu TBC, Penyakit Menyebar yang Mematikan"