Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Mangga: Informasi Pohon Mangga dan Panduan Perkebunan

Budidaya-Mangga:-Informasi-Pohon-Mangga-dan-Panduan-Perkebunan

Itu selalu menyenangkan untuk melihat mangga matang, kuning, aromatik menumpuk di pasar di tengah panas terik. Mangga manis di tenggorokan yang kering terasa menyegarkan dan menyejukkan. Budidaya mangga adalah proyek yang menguntungkan karena mungkin diperlukan waktu 5-8 tahun untuk mulai menghasilkan buah tetapi akan melakukannya selama beberapa abad berikutnya atau sampai pohon ditebang- mana yang lebih dulu.

Informasi Pohon Mangga

mangga, atauMangifera indica adalah pohon asli India. Tumbuh dari biji dan pohon dapat tumbuh hingga 10-40 meter. Pohon mangga selalu hijau dengan kanopi membulat. Akarnya panjang dan tidak bercabang dan panjangnya mencapai 8 meter. Daun memiliki serangkaian fitur menarik untuk diperhatikan. Warna daun muda bervariasi antar varietas. Mereka umumnya berwarna merah kecokelatan, coklat kekuningan atau merah muda saat muda. Mereka menjalani serangkaian warna yang berbeda saat mereka tumbuh dan akhirnya berwarna hijau tua saat dewasa. Buahnya berdaging, berserat, dan memiliki ciri 'paruh' yang merupakan tonjolan kecil berbentuk kerucut- ciri khusus mangga. Keunggulan proyeksi bervariasi antara varietas.

 

Kondisi Ideal untuk Budidaya Mangga

Mangga adalah buah subtropis dan tumbuh di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Dua faktor yang paling berperan dalam budidaya mangga adalah iklim dan tanah. Keduanya mendominasi kualitas buah mangga dan masa depan pertanian mangga.

Iklim untuk Budidaya Mangga

Meskipun mangga dapat tumbuh di berbagai iklim, ia dapat tumbuh paling baik di kondisi iklim tropis dan subtropis. Mereka membutuhkan curah hujan yang baik selama periode pertumbuhan dan musim kering selama periode berbunga. Dengan kata lain, dibutuhkan curah hujan yang baik pada bulan Juni hingga Oktober dan musim kemarau pada bulan November. Curah hujan, tingkat kelembaban yang tinggi atau embun beku selama periode berbunga dapat menghambat proses pembentukan bunga.

Musim Perkebunan Pohon Mangga

Biasanya, waktu penanaman bibit mangga berbeda-beda meskipun tergantung pada jumlah curah hujan yang diterima daerah tersebut. Mereka ditanam pada akhir musim hujan di tempat-tempat yang curah hujannya cukup. Penanaman dilakukan selama bulan Februari dan Maret di daerah irigasi. Terakhir, di lahan tadah hujan, penanaman dilakukan pada bulan Juli-Agustus.

Tanah untuk Budidaya Pohon Mangga

Mangga tumbuh dengan baik di semua jenis tanah. Namun, persyaratan tanah utama adalah bahwa mereka harus dikeringkan dengan baik dan dalam. Tanah merah dan lempung adalah yang paling ideal untuk budidaya mangga. Namun, di India, mereka dapat tumbuh di tanah aluvial, tanah liat atau laterit. Tanah harus memiliki kandungan organik yang kaya dan harus memiliki kemampuan menahan air yang baik. Tanah yang tidak memiliki fasilitas drainase yang baik tidak ideal untuk perkebunan mangga. Mereka tumbuh di dataran daripada di bukit. Budidaya di daerah perbukitan dapat menghasilkan hasil yang sangat rendah karena drainase dan kondisi iklim tidak cocok untuk budidaya mangga. Tanah dengan jumlah besi peroksida yang baik dan 5-10% kapur sangat ideal untuk menghasilkan buah mangga dengan kualitas terbaik. Buah yang dihasilkan dalam kondisi tanah seperti itu memiliki semburat merah cerah.

pH Diperlukan untuk Budidaya Mangga

Mangga tidak dapat mentolerir alkalinitas sementara ia dapat tumbuh di tanah asam ringan. Oleh karena itu, pH antara 4,5 dan 7,0 lebih disukai untuk budidaya mangga. Tanah terkadang dicampur dengan lumut gambut setahun sebelum penanaman pohon mangga untuk meningkatkan keasaman tanah.

