Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Kantong Empedu Anda Sehat

Cara Menjaga Kantong Empedu Anda Sehat

Jangan Lewatkan Makan

Kandung empedu Anda melepaskan empedu setiap kali Anda makan. Saat Anda melewatkan makan, cairan empedu itu menumpuk. Ini meningkatkan kadar kolesterol di kantong empedu Anda. Seiring waktu, lemak lilin bisa mengeras menjadi batu empedu. Beberapa asam empedu juga dapat membuat Anda lebih mungkin terkena kanker kandung empedu. Jadi, luangkan waktu untuk makan teratur.

Pilih Gandum Utuh

Mereka mengemas banyak serat kasar, yang menurunkan LDL Anda, atau kolesterol "jahat". Itu melindungi jantung Anda dan membantu menjauhkan batu empedu. Serat membuat sistem pencernaan Anda bergerak dan mengeluarkan empedu dari tubuh Anda. Bertujuan untuk makan lebih banyak makanan berserat tinggi seperti roti gandum dan pasta dan nasi merah atau nasi. Biji-bijian utuh lainnya termasuk oatmeal, popcorn, barley, dan bulgur.

Dapatkan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan peluang Anda terkena batu empedu. Satu studi menemukan bahwa obesitas membuat Anda tiga kali lebih mungkin terkena penyakit batu empedu. Itu karena pound ekstra dapat membuat kantong empedu Anda lebih besar dan tidak berfungsi dengan baik, dan meningkatkan kadar kolesterol Anda. Itu terutama benar jika Anda membawa beban ekstra di pinggang alih-alih di pinggul dan paha.

Perbanyak Buah dan Sayuran

Anda tahu bahwa produk segar baik untuk tubuh Anda. Itu termasuk kantong empedu Anda. Sebagai permulaan, buah-buahan dan sayuran penuh dengan vitamin, termasuk C dan E. Keduanya telah terbukti membantu melindungi dari batu empedu. Buah dan sayuran juga tinggi air dan serat, yang dapat membantu Anda tetap kenyang. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Untuk manfaat terbesar, makan banyak produk yang berbeda.

Kurangi Makanan Goreng

Kandung empedu Anda harus bekerja lebih keras untuk membantu mencerna makanan berlemak. Makanan yang digoreng seringkali tinggi lemak jenuh, yang meningkatkan kolesterol dalam darah Anda. Jadi banyak makanan berminyak dapat menyebabkan batu empedu. Plus, itu tinggi kalori, yang bisa membuat timbangan Anda naik. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan gorengan lebih dari empat kali seminggu, 37% lebih mungkin untuk menjadi kelebihan berat badan atau obesitas daripada mereka yang makan setengahnya.

Camilan Berries, Peppers, dan Kiwi

Buah-buahan dan sayuran berwarna-warni ini mengandung vitamin C. Studi menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan lebih banyak vitamin C cenderung tidak terkena penyakit kandung empedu dan batu empedu daripada mereka yang makan lebih sedikit. Para ahli berpikir bahwa kadar vitamin yang rendah dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam empedu Anda. Wanita harus mendapatkan 75 miligram dan pria harus mendapatkan 90 miligram sehari. Pilihan yang baik termasuk stroberi, brokoli, melon, kentang panggang, dan buah jeruk.

Hindari Crash Diet

Teman Anda turun 10 pon dalam seminggu dengan rencana super rendah kalori. Kedengarannya menggoda, tetapi diet ketat dapat membahayakan jantung Anda -- dan kantong empedu Anda. Itu karena kehilangan banyak berat badan dengan cepat membuat kantong empedu Anda tidak mengosongkan dengan benar. Ini dapat mengatur panggung untuk batu empedu. Untuk langsing dengan aman, bertujuan untuk menurunkan 1 sampai 2 pon seminggu dengan makan sehat dan berolahraga.

Minum banyak air

Bagi banyak orang, minum delapan gelas H2O sehari adalah tujuan yang masuk akal. Tidak semua orang membutuhkan sebanyak itu. Tetapi jika Anda mendapatkan kurang dari yang dibutuhkan tubuh Anda, itu bisa berdampak pada kantong empedu Anda. Air membantu organ mengosongkan dan menjaga empedu agar tidak menumpuk. Ini melindungi dari batu empedu dan masalah lainnya. Menyeruput lebih banyak juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan orang yang minum lebih banyak air makan lebih sedikit kalori dan lebih sedikit gula.

