Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trategi Pemasaran Digital Untuk Usaha Kecil

Trategi Pemasaran Digital Untuk Usaha Kecil

Strategi pemasaran digital adalah bagian penting dari keseluruhan bauran pemasaran suatu bisnis terlepas dari ukurannya dan apakah bisnis tersebut melakukan bisnis online atau tidak.

Pemasaran bisnis kecil untuk perusahaan lokal dapat mencakup banyak metode periklanan lokal offline, tetapi juga perlu menyertakan porsi strategi pemasaran digital yang sehat untuk memaksimalkan penjualan dalam perekonomian saat ini. Bisnis kecil yang melakukan sebagian besar atau seluruh bisnisnya secara online perlu menerapkan strategi pemasaran digital yang membantu pengguna online melihatnya.

Ada beberapa bidang utama pemasaran online yang menarik bagi bisnis kecil. Beberapa dari mereka lebih penting untuk lokal, bisnis offline, sementara yang lain lebih efektif untuk mereka yang beroperasi secara online secara eksklusif. Banyak bisnis terlibat dalam berbagai bidang pemasaran bisnis kecil di internet.

 

Apa Strategi Pemasaran Digital Terbaik untuk Bisnis Kecil Saya?

Lihatlah pelanggan Anda dan identifikasi di mana mereka menghabiskan waktu online mereka. Basis klien digital Anda mungkin merupakan audiens yang berbeda dari yang biasa Anda targetkan. Anggaran Anda akan menjadi faktor penting ketika memutuskan strategi pemasaran digital mana yang akan ditempuh.

Jangan takut untuk menguji beberapa metode berbeda saat memutuskan strategi pemasaran digital mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Lihat hasilnya untuk melihat metode mana yang paling efektif dengan basis klien Anda, dan pastikan Anda mendapatkan laba atas investasi (ROI) yang positif. Beberapa strategi mungkin sulit diukur, tetapi konsistenlah dengan metode pengukuran Anda—salah satu sarannya adalah membandingkan pendapatan perusahaan selama upaya pemasaran tertentu dengan pendapatan yang dihasilkan saat menjalankan kampanye pemasaran lainnya.1

Anda harus meninjau kembali rencana pemasaran Anda setidaknya setahun sekali untuk memastikannya mutakhir dan tetap memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Mesin pencari Marketing

Bagian pemasaran ini sangat penting untuk bisnis kecil. Ini memberi Anda kesempatan untuk bersaing dengan perusahaan besar dengan menjadi lebih terlihat di hasil mesin pencari. Karena orang-orang menggunakan pencarian untuk menemukan produk baik secara online maupun lokal, penting bagi perusahaan Anda untuk menempati posisi teratas dalam hasil pencarian untuk kata-kata yang berhubungan dengan apa yang Anda jual. Perusahaan pemasaran internet profesional menawarkan layanan ini melalui optimisasi mesin pencari (SEO), yang dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari melalui metode seperti:

  • Riset dan volume kata kunci
  • Pembuatan tautan internal
  • Mengoptimalkan konten untuk menghasilkan informasi yang relevan dan berkualitas tinggi

Pemasaran Penelusuran Lokal

Pemasaran berbasis lokasi mencakup pengoptimalan situs web untuk hasil pencarian tetapi juga mengintegrasikan fungsi peta mesin pencari. Hal ini terutama berlaku dengan Google, di mana bisnis Anda dapat terdaftar dengan pemetaan dan informasi alamat, memberikan calon pelanggan apa yang mereka butuhkan untuk mengunjungi pendirian Anda. Nomor telepon dan alamat situs web Anda juga dapat dicantumkan. Layanan pelanggan akan sering tersedia untuk membantu seseorang memutuskan apakah mereka tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Pemasaran Konten

Strategi ini berkisar pada memberikan informasi kepada calon pelanggan tentang produk atau layanan Anda, serta informasi secara umum. Setiap orang mencoba untuk menjual, tetapi mereka yang dapat menginformasikan lebih mungkin untuk mendapatkan penjualan. Orang akan mengaitkan tingkat keahlian tertentu dengan perusahaan, dan ini menanamkan kepercayaan pada konsumen.

Dulu, content marketing sering dilakukan melalui cetak brosur dan buku panduan. Namun, hari ini, strateginya bergantung pada penyampaian artikel dan informasi yang berharga dan relevan di situs web perusahaan Anda yang memberi saran dan menarik pelanggan potensial, dan berfungsi sebagai ajakan untuk bertindak.

