Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Memulai Bisnis Online di 2022

Panduan-Langkah-demi-Langkah-Memulai-Bisnis-Online-di-2022

Menurut eMarketer, industri e-niaga global diperkirakan akan tumbuh lebih dari USD 4 triliun pada tahun 2022. Anda harus mengambil bagian dari kue ini dengan memulai bisnis online sesegera mungkin. Jika Anda tidak memiliki bisnis online dan berjalan di era digital ini, Anda kehilangan keuntungan besar.

Tak perlu dikatakan lagi, memulai bisnis online membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Berbagai prosedur dan keputusan bersatu untuk menghasilkan aliran pendapatan yang bermanfaat. Panduan langkah demi langkah tentang cara memulai bisnis online ini akan menjawab sebagian besar pertanyaan Anda dan Anda akan pergi dengan pikiran yang jernih.

Selain itu, ada banyak tip dan trik yang disebutkan di seluruh artikel yang memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan lebih besar, terutama selama musim penjualan online dengan konversi tinggi. Mari kita mulai!

Bagaimana cara memulai bisnis online?

Hal pertama yang pertama, memulai bisnis online membutuhkan rencana yang solid dan bisa diterapkan. Anda harus tahu persis produk atau jasa apa yang ingin Anda jual. Juga, Anda harus memahami persona pembeli Anda untuk menjual produk atau layanan Anda secara efektif. Ada banyak strategi yang dapat Anda terapkan sebelum Anda mulai menjual produk Anda secara online.

Untuk memulai bisnis online, Anda harus:

#1 Pilih Niche Anda

Ketika Anda berencana untuk memulai bisnis online, lebih baik tetap pada niche tertentu. Anda tidak bisa berharap untuk menjual semuanya dan mendapatkan keuntungan besar. Banyak bisnis online menawarkan ratusan produk dan lusinan kategori tanpa fokus nyata pada niche tertentu. Anda tidak dapat menjadi Amazon atau Best Buy berikutnya dalam semalam kecuali jika Anda memiliki investasi besar yang Anda inginkan. Sampai saat itu, itu adalah pilihan terbaik untuk fokus pada niche Anda untuk menjalankan bisnis online yang sukses.

Langkah besar pertama adalah mengidentifikasi bisnis online sukses lainnya yang telah hadir di industri yang ingin Anda ikuti. Untuk memulai bisnis online, pilih niche yang tidak terlalu ramai. Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki persaingan yang sehat, karena tidak adanya pesaing biasanya menunjukkan bahwa tidak ada pasar untuk produk atau layanan Anda. Lebih penting lagi, lewati apa pun yang didominasi oleh merek raksasa.

#2 Pilih Model Bisnis

Sekarang setelah Anda memutuskan produk atau layanan mana yang akan dijual, Anda harus membuat model bisnis untuk memulai bisnis online. Ingat, tidak ada struktur bisnis tunggal yang paling cocok untuk semua orang. Karena itu, evaluasi semuanya dan pilih model bisnis setelah pertimbangan matang. Penting juga untuk memilih struktur bisnis jika Anda ingin serius dengan bisnis Anda dan melindunginya, ada banyak opsi untuk ini seperti korporasi. Salah satu opsi terbaik adalah memulai LLC. Anda dapat menemukan detail proses ini di bestllcservices.co.

Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan tanpa mengelola inventaris atau berinvestasi besar-besaran, dropshipping adalah jawaban Anda. Ini adalah pilihan yang cerdas dan hemat biaya yang cocok untuk memulai bisnis online.

Jika Anda ingin memiliki gudang tempat Anda dapat menyimpan inventaris, Anda akan berinvestasi lebih banyak di muka saat mengerjakan model bisnis grosir atau pergudangan.

Jika Anda tertarik untuk menjual produk unik yang hanya dapat Anda tawarkan, Anda dapat menjualnya di bawah payung merek Anda. Untuk melakukannya, Anda harus menjadi bagian dari pelabelan putih atau model bisnis manufaktur.

Dan kemudian ada model berlangganan. Di sinilah Anda mengatur serangkaian produk atau layanan yang akan dikirimkan secara berkala kepada pelanggan berlangganan Anda.

#3 Memulai Bisnis Online

Untuk memulai bisnis online, Anda harus mempertimbangkan beberapa persyaratan mendasar. Mari kita bahas satu per satu.

Langkah 1: Memilih Nama

Nama bisnis online dan situs web Anda tidak harus sama, tetapi tetap konsisten sangat dianjurkan. Pastikan nama merek Anda sesuai dengan niche Anda dan cukup sederhana bagi prospek online Anda untuk menilai apa yang dijual merek Anda.

Langkah 2: Dapatkan Logo

Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Pastikan bahwa itu tidak mirip dengan logo pesaing Anda. Selama Anda memiliki logo yang sederhana namun menarik, Anda sudah baik untuk memulai bisnis online.

Langkah 3: Daftarkan Bisnis Anda

Setelah Anda memiliki nama dan logo untuk bisnis online Anda, sekarang saatnya untuk mendaftarkannya. Pendaftaran akan memungkinkan Anda untuk menikmati banyak perlindungan hukum di samping fasilitas lainnya. Jangan lewatkan!

