Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Obat Asam Urat Herbal Tradisional


Orang ngomong asam urat cuma serang mereka yang telah berumur lanjut. Apa ini betul? Pasti tidak. Saat ini banyak pula yang masih terbilang muda tetapi telah terserang asam urat. Pemicunya remeh, yaitu makanan yang dimakan. Bila Anda kerap konsumsi makanan tinggi purin seperti dalaman, sajian laut, dan daging merah karena itu bersiapkan untuk terserang penyakit ini.

Penyakit asam urat mengakibatkan penderitanya alami radang persendian. Umumnya rasa ngilu akan menganiaya dijam pertama. Tetapi kadang, radang persendian itu dapat berjalan sepanjang 3-10 hari, bergantung dari tingginya kandungan zat purin pada darah. Bengkak bukan hanya terjadi pada bagian sendi saja, tetapi bisa juga ke sisi yang lain apabila sudah kronis mengakibatkan lumpuh.

Pasti hal ini tidak Anda harapkan? Oleh karenanya, kesempatan ini kami akan sharing beberapa obat asam urat herbal tradisional yang bisa dibuktikan paling baik dalam menurunkan ngilu. Berikut pembahasan secara lengkap.

Obat Herbal Asam Urat dari Bahan Alami

1. Obat asam urat daun salam

Pasti telah banyak yang tahu mengenai daun herbal satu ini. Daun salam umumnya sering dipakai oleh beberapa ibu rumah-tangga untuk menambahkan wewangian masakan. Rupanya sesudah ditelaah, dia memiliki kandungan senyawa flavonoid, tanin, dan minyak atsiri yang cukup baik dalam menyembuhkan asam urat. Berikut tutorialnya.

Langkah menyembuhkan asam urat dengan daun salam:

  • Rebus daun salam yang fresh sekitar 6 helai di dalam 100 mililiter air bersih. Tunggu hingga mendidih.
  • Tambah perasan lemon sekedarnya. Apabila sudah hangat minumlah ramuan obat asam urat itu dengan teratur setelah bangun tidur.

2. Obat asam urat daun seledri

Jika Anda tahu daun salam, pasti juga paham dengan yang bernama daun seledri. Sama seperti dengan daun salam, seledri kerap dipakai dalam masakan. Tapi tidak boleh salah, dibalik itu semua seledri mempunyai kandungan seperti klorin, inositol, asam lemak essensial, kalsium, dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan. Yang mana satu diantaranya bermanfaat sebagai obat tradisionil asam urat.

Langkah mengobati asam urat dengan seledri:

  • Siapkan kurang lebih 3-5 lembar daun seledri yang fresh
  • Rebus daun itu di dalam 100 mililiter air hingga mendidih
  • Saringlah lalu tuangkan di dalam gelas
  • Minum air rebusan daun seledri itu saat dingin minimum 1x satu hari.

Catatan: selainnya konsumsi rebusannya, Anda bisa juga memasukkan seledri di dalam tiap masakan.

3. Obat herbal asam urat daun sirsak

Daun sirsak sebagai salah satunya herbal yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang bisa keluarkan sampah metabolisme dari pada tubuh. Di mana salah satunya sampah itu adalah cholesterol dan asam urat terlalu berlebih. Disamping itu, kandungan anti-inflamasinya bermanfaat untuk kurangi ngilu karena asam urat. Obat tradisionil asam urat ini harus Anda coba.

Langkah menangani asam urat dengan daun sirsak:

  • Ambilah 5 helai daun sirsak yang masih terbilang muda
  • Yakinkan daun itu bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih
  • Nantikan sampai mendidih dan tersisa segelas air
  • Saring air rebusan daun itu lalu minumlah 1x satu hari

4. Obat asam urat daun brotowali

Daun brotowali sebenarnya telah semenjak sejak dahulu dikenali sebagai tanaman obat asam urat. Daun ini bukan hanya menurunkan ngilu, tetapi juga bermanfaat untuk memperlancar perputaran darah, mengontrol cholesterol pada tubuh, dan ada banyak kembali. Karena manfaatnya yang lumayan komplet tersebut daun brotowali kerap diekstrak dalam obat asam urat di apotek.

Langkah menyembuhkan asam urat dengan daun brotowali:

  • Siapkan sekitar 4 helai daun brotowali yang fresh
  • Rebus dalam 100 mililiter air sampai mendidih. Seterusnya saring.
  • Supaya rasanya tidak pahit, Anda dapat menambah madu atau perasan jeruk
  • Minumlah obat asam urat tradisionil ini sekitar 1x satu hari supaya manjur.

