Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Langkah Menuju Gaya Hidup Sehat

14-Langkah-Menuju-Gaya-Hidup-Sehat

Ini adalah mitos umum bahwa menjadi bugar hanya tentang makan sehat dan berolahraga. Pada kenyataannya, menciptakan gaya hidup sehat dan mempertahankannya bukan hanya tentang dua faktor itu—tetapi juga tentang mampu menjaga sikap positif, kesehatan mental yang kuat, dan citra diri yang sehat. Meskipun ada banyak saran di luar sana tentang cara mencapai gaya hidup sehat, berikut adalah beberapa faktor utama yang perlu diingat:

1. Minum lebih banyak air.

Sebagian besar dari kita tidak minum cukup air setiap hari, tetapi sangat penting bagi tubuh kita untuk bekerja dengan baik. Air mutlak diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh kita, membuang limbah, dan mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena air dikeluarkan setiap hari melalui buang air kecil, buang air besar, keringat dan pernapasan, kita perlu mengisi kembali jumlah air dalam tubuh kita secara konstan. Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor, tetapi umumnya rata-rata orang dewasa membutuhkan dua hingga tiga liter sehari. Cara yang baik untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan cukup air adalah dengan urin Anda — yang seharusnya tidak berwarna atau kuning pucat.

2. Tidur yang cukup.

Saat Anda tidak tidur, Anda cenderung makan lebih banyak. Biasanya hanya makanan cepat saji.

3. Latihan.

Bukan hanya beberapa kali seminggu, tapi setiap hari. Dengan menggerakkan tubuh Anda dalam beberapa cara selama 30 menit sehari, Anda akan menurunkan risiko penyakit, menciptakan kepadatan tulang yang lebih tinggi dan berpotensi meningkatkan rentang hidup Anda.

4. Makan lebih banyak buah dan sayuran.

Semua buah dan sayuran membawa vitamin dan mineral, komponen penting untuk kesehatan Anda. Disarankan agar kita mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur per hari untuk menjaga kesehatan.


5. Makan pelangi.

Pilih makanan berwarna cerah di lorong produk. Ini tinggi antioksidan (antioksidan menghilangkan radikal bebas dalam tubuh kita yang merusak sel-sel kita) dan membuat piring lebih menarik. Berikut adalah beberapa contoh yang harus diperhatikan:
• Putih (Pisang, Jamur)
• Kuning (Nanas, Mangga)
• Jeruk (Jeruk, Pepaya)
• Merah (Apel, Stroberi, Tomat, Semangka)
• Hijau (Jambu, Alpukat, Mentimun, Selada, Seledri)
• Ungu/Biru (Blackberry, Terong, Plum)


6. Kurangi makanan olahan.

Makanan olahan sama sekali tidak baik untuk Anda. Sebagian besar nilai gizi hilang dalam pembuatan makanan olahan dan bahan pengawet yang ditambahkan buruk bagi kesehatan kita. Makanan ini mengandung jumlah garam yang tinggi, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Secara umum, semakin banyak bahan pada label, semakin banyak barang yang diproses.


7. Hindari orang-orang negatif dalam hidup Anda.

Mentalitas positif adalah kunci untuk hidup sehat. Anda tidak perlu hal-hal negatif dalam hidup Anda. Jika Anda merasa bahwa seseorang atau teman itu negatif, biarkan saja dia pergi.


8. Hindari hal-hal negatif dalam diri Anda.

Anda juga tidak membutuhkan hal-hal negatif dari diri Anda sendiri. Buang semua pikiran negatif dalam diri Anda. Makan berlebihan cenderung terjadi ketika seseorang merasa tidak bahagia, jadi dengan tetap berpikiran positif, Anda menghilangkan ketergantungan yang tidak sehat pada makanan untuk menjadi bahagia.


9. Hindari makanan pemicu.

Ini adalah makanan yang tidak bisa Anda habiskan setelah satu gigitan. Makanan pemicu setiap orang berbeda, tetapi biasanya terdiri dari permen, cokelat, keripik, kue, atau apa pun dengan kadar gula, garam, lemak, atau tepung rafinasi yang tinggi.


10. Luangkan waktu Anda untuk makan.

Otak Anda, bukan perut Anda, adalah organ yang bertanggung jawab atas rasa lapar dan kenyang. Jika Anda meluangkan waktu selama makan dan makan lebih lambat, Anda memberikan waktu yang cukup bagi otak Anda untuk mengirim pesan "penuh" ke perut Anda dan membiarkan makanan Anda tertelan sepenuhnya. Jangan mengandalkan piring bersih untuk memberi tahu Anda kapan saatnya berhenti makan.


11. Siapkan makanan Anda.

Saat Anda menyiapkan makanan sendiri, Anda mengontrol dengan tepat apa yang masuk ke dalamnya. Ini memudahkan Anda untuk membuat pilihan sehat yang tepat untuk tubuh Anda.


12. Bergerak menuju alternatif rendah kalori dan rendah lemak.

Ada banyak alternatif rendah lemak atau non-lemak yang tersedia di semua toko kelontong. Cobalah mengganti staples pantry penuh lemak Anda dengan versi rendah lemak selama periode waktu tertentu.

13. Berhenti merokok.

Merokok itu buruk, titik. Jika Anda seorang perokok, berhentilah demi kesehatan yang lebih baik—bukan hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan teman Anda. Jika Anda tidak merokok, tetaplah seperti itu


14. Siapkan camilan sehat.

Makan makanan kecil sepanjang hari baik untuk metabolisme Anda, tetapi makan dengan benar adalah yang paling penting. Saat beralih ke camilan di siang hari, carilah hal-hal seperti buah, salad, atau jus segar bukan dari konsentrat. Ini adalah nutrisi dan tidak akan memberi Anda gula.

 

 

Post a Comment for "14 Langkah Menuju Gaya Hidup Sehat"