Tukar dengan Minyak Zaitun

Makanan pokok dari diet Mediterania yang sehat untuk jantung ini juga baik untuk kantong empedu Anda. Ini adalah sumber lemak tak jenuh yang bagus, yang membuat kantong empedu Anda kosong. Satu studi menemukan bahwa pria yang makan lemak tak jenuh paling banyak 18% lebih kecil kemungkinannya memiliki penyakit kandung empedu dibandingkan mereka yang paling sedikit. Saat memasak, ganti mentega dengan minyak zaitun. Pilihan lemak sehat lainnya termasuk ikan berlemak seperti salmon, kacang-kacangan, dan alpukat.

Bergerak

Aktivitas fisik membakar kalori, meningkatkan mood, dan melindungi kantong empedu Anda. Penelitian menemukan bahwa wanita yang paling banyak berolahraga menurunkan kemungkinan mereka terkena penyakit kandung empedu sebesar 25% dibandingkan dengan rekan-rekan mereka. Bertujuan untuk 30 menit latihan 5 hari seminggu. Baru memulai? Bicarakan dengan dokter Anda tentang memulai dengan 5-10 menit setiap kali. Setiap bit membantu.

Menyesap Segelas Alkohol

Silakan, nikmati segelas anggur atau bir dengan makan malam. Studi menunjukkan bahwa alkohol dapat menurunkan peluang Anda untuk batu empedu dan kanker kandung empedu. Alkohol telah terbukti meningkatkan kadar HDL, atau kolesterol "baik". Beberapa ahli berpikir bahwa mungkin memiliki efek pada kolesterol dalam empedu. Tetapi terlalu banyak minuman keras dapat membahayakan kantong empedu, jadi batasi diri Anda tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas untuk pria.

Perhatikan Daging, Mentega, dan Keju Anda

Lemak dalam daging dan makanan susu jenuh. Jenis ini meningkatkan kadar kolesterol jahat Anda, dan pada gilirannya dapat membuat Anda lebih mungkin terkena batu empedu. Pilih makanan dengan lemak tidak jenuh seperti yang ditemukan pada ikan dan sayuran. Masak dengan minyak sayur, bukan mentega dan lemak babi.

Camilan

Mereka mengemas banyak nutrisi ke dalam ukuran kecil. Kacang-kacangan kaya akan serat dan lemak sehat. Mereka juga memiliki banyak sterol tumbuhan, senyawa yang menghalangi tubuh Anda menyerap kolesterol. Ini dapat membantu melindungi dari batu empedu. Satu studi menemukan bahwa wanita yang makan satu ons kacang lima kali seminggu 25% lebih kecil kemungkinannya untuk membutuhkan operasi kandung empedu daripada mereka yang jarang makan. Camilan di atasnya, atau taburkan beberapa kacang pada sereal, salad, dan hidangan lainnya. Perhatikan saja kalorinya.

Bersandar Menuju Vegetarian

Anda tidak perlu bersumpah daging untuk kantong empedu Anda. Tetapi makan lebih banyak makanan dengan protein nabati seperti kacang dan tahu dapat mengurangi peluang Anda untuk penyakit kandung empedu. Itu karena mereka tinggi serat dan rendah lemak jenuh. Anda mungkin menjadi vegetarian 1 hari seminggu. Makanan lezat tanpa daging termasuk tumis tahu, burrito kacang, bungkus falafel, dan pizza sayuran dan keju.

Haruskah Anda Mencoba Pembersihan?

Membersihkan kandung empedu adalah suatu hal. Mereka mengklaim dapat mencegah atau mengobati batu empedu jika Anda melewatkan makanan selama beberapa hari dan hanya minum campuran minyak zaitun, herbal, dan jus. Idenya adalah ini memecah batu empedu sehingga Anda bisa buang air kecil. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa batu-batu itu sebenarnya adalah gumpalan minyak dan jus. Pembersihan juga dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit perut, mual, dan diare. Jadi menjauhlah.

 

 

 

Post a Comment for "Cara Menjaga Kantong Empedu Anda Sehat"