Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Disebut juga: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ringkasan

Lebih dari 1 dari 3 orang dewasa di AS memiliki tekanan darah tinggi, atau hipertensi. Banyak dari orang-orang itu tidak tahu bahwa mereka memilikinya, karena biasanya tidak ada tanda-tanda peringatan. Ini bisa berbahaya, karena tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa seperti serangan jantung atau pukulan. Kabar baiknya adalah Anda sering dapat mencegah atau mengobati tekanan darah tinggi. Diagnosis dini dan perubahan gaya hidup sehat jantung dapat menjaga tekanan darah tinggi agar tidak merusak kesehatan Anda secara serius.

 

Apa itu tekanan darah?

Tekanan darah adalah kekuatan darah Anda mendorong dinding arteri Anda. Setiap kali jantung Anda berdetak, ia memompa darah ke arteri. Tekanan darah Anda tertinggi saat jantung Anda berdetak, memompa darah. Ini disebut tekanan sistolik. Saat jantung Anda beristirahat, di antara detak, tekanan darah Anda turun. Ini disebut tekanan diastolik.

Pembacaan tekanan darah Anda menggunakan dua angka ini. Biasanya angka sistolik muncul sebelum atau di atas angka diastolik. Misalnya, 120/80 berarti sistolik 120 dan diastolik 80.

Bagaimana tekanan darah tinggi didiagnosis?

Tekanan darah tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala. Jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memilikinya adalah dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur dari penyedia layanan kesehatan Anda. Penyedia Anda akan menggunakan pengukur, stetoskop atau sensor elektronik, dan manset tekanan darah. Dia akan mengambil dua atau lebih pembacaan pada janji terpisah sebelum membuat diagnosis.

Kategori Tekanan Darah

Tekanan darah sistolik

Tekanan Darah Diastolik

Normal

Kurang dari 120

dan

Kurang dari 80

Tekanan Darah Tinggi (tidak ada faktor risiko jantung lainnya)

140 atau lebih tinggi

atau

90 atau lebih tinggi

Tekanan Darah Tinggi (dengan faktor risiko jantung lainnya, menurut beberapa penyedia)

130 atau lebih tinggi

atau

80 atau lebih tinggi

Tekanan darah tinggi yang berbahaya - segera cari perawatan medis

180 atau lebih tinggi

dan

120 atau lebih tinggi

 

Untuk anak-anak dan remaja, penyedia layanan kesehatan membandingkan pembacaan tekanan darah dengan apa yang normal untuk anak-anak lain yang memiliki usia, tinggi, dan jenis kelamin yang sama.

orang dengan diabetes atau penyakit ginjal kronis harus menjaga tekanan darah mereka di bawah 130/80.

 

Siapa yang berisiko terkena tekanan darah tinggi?

Siapa pun dapat mengembangkan tekanan darah tinggi, tetapi ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko Anda:

·         Usia- Tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia

·         Ras/Etnis- Tekanan darah tinggi lebih sering terjadi pada orang dewasa Afrika-Amerika

·         Bobot- Orang yang kelebihan berat badan atau memiliki obesitas lebih mungkin untuk mengembangkan tekanan darah tinggi

·         Seks- Sebelum usia 55 tahun, pria lebih mungkin terkena tekanan darah tinggi daripada wanita. Setelah usia 55, wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengembangkannya.

·         Gaya hidup- Kebiasaan gaya hidup tertentu dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, seperti makan terlalu banyak natrium (garam) atau tidak cukup kalium, kurang olahraga, minum terlalu banyak alkohol, dan merokok.

·         Sejarah keluarga- Riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi

 

Bagaimana saya bisa mencegah tekanan darah tinggi?

Anda dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dengan memiliki gaya hidup sehat. Ini berarti:

·         Makan makanan yang sehat. Untuk membantu mengelola tekanan darah Anda, Anda harus membatasi jumlah sodium (garam) yang Anda makan dan tingkatkan jumlahnya kalium dalam diet Anda. Penting juga untuk makan makanan yang lebih rendah lemak, serta banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Itu Rencana makan DASH adalah contoh rencana makan yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah.


·         Mendapatkan olahraga teratur.Olahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan tekanan darah. Anda harus mencoba melakukan latihan aerobik intensitas sedang setidaknya 2 setengah jam per minggu, atau latihan aerobik intensitas tinggi selama 1 jam 15 menit per minggu. Latihan aerobik, seperti jalan cepat, adalah latihan di mana jantung Anda berdetak lebih keras dan Anda menggunakan lebih banyak oksigen daripada biasanya.


·         Berada pada berat badan yang sehat.Kelebihan berat badan atau memiliki kegemukan meningkatkan risiko Anda untuk tekanan darah tinggi. Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya.


·         Membatasi alkohol.Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Ini juga menambah kalori ekstra, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Pria seharusnya tidak lebih dari dua minuman per hari, dan wanita hanya satu.


·         Tidak merokok.Merokok sigaret meningkatkan tekanan darah Anda dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk serangan jantung dan stroke. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Jika Anda merokok, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menemukan cara terbaik bagi Anda untuk berhenti  

.

·         Mengelola stres.Belajar bagaimana untuk bersantai dan mengelola menekankan dapat meningkatkan kesehatan emosional dan fisik dan menurunkan tekanan darah tinggi. Teknik manajemen stres termasuk berolahraga, mendengarkan musik, fokus pada sesuatu yang tenang atau damai, dan bermeditasi.

Jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, penting untuk mencegahnya menjadi lebih buruk atau menyebabkan komplikasi. Anda harus mendapatkan perawatan medis secara teratur dan mengikuti rencana perawatan yang ditentukan. Rencana Anda akan mencakup rekomendasi kebiasaan gaya hidup sehat dan mungkinobat.

 

Post a Comment for "Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi"