Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pencegahan Asma

Tips-Pencegahan-Asma

Jika Anda menderita asma, Anda perlu melakukan apa yang Anda bisa untuk mengurangi paparan pemicu asma. Itu dimulai dengan mengetahui apa yang menyebabkan Anda batuk, mengi dan sesak napas. Meskipun tidak ada obatnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengendalikan asma dan mencegah serangan.

 

1. Identifikasi Pemicu Asma

Pemicu asma tertentu dapat memicu serangkaian gejala asma. Ini termasuk:

  • Polusi udara
  • Alergi
  • Udara dingin
  • Virus pilek atau flu
  • Latihan
  • Radang dlm selaput lendir
  • Merokok
  • Wewangian

Sangat penting untuk belajar mengidentifikasi pemicu asma Anda dan mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya.

Catat gejala Anda dalam buku harian asma selama beberapa minggu. Perinci semua hal lingkungan dan emosional yang memengaruhi asma Anda. Ketika Anda mengalami serangan asma, periksa buku harian untuk melihat hal mana, atau kombinasi dari hal-hal yang mungkin menyebabkannya. Beberapa pemicu asma yang umum, seperti jamur dan kecoak, tidak selalu terlihat jelas. Tanyakan kepada spesialis asma Anda tentang tes untuk menemukan alergen yang Anda tanggapi. Kemudian ambil langkah untuk menghindarinya.

Jika Anda menderita asma akibat olahraga, sedang merencanakan olahraga berat, atau berencana berolahraga di udara dingin, lembab, atau kering, ambil langkah-langkah untuk mencegah serangan asma. Ikuti saran dokter tentang pengobatan asma (biasanya dengan menggunakan inhaler asma yang mengandung obat albuterol sebelum Anda berolahraga).

 

2. Jauhi Alergen

Jika Anda memiliki alergi dan asma, penting untuk menjaga jarak dari alergen (hal-hal yang membuat Anda alergi). Paparan alergen dapat meningkatkan peradangan di saluran udara Anda untuk sementara waktu, membuat serangan lebih mungkin terjadi.


3. Hindari Asap Jenis Apapun

Asap dan asma adalah campuran yang buruk. Batasi paparan semua sumber asap, termasuk tembakau, dupa, lilin, api, dan kembang api. Jangan biarkan merokok di rumah atau mobil Anda, dan hindari tempat umum yang mengizinkannya. Jika Anda merokok, dapatkan bantuan untuk berhenti. Merokok selalu memperburuk asma.

 

4. Mencegah Pilek

Lakukan apa yang Anda bisa untuk tetap baik. Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang pilek atau flu, karena tertular akan memperparah gejala asma Anda. Cuci tangan Anda dengan baik jika Anda menangani barang-barang yang mungkin telah disentuh seseorang dengan infeksi pernapasan.


5. Rumah Anda Anti Alergi

Baik Anda di rumah, bekerja, atau bepergian, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi lingkungan Anda dari alergi dan menurunkan kemungkinan serangan asma. Jangan makan di restoran yang berasap atau mengizinkan merokok. Pesan kamar hotel bebas rokok. Jika bisa, bawalah tempat tidur dan bantal sendiri jika hotel hanya menyediakan bantal bulu dan selimut bulu angsa. Mereka dapat menampung tungau debu dan menyebabkan gejala asma.

 

6. Dapatkan Vaksinasi Anda

Dapatkan suntikan flu setiap tahun untuk melindungi dari virus flu, yang dapat memperburuk asma Anda selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Asma membuat Anda lebih mungkin mengalami komplikasi flu, seperti pneumonia, dan dirawat di rumah sakit karenanya. Siapa pun yang berusia di atas 19 tahun harus mendapatkan suntikan pneumonia (disebut Pneumovax) setiap 5 hingga 10 tahun sekali. Anda juga memiliki peluang lebih tinggi terkena pneumonia pneumokokus, jenis pneumonia bakteri yang umum. Dan Anda memerlukan vaksin Tdap untuk melindungi Anda dari tetanus, difteri, dan batuk rejan, bersama dengan vaksin zoster agar Anda tetap aman dari herpes zoster.

 

7. Pertimbangkan Suntikan Alergi Imunoterapi

Jika dokter Anda menemukan bahwa Anda memiliki alergi, suntikan alergi (imunoterapi) dapat membantu mencegah gejala alergi dan mencegah asma Anda semakin parah. Dengan suntikan alergi, dokter menyuntikkan alergen dosis kecil di bawah kulit Anda secara teratur. Seiring waktu, tubuh Anda mungkin terbiasa dengan alergen dan kurang merespons saat Anda terpapar. Ini dapat membantu menjaga asma Anda terkendali.


8. Minum Obat Asma Sesuai Resep

Obat asma jangka panjang dirancang untuk mencegah gejala dan serangan. Anda perlu meminumnya setiap hari, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala. Mereka akan meredakan peradangan di saluran udara Anda dan mengendalikan asma Anda, sehingga kecil kemungkinannya untuk kambuh. Jika efek samping mengganggu Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang beralih ke pengobatan lain.

 

9. Ikuti Rencana Tindakan Asma Anda

Minum obat Anda, bahkan ketika Anda merasa baik-baik saja. Jauhkan inhaler pada Anda. Jika Anda melihat gejala, periksa rencana Anda untuk instruksi tentang obat apa yang harus diminum. Selama serangan, rencana tersebut dapat memberi tahu Anda obat-obatan apa yang akan membantu dan kapan saatnya untuk memanggil dokter.

 

10. Gunakan Pengukur Aliran Puncak Rumah

Meteran menunjukkan seberapa baik udara bergerak melalui paru-paru Anda. Selama serangan, saluran udara Anda menyempit. Meteran dapat memberi tahu Anda bahwa ini terjadi beberapa jam atau hari sebelum Anda memiliki gejala apa pun. Ini memberi Anda waktu untuk minum obat yang tercantum dalam rencana perawatan Anda dan mungkin menghentikan serangan sebelum dimulai.

Post a Comment for "Tips Pencegahan Asma"