Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Makanan Memiliki serat Tinggi untuk Sehatkan Pencernaan Anda

 


Serat terbagi dalam selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang tidak bisa diolah oleh mekanisme pencernaan dan nilai gizinya pun tidak diakui. Meski begitu, serat diperlukan oleh tiap orang.

Serat bisa membuat waktu pengosongan lambung jadi lebih panjang. Serat menolong pencernaan dalam usus dengan memacu pelepasan hormon intestinal, zat besi, kalsium, dan zat organik yang diperlukan dalam pencernaan.

Bukan itu saja, serat berperan sebagai pencegah kanker kolon karena mempernyerap air dalam kolon hingga membuat feses jadi gampang dikeluarkan.

Sayang, beberapa orang yang kurang memerhatikan konsumsi serat untuk kesehatannya. Walau sebenarnya, makanan kaya serat itu gampang didapatkan pada harga yang relatif dapat dijangkau.

Makanan berserat tinggi yang bisa sehatkan pencernaan:

1. Apel

Apel terhitung salah satunya makanan dengan serat tinggi yang memiliki kandungan hemiselulosa pada daging buahnya dan pektin pada kulitnya.

Sebaiknya Anda makan apel sekalian dengan kulitnya (tentunya bersihkan apel lebih dulu saat sebelum dikonsumsi). Dengan makan apel bersama dengan kulitnya, serat yang Anda peroleh akan sama dengan 2x semakin banyak dibanding dengan bila kulitnya tidak dikupas.

Apel sebagai salah satunya tipe buah yang paling cocok untuk dimakan saat pagi hari, karena bisa bersihkan usus dan menambahkan energi untuk melakukan aktivitas.

Pektin di kulit apel berguna untuk membenahi otot pencernaan yang hancur dan memperlancar ekskresi tersisa makanan berbentuk feses. Serat pada apel dikenal juga berguna untuk turunkan berat tubuh 

2. Pisang

Pisang sebagai buah yang tumbuh baik di tempat tropis dan termasuk juga makanan memiliki serat tinggi. Ada beragam jenis tipe pisang di Indonesia, seperti pisang kepok, pisang raja, pisang ambon, dan lain-lain.

Pisang memiliki kandungan lumayan banyak vitamin C dan vitamin B6, dan zat bergizi yang perlu untuk aliran pencernaan.

Pada umumnya, dalam 100 g pisang terdapat serat sekitar 2,6 gr. Dalam sebuah riset, serat pektin yang ada dalam pisang semakin banyak dibanding apel.

Serat dalam pisang sanggup perkuat beberapa sel lambung. Serat yang berbentuk hemiselulosa dalam pisang dapat menolong turunkan kandungan cholesterol yang pada akhirannya sehatkan jantung.

3. Brokoli

Brokoli sebenarnya sebagai segerombolan bunga warna hijau yang bisa dikonsumsi. Brokoli banyak diproses dengan direbus, dikukus, dan ditumis. Sayur fresh ini termasuk juga makanan kaya serat yang bagus untuk dimakan. Dalam 100 g brokoli, ada serat beberapa 0,5-2,6 gr.

Brokoli memiliki kandungan serat pektin khusus, yakni kalsium pektat. Serat pada brokoli ini benar-benar menolong pengikatan asam empedu, hingga cholesterol ketahan dan pelepasan cholesterol ke saluran darah juga turun.

Beragam riset mengatakan jika orang yang konsumsi brokoli akan membuat lancar proses detoksifikasi dengan tingkatkan enzim yang membuat zat metabolit yang selanjutnya gampang dikeluarkan pada pembuangan ginjal dan usus.

4. Alpukat

Makanan memiliki serat tinggi yang lain yang penting Anda kenali adalah buah alpukat. Alpukat banyak juga dijumpai di Indonesia, dan umum dibuat jadi beragam sajian seperti es campur, atau dibikin juice.

Alpukat memiliki kandungan banyak gizi yang berguna untuk badan, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin K, folat, dan kalium.

Buah alpukat dikenali sebagai buah yang memiliki kandungan lemak, tetapi tidak boleh cemas karena lemak ini ialah lemak tak-jenuh yang bagus dan tidak beresiko untuk badan. Bahkan juga malah serat pada alpukat bisa dibuktikan bisa turunkan kandungan cholesterol dan turunkan resiko penyakit jantung.