Air untuk Budidaya Mangga

Kebutuhan irigasi tanaman mangga tergantung pada iklim dan tanah daerah budidaya. Tanah dengan kapasitas retensi air yang baik membutuhkan irigasi yang lebih sedikit sedangkan tanah liat tidak membutuhkan irigasi sama sekali. Anakan mangga perlu sering disiram sampai mereka tumbuh dengan baik. Ini juga membantu mendorong pertumbuhan tanaman yang kuat. Setelah terbentuk yaitu setelah periode 6 bulan, mereka diairi setiap 10-15 hari sekali. Itu harus ditingkatkan dalam kasus tanah dengan kapasitas drainase yang baik. Irigasi juga harus dilakukan selama musim dingin untuk menghindari anakan terkena embun beku. Biasanya dihentikan 2-3 bulan sebelum berbunga karena dapat meningkatkan pertumbuhan vegetatif selama periode pembungaan yang secara tidak langsung mempengaruhi hasil buah.

Tumpangsari di Perkebunan Mangga

Perkebunan mangga mengikuti sistem tumpang sari di mana tanaman berumur pendek seperti sayuran, kacang-kacangan, kacang tanah dll ditanam. Ini biasanya satu selama usia pra-bantalan. Tanaman buah-buahan dan sayuran lokal di daerah budidaya umumnya ditanam. Beberapa petani melakukan pembiakan lebah di kebun mangga. Lihat kami laporan proyek peternakan lebah untuk informasi lebih lanjut tentang biaya dan keuntungan dalam pemeliharaan lebah.

Bahan Tanam Pohon Mangga

Mangga dapat ditanam dari biji atau diperbanyak dengan metode vegetatif menggunakan berbagai teknik okulasi.

Perbanyakan Benih

Ini mungkin metode penanaman mangga yang paling mudah. Biji atau batu mangga dikumpulkan dari pasar, pohon lokal dan kadang-kadang bahkan di tingkat domestik selama musim mangga. Mereka kemudian ditaburkan di bedengan pembibitan yang khusus dibuat untuk tujuan ini (1 X 5 meter). Penaburan ini dilakukan pada bulan Juli. Benih berkecambah setelah 20 hari disemai. Daun awalnya berwarna merah tembaga. Ketika warnanya berubah menjadi hijau, bibit dipindahkan ke bedengan permanen.

Perbanyakan Vegetatif

Mangga yang dibesarkan dari biji memiliki kualitas yang lebih rendah saat dipasarkan. Oleh karena itu, metode perbanyakan aseksual seperti layering, okulasi, pemotongan, dll dipraktekkan. Ini memastikan hasil buah yang lebih baik dan kualitas mangga yang lebih tinggi yang memiliki nilai pasar yang baik. Selain itu, mereka juga cocok untuk ekspor.

Persiapan Lahan untuk Budidaya Mangga

Budidaya-Mangga:-Informasi-Pohon-Mangga-dan-Panduan-Perkebunan

Sawah dibajak untuk menghilangkan sisa-sisa tanaman, gulma dan bebatuan. Gumpalan yang berat dipecah menjadi tanah yang gembur. Langkah ini penting untuk memberikan tanah yang baik untuk perkembangan yang sehat dari akar yang lebih muda. Tanah kemudian diratakan dengan kemiringan yang cukup. Lereng diperlukan untuk memfasilitasi drainase kelebihan air dan irigasi. Dalam kasus tanah yang tidak membiarkan air mengalir dengan cepat, parit dibuat untuk mencegah air tergenang. Setelah menyiapkan lahan, dirancang tata letak kebun. Ini adalah langkah penting yang harus diputuskan sesuai kebutuhan kebun. Ada berbagai sistem tata letak lapangan seperti persegi, kontur, persegi panjang, heksagonal dan quincunx.

Cara Menanam Pohon Mangga

Bibit mangga pembibitan pra-tumbuh ditransplantasikan ke ladang setelah daunnya berubah warna menjadi hijau. Jarak tanam sela 8 meter dipertahankan karena anakan membutuhkan ruang untuk tumbuh dan menjadi pohon. Umumnya sekitar 60 anakan mangga dapat ditanam dalam satu hektar areal kebun. Namun, angka ini berbeda di perkebunan mangga dengan kepadatan sangat tinggi dimana jarak antar pohon mangga sangat pendek.