5. Obat asam urat kumis kucing

Tanaman kumis kucing memiliki kandungan orthoshiponin glikosida dan diuretik yang bisa menggairahkan pengeluaran asam urat lewat urin (kencing). Disamping itu, dia mempunyai kandungan sinsetin yang bisa menahan infeksi dan infeksi pada aliran kemih. Manfaat hebat berikut yang jadikan beberapa orang saat ini menanam tanaman kumis kucing di halaman.

Langkah menangani asam urat dengan kumis kucing:

  • Rabus lima daun kumis kucing dan lima ranting meniran sampai mendidih
  • Saring air rebusan itu dan saran di dalam gelas
  • Minumlah ramuan herbal asam urat ini dengan teratur 2x satu hari, yaitu sebelum dan setelah bangun tidur.

6. Obat asam urat bunga rosella

Nach jika untuk satu ini mungkin kedengar asing. Yap, bunga rosella. Bunga yang mempunyai warna merah ini rupanya memiliki kandungan protein essensial dan vitamin C yang bisa menolong menurunkan ngilu karena asam urat. Selain itu, dia memiliki kandungan asam amino arginia dan legnin yang bermanfaat untuk peremajaan beberapa sel yang baru. Berikut langkah membuat.

Langkah menyembuhkan asam urat dengan bunga rosella:

  • Siapkan bunga rosella yang telah kering sekitar 5 kelopak
  • Yakinkan bunga itu bersih, lalu seduh dengan 200 cc air
  • Tambah madu sebagai pemanis
  • Minumlah 1x satu hari sepanjang satu bulan untuk rasakan manfaatnya.

7. Pakai karbon aktif (arang aktif)

Masih sedikit yang tahu jika sebetulnya karbon aktif bisa mempernyerap asam urat. Senyawa aktif yang ada pada arang ini bisa mengikat asam urat terlalu berlebih, bahkan juga walau di luar badan. Hingga karbon aktif aman dipakai sebagai penyembuhan.

Selainnya berguna sebagai obat asam urat, Anda bisa juga memutihkan gigi dengan memakai arang ini. Secara lengkap baca di sini.

Langkah turunkan asam urat dengan karbon aktif:

  • Campur 1/2 cangkir bubuk arang aktif sama air sekedarnya sampai membuat adonan yang serupa pasta
  • Saran pasta arang barusan di dalam bak mandi dengan menambah air semakin banyak
  • Rendam anggota badan yang terserang asam urat sepanjang beberapa saat sampai sakit nyerinya cukup menyusut
  • Kerjakan kembali bila kiranya belum pulih.

Catatan: arang aktif benar-benar pas sebagai obat asam urat pada bagian kaki dan pergelangan tangan.

8. Baking soda

Pasien asam urat saat kumat tentu rasakan sakit ngilu (gout) yang tidak tertahan, khususnya pada bagian persendian. Nach untuk kuranginya Anda dapat memakai baking soda. Karakter anti-inflamasinya bisa kurangi dampak infeksi yang dikarenakan oleh asam urat. Tetapi untuk Anda yang berumur lebih dari 60 tahun, seharusnya tanyakan dahulu saat ingin memakainya.

Langkah menyembuhkan asam urat dengan baking soda:

  • Campur 1/2 sendok teh baking soda di dalam satu gelas air
  • Makanlah kombinasi ini sekitar 3x satu hari jangan lebih
  • Kerjakan terus dengan teratur sepanjang lebih kurang dua minggu.

9. Obat asam urat jahe

Jahe kemungkinan lebih Anda kenali sebagai rempah penghangat badan. Tetapi tahukah, sebetulnya jahe memiliki kandungan senyawa curcumin yang memiliki sifat anti-radang. Karakternya berikut yang dapat menolong hilangkan ngilu akibatnya karena asam urat. Bahkan juga jika dimakan teratur jahe bermanfaat untuk turunkan cholesterol.

Membuat obat asam urat dari jahe sangat gampang. Anda perlu konsumsi wedang jahe dengan teratur sebelum dan setelah bangun tidur. 

Langkah menyembuhkan asam urat dengan jahe:

  • Potong jahe kecil-kecil, lalu rebus hingga mendidih. 
  • Minumlah wedang jahe itu saat lagi masih hangat 2x satu hari untuk mendapat manfaatnya.

