Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menahan lebih bagus dibanding menyembuhkan

Bulan akhir lalu, saat bawa anjing saya jalanan, saya dengar suara angsa Tundra yang akrab dan berlainan di atas kepala.

Mereka cantik untuk disaksikan, tapi sebagai pengingat jika dengan kembalinya mereka, hadirlah teror penyakit untuk industri unggas.

Banyak wilayah di propinsi ini tawarkan 'perhentian' atau komunitas musim semi yang prima untuk burung migran dan unggas air yang kembali sesudah habiskan musim dingin di selatan tepian.

Sayang, tempat pertanian dan wilayah perdesaan mengundang burung-burung ini dengan sediakan ruangan terbuka yang luas dengan kubangan air dari salju yang mencair dan hujan awalnya musim semi, dan burung-burung akan bergabung dengan jumlah besar.

Bila mereka simpan strain virus flu burung (AI) dan habiskan waktu di dekat sarana unggas atau tempat tempat unggas dipiara, resiko penyebaran akan bertambah.


Untuk argumen ini, pemerintahan federasi AS dan Kanada mempunyai program pemantauan burung liar, yang baik pada mengetahui tipe AI yang mana tersebar dan memberi perincian lokasi unggas yang ditest positif hingga industri unggas komersil di wilayah itu bisa siaga. Virus ini epidemik di mayoritas unggas air dan spesies burung yang lain, jadi bukanlah hal yang aneh bila test positif tiap tahun.

Ini tak berarti jika virus akan membuat lompatan ke sarana unggas komersil, atau temanan 'halaman belakang'. Tetapi, dalam sekian tahun, AI nampaknya membuat lompatan ini secara mudah, dan 2022 ialah satu diantaranya.

Tersebut kenapa penting untuk mempunyai gagasan biosekuriti yang bagus, dan masih tetap siaga dengan pastikan jika tiap orang yang bekerja atau tiba ke peternakan Anda ikuti prosedur yang ketat dan jika alat perlindungan diri (APD) selalu ada dan ada.


Saat saya menulis ini di awal April, ada enam lokasi yang diverifikasi di Ontario dengan strain AI (HPAI) yang paling bakteri, empat temanan unggas komersil dan dua temanan halaman belakang, dan tiga temanan komersil yang diduga menanti hasil pengetesan sah dari Makanan Kanada. Tubuh Peninjauan (CFIA).

Semenjak akhir Desember 2021 dan saat kolom ini dicatat, Kanada sudah alami 12 pandemi terverifikasi HPAI pada temanan unggas di Newfoundland, Nova Scotia, dan Ontario.

Menurut Penyempurnaan Flu Burung Global dari Pusat Instruksi Papan Bulu-bulu (FBCC), HPAI sudah diverifikasi di ke-4 lajur terbang migrasi Amerika Utara di tahun 2022. Macamnya ialah H5N1, yang mencemaskan karena tipe ini bisa mematikan untuk manusia bila spesies melonjak. FBCC menulis jika tipe virus flu burung H5N1 ini nampaknya membutuhkan jumlah infektif yang paling rendah, benar-benar gampang menyebar dan begitu membahayakan untuk semua unggas.

CFIA sudah membuat zone gerakan teratasi, seperti praktek normal untuk menahan gerakan orang dan produk yang menebarkan virus selanjutnya, tapi "walau ada tanggapan dan perlakuan pengaturan yang cepat, virus ini ada di tempat yang menyebar luas," kata FBCC dalam laporannya..

Salah satunya dari banyak pelajaran yang sudah didalami dari pandemi AI awalnya di Amerika Utara ialah jika manusia sebagai kontribusi yang berarti pada penebaran AI sesudah masuk sarana unggas.

Industri unggas di Kanada lebih siap dibanding industri peternakan yang lain dalam soal biosekuriti dan pahami keutamaan. Industri unggas di British Columbia alami salah satunya pandemi AI terjelek di Amerika Utara pada musim semi tahun 2004, dan dewan bulu-bulu propinsi dan federasi dan pemerintahan mempunyai waktu nyaris dua dasawarsa untuk belajar pengalaman dari itu.


FBCC merekomendasikan produsen unggas untuk siaga pada "tiap tempat di mana unggas bisa langsung atau mungkin tidak langsung bersinggungan dengan kotoran unggas air yang lakukan migrasi. Saat ini waktunya untuk semua pemilik unggas untuk pastikan jika prosedur biosekuriti dan sanitasi yang tinggi selalu dituruti secara detail."

Walau ada banyak yang perlu didalami berkenaan dengan bagaimana virus menebar dan mengontaminasi unggas, biosekuriti masih sebagai wujud penangkalan terbaik. Tidak ada seorang juga di industri ini yang ingin ternak mereka dihancurkan, dan hadapi imbas perdagangan yang disebabkannya.

Post a Comment for "Menahan lebih bagus dibanding menyembuhkan"