Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Pengobatan Rumah Terbaik Untuk Anemia

7-Pengobatan-Rumah-Terbaik-Untuk-Anemia

Apakah kamu merasa terus-menerus lelah? Atau apakah kulit Anda pucat dan kusam baru-baru ini? Mungkin istirahat tidak semua yang Anda butuhkan. Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda kekurangan sel darah merah. Sel darah merah yang sehat adalah bagian utama dari hemoglobin dalam darah Anda yang mengikat oksigen. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah atau hemoglobi nmaka sel-sel dalam tubuh Anda mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen untuk berfungsi dengan baik sehingga Anda mungkin sering merasa lelah dan energi berkurang. Ada banyak jenis anemia tetapi yang paling umum disebabkan karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Tanpa zat besi yang cukup dalam tubuh, tidak akan mampu memproduksi hemoglobin untuk sel darah merah. India adalah salah satu negara dengan wanita dan anak-anak paling anemia. Pada ibu hamil, anemia defisiensi besi dapat menyebabkan komplikasi serius sedangkan pada anak-anak dapat mempengaruhi kemampuan bahasa dan motorik mereka. Itulah sebabnya seseorang tidak bisa menganggapnya enteng. Ada banyak pengobatan rumahan untuk anemia yang dapat dilakukan untuk mengelola kondisi sedikit lebih baik.


Sebagian besar gejala penting dari anemia sangat umum dan mungkin tidak diketahui atau membingungkan karena hal lain. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan jumlah hemoglobin Anda jika Anda telah mengalami salah satu dari hal berikut ini untuk waktu yang lama:

·         Kelelahan konstan

·         Kulit pucat atau kusam

·         Berat rambut rontok

·         Kekurangan energi

·         Palpitasi teratur (jantung berdetak sangat cepat)

·         Sesak napas

·         Menjadi murung atau merasa rendah sepanjang waktu


Sesuai pedoman Organisasi Kesehatan Dunia, pria yang memiliki kurang dari 13 gram hemoglobin per desiliter adalah anemia dan hal yang sama berlaku untuk wanita yang memiliki kurang dari 12 gram hemoglobin per desiliter. Tapi, jangan khawatir. Anemia dapat diobati dan dikelola dengan sedikit perhatian dan kehati-hatian. Jika Anda menderita anemia, langkah pertama adalah berbicara dengan dokter Anda tentang mengonsumsi suplemen zat besi dan juga memperkaya diet Anda dengan makanan kaya zat besi. Di sinilah kami dapat membantu. Kami telah mengumpulkan beberapa pengobatan rumahan terbaik untuk anemia yang dapat membantu meningkatkan energi Anda dan memulihkan vitalitas Anda.

Berikut Beberapa Pengobatan Alami untuk Anemia yang Bisa Anda Coba


1. Tingkatkan asupan Vitamin C

Anemia cenderung melemahkan sistem kekebalan Anda dan dengan demikian, Anda mungkin lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit inflamasi. Dosis yang cukup vitamin C dapat membantu membentengi Anda dari dalam dan pada saat yang sama juga membantu dalam penyerapan zat besi. Makan jeruk atau Anda bahkan bisa minum segelas air lemon setiap hari

 

2. Yogurt dengan Kunyit

Dalam bukunya, 'Ayurvedic Home Remedies', Dr. Vasant Lad menyarankan bahwa mereka yang menderita anemia tipe kapha harus minum secangkir kopi.yogurt dua kali sehari, pagi dan sore, dengan satu sendok teh Kunyit. Pada anemia tipe kapha, seseorang mungkin mengalami pembengkakan dan kulit menjadi dingin dan lembap. Obat ini membantu dalam menyeimbangkan kapha dosha dalam tubuh.

3. Makan lebih banyak sayuran hijau

Tingginya jumlah klorofil yang terkandung dalam sayuran hijau Suka bayam, seledri, sawi, dan Brokoli merupakan sumber zat besi yang baik. Perlu diingat bahwa bayam sebaiknya dimasak karena daunnya yang mentah mengandung asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Minumlah jus Bit atau Delima

jus bertindak sebagai pembangun darah yang hebat dan juga pembersih darah. Bit kaya akan asam folat, Anda bisa menggabungkannya dengan apel atau wortel. Delima, di sisi lain, kaya akan zat besi dan juga mineral lain seperti tembaga dan kalium. Kedua jus ini, jika dikonsumsi secara teratur, dapat meningkatkan tingkat energi Anda dengan mendukung aliran darah yang sehat dan membuat Anda merasa lebih aktif

5. Air tembaga

Air tembaga dianggap sangat sehat dalam Ayurveda. Dr. Vasant Lad juga menyarankan agar air disimpan dalam bejana tembaga semalaman setiap pagi. Ini membantu mengisi kembali tubuh Anda dengan mineral alami dan juga dikenal sangat baik untuk mengobati kerontokan rambut

6. Biji wijen

Makan biji wijen adalah cara lain yang bagus untuk meningkatkan asupan zat besi Anda, terutama  biji wijen hitam. Anda dapat merendam biji wijen dalam air selama dua hingga tiga jam dan kemudian menggilingnya menjadi pasta. Minum ini dengan satu sendok teh madu setiap hari.

7. Kismis dan kurma

Buah-buahan kering ini menawarkan kombinasi zat besi dan Vitamin C. Hal ini memungkinkan tubuh menyerap zat besi dengan cepat dan efektif. Makan segenggam kismis dan satu atau dua  untuk sarapan atau sebagai camilan di tengah waktu makan. Mereka juga tahu memberi Anda energi instan.

 

Post a Comment for "7 Pengobatan Rumah Terbaik Untuk Anemia"