Dalam sebuah alpukat, bisa terdapat sekitaran 11 gr serat, atau 1/2 dari jumlahnya serat yang penting diasup badan dalam kurun waktu sehari.

5. Pir

Buah dengan struktur daging seperti apel ini kaya serat untuk keperluan setiap hari. Buah pir memiliki kandungan vitamin C dan K, asam lemak omega-6 dan kalium. Buah yang ini renyah, manis, fresh dan sedap, bisa langsung dimakan atau dibuat jadi es buah.

Serat yang terdapat dalam buah berpikir sejumlah sekitaran 9.9 gr per buah memiliki ukuran sedang. Karena memiliki kandungan asam lemak omega-6, buah pir berguna juga pada kesehatan sel badan, otak, dan jaringan saraf.

6. Buah-Buahan Keluarga Berry

Raspberry (prambos) , blackberry, dan blueberry termasuk juga pada makanan yang memiliki kandungan serat tinggi. Buah prambos memiliki kandungan sekitaran 8 gr serat, yang mengandung vitamin A, C, E, K, dan folat. Dan buah blackberry memiliki kandungan 7,6 gr serat dalam 100 g.

Kandungan penting yang lain dalam blackberry adalah vitamin K yang berguna dalam tingkatkan massa tipe tulang. Dan pada buah prambos ada zat mangan yang menolong perkuat tulang, sehatkan kulit, dan jaga kandungan gula darah masih tetap konstan.

7. Daging Kelapa

Daging kelapa memiliki kandungan serat sekitar 7,2 gr per 100 g. Jumlah ini 4-6 kali semakin banyak dibanding dengan serat yang dipunyai oleh gandum. Orang yang konsumsi kelapa dengan teratur semakin lebih kecil peluangnya terserang cholesterol tinggi atau penyakit jantung.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar terhitung pada makanan yang mempunyai serat lumayan tinggi. Di Indonesia, ubi jalar banyak dibuat di wilayah Cilembu, tetapi ada beragam tipe varietas ubi jalar seperti ubi jalar lampeneng, sawo, rambo, gedang, pijakk, dan sebagainya.

Dalam 100 g daging ubi jalar terdapat sekitaran 3,3 gr serat, 21 gr karbohidrat, 2 gr protein, 8,4 gr gula, dan 90 kalori.

Ubi jalar sebagai sumber serat yang aman untuk pasien diabetes karena kandungan gulanya cukup rendah dan termasuk karbohidrat type low glycemic indeks, yang bila dimakan tidak membuat gula darah bertambah mencolok.

Serat yang ada dalam ubi jalar akan teresap dalam usus lembut dan alami peragian dalam usus besar, hingga menggairahkan perkembangan bakteri baik yang tingkatkan peresapan nutrisi makanan.

9. Kacang Hijau

Kacang hijau terhitung pada makanan kaya serat yang banyak juga diketemukan di Indonesia, dan umumnya diproses dengan santan jadi bubur kacang hijau.

Kandungan serat dalam kacang hijau bisa capai 7,6 gr per 100 g. Dengan konsumsi 100 g kacang hijau memiliki arti Anda telah penuhi sekitaran 30% keperluan serat harian. Serat dalam kacang hijau berguna dalam memperlancar aliran pencernaan, turunkan kandungan cholesterol, dan menahan sembelit.

10. Kacang Merah

Kandungan serat pada kacang merah kurang lebih sama dengan serat yang terdapat di dalam kacang hijau. Kacang merah memiliki kandungan protein tinggi, bebas cholesterol, dan bisa turunkan kandungan cholesterol jahat (LDL).

Kacang merah memiliki kandungan leusin yang disebut protein yang perlu untuk perkembangan anak-anak dan dapat membuat protein otot untuk orang dewasa.

Seperti Anda baca, ke-10 makanan memiliki serat tinggi di atas gampang dijumpai dalam kehidupan setiap hari. Maka dari itu, makanlah beberapa makanan itu tiap hari hingga Anda terbebas dari peningkatan berat tubuh, sembelit, dan masalah pencernaan yang lain. Selamat konsumsi makanan memiliki serat!

Post a Comment for "10 Makanan Memiliki serat Tinggi untuk Sehatkan Pencernaan Anda"