Saat menanam hibrida, prosedur berikut diikuti:

·         Tanam cangkok di tengah lubang bersama dengan tanah.

·         Graft union dibuat 15 cm di atas permukaan tanah

·         Mereka diairi segera setelah tanam

·         Dukungan diberikan dengan taruhan untuk membuat mereka tumbuh lurus


Cangkok yang digunakan untuk perkebunan harus berumur satu tahun dan diperoleh dari pusat bersertifikat.

Penyakit dan Perlindungan Tanaman dalam Budidaya Mangga

Pohon mangga menderita penyakit dan infeksi dari berbagai jenis. Berikut penjelasan singkat tentang penyakit dan cara merawat tanaman:

Acahetomiella Rot

Agen penyebab

spesies Achaetomiella

Gejala

·         Bintik-bintik hitam bulat berkembang pada buah.

·         Daging buah dan kulit buah mulai membusuk

antraknosa

Agen penyebab

Colletotrichum gloesporiodes

Gejala

·         Penyakit ini menyerang daun muda, batang, perbungaan dan buah.

·         Daun memiliki bintik-bintik lonjong, tidak beraturan, coklat keabu-abuan yang menyatu

·         Batang muda mengembangkan bintik-bintik abu-abu-coklat yang membesar dan menyebabkan ikat pinggang dan pengeringan

·         Pematangan buah menunjukkan ciri khas antraknosa.

·         Bintik-bintik hitam yang muncul pada kulit buah yang terserang berangsur-angsur menjadi cekung dan menyatu.

Kontrol

·         Hancurkan bagian tanaman yang terinfeksi

·         Semprotan dengan fungisida seperti campuran Burgundy, campuran Bordeaux, dll.

·         Pengolahan air panas (550 C selama 5 menit) mengendalikan antraknosa selama tiga minggu

Jamur Tepung

Agen penyebab

Oidium mangiferae Berth

Gejala

·         Penyakit ini muncul dalam bentuk area tepung keputihan atau keabu-abuan pada dedaunan dan perbungaan yang lembut.

·         Infeksi menyebar pada tanaman mangga dari ujung perbungaan dan meliputi sumbu bunga, daun muda dan batang

·         Jamur juga mempengaruhi bunga dan buah pada tahap awal

Kontrol

·         Penyakit ini dapat dikendalikan dengan penyemprotan 5-5-50 campuran Bordeaux, cosan, karathane WD dan benomyl.

·         Meskipun debu belerang pada interval 10-15 hari efektif.

mati kembali

Agen penyebab

Diplodia natalensis, Colletotrichum gloeosporioides

Gejala

·         Perubahan warna dan penggelapan kulit kayu dari ujungnya

·         Kemajuan yang semakin gelap dan ranting-ranting hijau mulai layu dari pangkal

·         Daun yang terkena berubah menjadi coklat dengan margin menggulung ke atas

Kontrol

Memilih batang atas dari pohon yang sehat dan paparan sinar matahari telah ditemukan sebagai tindakan pengendalian yang efektif.

Busuk Akar Ganoderma

Gejala

·         Daun pohon yang terkena tampak jarang dan tidak berkilau.

·         Pohon yang sakit layu dan mati.

·         Akar yang terinfeksi sangat ringan dan mudah hancur dan menjadi bubuk dengan jari.

·         Tubuh buah cendawan (kurung) muncul di pangkal pohon pada musim hujan.

Kontrol

·         Pengumpulan tanda kurung dan menghancurkannya efektif.

·         Juga mengekspos akar dan membasahi mereka dengan dinocap 2ml/liter efektif mengurangi penyakit.

jamur jelaga

Agen penyebab

Tripospermum acernum

Gejala

Jamur berwarna hitam berkembang pada daun, bunga dan permukaan buah. Perkembangan ini membentuk lapisan tipis berwarna hitam.

Kontrol

Pertumbuhan jamur dapat diperiksa dengan menyemprotkan belerang yang dapat dibasahi 0,2 persen.

Hawar

Agen penyebab

Makrofoma mangiferae

Gejala

·         Gejala diamati terutama pada daun dan jarang pada batang

·         Bintik-bintik kekuningan seperti kepala peniti muncul pada daun dan ranting yang berangsur-angsur membesar.