10. Apple Cinder Vinegar

Obat asam urat dan rematik selanjutnya adalah cuka sari apel. Selainnya bisa menyembuhkan sakit di kepala dan sakit di perut, keasaman yang ada pada cuka ini juga dapat menurunkan ngilu karena asam urat. Anda juga dapat menambah madu supaya mendapat manfaatnya lebih maksimal. 

Langkah menyembuhkan asam urat dengan apple cinder vinegar:

  • Campur satu sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter dalam satu gelas air
  • Tambah madu sekedarnya, lalu minumlah dua s/d 3x satu hari
  • Anda dapat meningkatkan jumlah dengan menambahkan cuka sari apel jika dalam tiga hari tidak ada peralihan.

11. Buah cherry

Siapa kira rupanya buah ceri bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat. Buah yang mempunyai rasa asam ini memiliki kandungan antosianin yang menurut riset bisa kurangi infeksi persendian. Bukan hanya hanya itu, ceri mempunyai kandungan anti-oksidan tinggi yang bisa tingkatkan mekanisme ketahanan tubuh kita. Hingga dengan sekali konsumsi saja kita memperoleh dua faedah sekalian.

Langkah menangani ngilu asam urat dengan ceri:

  • Untuk pasien asam urat dianjurkan supaya konsumsi 15 s.d 20 buah ceri dalam satu hari
  • Alternative lain yakni dengan minum satu gelas juice buah ceri saat sebelum tidur. Anda juga dapat menambah bawang cincang untuk hasil terbaik.

12. Juice lemon

Tahukah Anda jika juice lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi? Ya, selainnya bisa jaga mekanisme ketahanan tubuh, kandungan vitamin ini bisa juga menolong kurangi rasa ngilu karena radang persendian. Tetapi untuk mendapat hasil maksimal, seharusnya Anda tambah sedikit baking soda.

Langkah menyembuhkan asam urat dengan lemon:

  • Campur juice lemon dengan 1 1/2 sendok teh baking soda. Aduk sampai tercampur rata dan membuat adonan busa.
  • Diamkan beberapa menit sampai busa lenyap. Selanjutnya campur dengan satu gelas air. Langsung minum sampai habis.

Selainnya lemon, Anda bisa juga menukarnya dengan buah yang lain banyak vitamin C. baca secara lengkap pada makanan sumber vitamin C terbaik.

13. Buah apel

Apel dikenali sebagai buah yang mempunyai berjuta faedah, khususnya dalam soal kesehatan dan kecantikan. Menurut riset, kandungan asam malat tinggi yang berada di dalamnya bisa menetralisir asam urat terlalu berlebih pada tubuh.

Beberapa pakar merekomendasikan supaya kita konsumsi apel sesudah makan. Hingga kandungan purin dari makanan yang kita makan dapat dinetralkan. Tetapi bila Anda tidak sukai makan apel langsung, juga bisa dengan konsumsi juice apelnya.

14. Obat asam urat alami dari madu

Madu sebagai minuman ajaib yang bisa kembalikan mekanisme ketahanan tubuh. Nilai nutrisi komplet di dalamnya bisa menolong menangani beragam jenis penyakit, terhitung satu diantaranya asam urat. Madu akan mendetoksi purin terlalu berlebih lewat urine atau air kencing. Tetapi agar hasilnya optimal, seharusnya racik obat herbal asam urat satu ini secara benar.

Langkah menyembuhkan asam urat dengan madu alami:

  • Siapkan madu dan buah nanas sekedarnya
  • Lumatkan nanas dengan memakai jus tanpa tambahan air dan pemanis
  • Tambah madu di dalam juice nanas itu sekedarnya
  • Minumlah juice nanas yang digabung madu itu tiap hari min 1x.

15. Obat herbal asam urat teh hijau

Mulai saat ini coba tukar teh hitam yang umum Anda minum dengan teh hijau. Menurut riset di Harvard University, teh hijau memiliki kandungan anti-oksidan yang berulang-kali lipat semakin tinggi dibanding dengan obat herbal yang lain. Selainnya anti-oksidan, ada juga zat-zat bermanfaat lain seperti polifenol, vitamin C, dan vitamin E yang bagus untuk pergantian sel baru.

Ada banyak faedah teh hijau yang dapat kita dapatkan. Dimulai dari kurangi asam urat, cholesterol, sampai turunkan berat tubuh. Bahkan juga riset terkini menunjukkan, teh hijau bisa kurangi resiko kanker sejumlah 20 %. Oleh karenanya, tidak ada kelirunya konsumsi minuman herbal ini dengan teratur sehari-harinya.

Post a Comment for " 15 Obat Asam Urat Herbal Tradisional "