Pemasaran media sosial

Jenis pemasaran ini bisa rumit. Semua orang berbicara tentang media sosial, tetapi kenyataannya, mungkin sulit bagi perusahaan untuk mengintegrasikan media sosial ke dalam bisnis mereka. Jenis media yang digunakan, serta cara penggunaannya, tergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki. Untuk beberapa perusahaan, berhubungan dengan pelanggan mereka dan memberi mereka berita terbaru dapat menjadi elemen penting dari kesuksesan.

Bisnis lain, seperti restoran lokal, telah melihat kesuksesan menggunakan media sosial dengan memberi tahu pelanggan tentang spesial terbaru dan tambahan baru pada menu mereka. Aspek terpenting dari media sosial adalah menggunakannya untuk memperkuat basis pelanggan Anda untuk mencapai penjualan berulang.

Mencoba menyebarkan diri Anda di jaringan luas platform media sosial bisa jadi sulit bagi pemilik usaha kecil dengan sumber daya terbatas. Alih-alih, cari tahu saluran online mana yang paling masuk akal untuk bisnis Anda dan pelanggan yang ingin Anda jangkau. Apakah Anda menargetkan klien profesional? LinkedIn mungkin alat ideal Anda. Apakah pemasaran Anda memiliki aspek visual yang kuat? Instagram bisa menjadi yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Pemasaran media sosial adalah tentang mengembangkan hubungan dengan pelanggan Anda—bukan hanya terus-menerus menjual kepada mereka. Gunakan platform untuk mendengarkan dan terlibat dengan klien online Anda.

Email Pemasaran

Bentuk pemasaran ini dapat menjadi penting untuk kesuksesan online atau offline bisnis kecil. Pada dasarnya, pemasaran email mempromosikan produk dan layanan secara elektronik—melalui buletin, pembaruan, promosi, atau pesan umum—dan bergantung pada pembuatan daftar pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan. Daftar nama dan email ini terdiri dari orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda, dan Anda tahu ini benar karena mereka sendiri telah ikut serta dalam daftar ini.

Mungkin mereka ditawari pembaruan produk di masa mendatang serta kupon untuk mendaftar. Saat daftar ini bertambah, itu menjadi lebih berharga. Banyak profesional pemasaran menganggap ini sebagai strategi pemasaran bisnis kecil jangka panjang yang sangat penting.

Pemasaran Seluler

Pengalaman konsumen saat ini sebagian besar didorong melalui perangkat seluler—apakah mereka mencari produk atau perusahaan, melakukan perbandingan harga, atau benar-benar membeli produk.

Pemasaran seluler ditujukan untuk menjangkau pelanggan melalui ponsel cerdas atau tablet mereka dengan menggunakan media seperti pesan teks, media sosial, situs web, email, dan aplikasi. Bisnis dapat memanfaatkan teknologi yang dapat menargetkan pelanggan berdasarkan waktu atau lokasi, seperti mengirimkan kode diskon kepada pelanggan saat mereka memasuki toko.

Pastikan kehadiran online dan strategi pemasaran digital Anda ramah seluler karena konsumen semakin menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel mereka.

Pemasaran Bayar Per Klik

Pemasaran bayar per klik (PPC) adalah menjalankan iklan online di mana bisnis hanya membayar jika iklan telah diklik. Ada banyak jenis iklan online yang berbeda termasuk yang ditampilkan di bagian atas dan samping pencarian, promosi yang berjalan sebelum video, atau iklan yang muncul di aplikasi seluler atau saat menjelajah online.

Beberapa manfaat pemasaran PPC adalah bisnis hanya membayar untuk hasil, dan iklan dapat ditargetkan ke lokasi geografis tertentu.

Biaya pemasaran PPC dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada seberapa banyak perusahaan bersedia berinvestasi dalam periklanan. Penetapan harga didasarkan terutama pada persaingan kata kunci—kata kunci populer yang memiliki persaingan tinggi akan lebih mahal.

 

Garis bawah

Banyak strategi pemasaran online yang dialihdayakan, karena kecuali jika Anda memiliki waktu untuk mendedikasikannya, sulit untuk tetap pada beberapa perubahan yang terjadi ketika menyangkut strategi. Dengan pemasaran konten dan email, Anda dapat melakukan banyak hal sendiri, tetapi tidak ada salahnya untuk meminta saran strategi dari pakar untuk membantu Anda memulai.

Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda perlu mempertimbangkan area pemasaran digital di atas. Merumuskan rencana dan menggabungkannya dengan upaya pemasaran Anda yang lain. Beberapa area pemasaran ini akan lebih penting dan efektif, tergantung pada bisnis Anda. Anda dapat meminta bantuan profesional atau outsourcing jika Anda tidak memiliki tenaga untuk menangani kewajiban pemasaran internal.

Post a Comment for "Trategi Pemasaran Digital Untuk Usaha Kecil"