Kontrol

Menghancurkan bagian tanaman yang terinfeksi adalah cara terbaik untuk memeriksa infeksi

karat merah

Agen penyebab

Cephaleuros virescens Kunze (Varietas alga)

Gejala

·         Penyakit ini dapat dengan mudah dikenali dari bintik-bintik merah karat terutama pada daun dan kadang-kadang pada tangkai daun dan ranting muda.

·         Bintik-bintik tersebut pada awalnya berwarna abu-abu kehijauan dan teksturnya seperti beludru.

·         Kemudian mereka berubah menjadi coklat kemerahan.

·         Bintik-bintik yang kira-kira melingkar dan sedikit meninggi kadang-kadang menyatu untuk membentuk bintik yang lebih besar dan tidak beraturan.

·         Permukaan atas bercak terdiri dari banyak filamen tidak bercabang yang menonjol melalui kutikula.

·         Beberapa filamen mewakili rambut steril sementara yang lain subur.

·         Yang terakhir menanggung cluster spora di kera.

·         Sel dari kedua jenis rambut dan spora dewasa berwarna coklat.

·         Setelah spora dan bulu rontok, tanda putih krem ​​dari ganggang tetap ada di tempat karat aslinya.

Kontrol

Penyemprotan campuran bordeaux mengontrol infeksi.

Nekrosis

Gejala

·         Munculnya area kecil yang mengalami etiolasi di ujung distal buah yang menyebar dan menutupi ujung adalah gejala pertama.

·         Terisolasi, bintik-bintik keabu-abuan muncul

·         Tip berubah menjadi hijau kotor.

·         Bintik-bintik membesar, berubah menjadi coklat tua dan menyatu menjadi area nekrotik terus menerus.

·         Jaringan membusuk dan bagian nekrotik runtuh.

Kontrol

Penyakit ini dapat dikurangi dengan satu atau dua penyemprotan dengan boraks (2,7-3,6 kg per 100 gal air).

Memanen Mangga

Budidaya-Mangga:-Informasi-Pohon-Mangga-dan-Panduan-Perkebunan

Pohon mangga mulai berbuah sejak tahun ke-5 penanaman. Namun hasil bervariasi tergantung pada varietas dan kondisi iklim. Hasil tahun pertama umumnya rendah (3-5 Kg per pohon) meningkat secara bertahap di tahun-tahun berikutnya. Beberapa pohon pada usia 30-40 tahun dapat menghasilkan hingga 600 Kg buah setahun.

Karena mangga terus matang bahkan setelah dipetik dari pohonnya, mangga biasanya dipanen pada tahap prematur. Hal ini dilakukan untuk menangkap mereka lebih awal di pasar. Buah yang dipetik dinilai berdasarkan warna, ukuran dan tingkat kematangannya. Yang lebih kecil dipisahkan dari yang lebih besar untuk mencapai pematangan yang seragam. Buah yang sakit, rusak atau terlalu matang dibuang pada tahap ini. Pematangan buah dilakukan dengan mencelupkannya ke dalam 1,8 mL ethrel dalam satu liter air panas selama 5 menit. Dalam hal buah matang, dosis ethrel dipping yang lebih rendah dilakukan untuk pembentukan warna yang seragam.

Buah matang disimpan selama 4-10 hari pada suhu kamar. Namun, ini tergantung pada varietasnya.

Pengepakan dan Transportasi

Buah-buahan umumnya dikemas dalam keranjang bambu, peti kayu atau kotak kardus berbentuk persegi panjang. Biasanya satu kotak bisa menampung sekitar 5-6 Kg buah. Mereka kemudian diangkut ke berbagai tempat melalui jalan darat.

Kesimpulan

Budidaya mangga adalah investasi jangka panjang tidak seperti banyak tanaman lainnya. Namun, mengikuti praktik 'tumpangsari' dengan menanam kunyit, kacang tanah, berbagai kacang-kacangan dan pemeliharaan lebah akan menghasilkan pendapatan bagi petani sampai hasil dari buah-buahan dapat dihasilkan. Juga pertanian organik dapat meningkatkan nilai buah mangga.


Post a Comment for "Budidaya Mangga: Informasi Pohon Mangga dan Panduan Perkebunan"