Langkah 4: Terapkan untuk Lisensi dan Izin

Menjalankan bisnis online tidak mengecualikan Anda dari lisensi atau izin bisnis. Periksa undang-undang negara Anda untuk melihat jenis izin pajak penjualan atau izin usaha yang harus Anda miliki untuk memulai bisnis online.

Langkah 5: Visualisasi

Mulailah dengan mengidentifikasi persona merek Anda. Anda harus fokus untuk menjadi merek yang terhubung dengan persona pelanggannya. Klasifikasi persona pelanggan membuat peluncuran bisnis online menjadi lebih mudah.

Pilih warna yang Anda ingin merek Anda wakili; jenis konten yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau font yang akan Anda gunakan di seluruh situs web Anda. Sewa seorang profesional jika anggaran Anda memungkinkan, itu akan menciptakan dampak yang lebih kuat. Jika tidak, jangan ragu untuk menjalankan semuanya secara manual. Namun, menjaga hal-hal yang konsisten.

Misalnya, jika produk Anda adalah untuk wanita bisnis profesional, Anda mungkin ingin menghindari warna feminin saat Anda melayani audiens dewasa. Memahami persona pembeli Anda adalah penting. Itulah yang akan membawa merek Anda mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Langkah 6: Temukan Vendor yang Tepat

Ada persaingan sengit yang terjadi ketika datang untuk menjual produk secara online. Adalah kepentingan terbaik Anda untuk menemukan vendor yang dapat diandalkan yang dapat menawarkan produk berkualitas dengan harga yang wajar. Juga, pastikan mereka tidak akan berkompromi dengan tenggat waktu pengiriman Anda. Luangkan waktu Anda untuk mencari dan mengevaluasi vendor yang berbeda sampai Anda menemukan vendor yang tepat untuk memulai bisnis online Anda.

Beberapa hal yang perlu diingat:

  • Buat halaman arahan yang menarik
  • Jual produk dengan konversi tinggi
  • Tulis deskripsi produk yang menawan
  • Selalu pamerkan produk Anda dalam HD

#4 Memilih Platform Bisnis Online yang Tepat

Banyak pengusaha cenderung membuat kesalahan penting dengan memilih platform e-niaga yang tidak ideal untuk model bisnis mereka. Ada berbagai aspek yang harus Anda evaluasi sebelum memilih platform e-niaga.

Platform e-niaga yang salah tidak hanya menciptakan masalah di masa depan, tetapi juga mempengaruhi operasi yang sedang berjalan secara signifikan. Ada banyak platform bisnis online yang bisa Anda pilih. Namun, menurut saya, lima platform e-commerce teratas pada tahun 2022 adalah:

  • WooCommerce
  • Magento
  • Shopify
  • BigCommerce
  • Toko Presta

Dapatkan wawasan berharga tentang pangsa pasar platform e-niaga terkemuka ini. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menyiapkan toko online di WooCommerce dan memulai bisnis online Anda dengan platform e-niaga terkemuka.

#5 Cara Menyiapkan Toko Online Menggunakan WooCommerce

Menyiapkan toko WooCommerce jelas mengharuskan Anda menginstal plugin WooCommerce terlebih dahulu. Setelah Anda memilikinya, Anda akan melihat pesan selamat datang di Dasbor yang mengatakan, “Selamat datang di WooCommerce – Anda hampir siap untuk mulai menjual ”.

Klik pada "Jalankan Wizard Pengaturan". Ini adalah metode termudah untuk menyiapkan toko WooCommerce. Kebetulan, jika Anda secara tidak sengaja mengklik "Lewati Pengaturan", Anda masih dapat menjalankan Wizard Pengaturan dengan menavigasi ke WooCommerce > Help > Setup Wizard. Mari kita lihat proses pengaturan toko online Anda di WooCommerce.

#1 Penyiapan Toko 

Anda dapat mengatur lokasi bisnis online Anda di sini. Anda juga harus menentukan mata uang yang akan Anda gunakan dan jenis produk yang ingin Anda jual.

#2 Pengaturan Pembayaran

Pengaturan pembayaran adalah langkah penting, jadi berhati-hatilah. Karena WooCommerce menerima pembayaran offline maupun online, Anda dapat memilih pemroses pembayaran di sini. Saya sarankan menambahkan Stripe dan PayPal untuk memulai. Namun, Anda selalu dapat menambahkan mode pembayaran lainnya.

#3 Pengiriman 

Jika Anda ingin menjual produk Anda secara global, Anda dapat memilih Zona Pengiriman Anda dan menentukan Biaya Pengiriman. Selain itu, di sinilah Anda dapat mengatur parameter untuk berat dan dimensi produk Anda.

#4 Direkomendasikan

Anda dapat memanfaatkan aplikasi gratis yang direkomendasikan untuk bisnis online Anda. Bergantung pada kebutuhan Anda, alihkan opsi yang paling sesuai untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

#5 Aktifkan

Pada saat aktivasi, Anda memiliki pilihan untuk menggunakan Jetpack. Plugin WordPress ini memastikan keamanan, kinerja, dan manajemen situs web dengan mudah. Ini juga menawarkan berbagai aspek penting seperti pajak otomatis dan label pengiriman diskon. Meskipun demikian, jika Anda lebih memilih untuk melewatinya, Anda dapat melakukannya, karena tidak akan memiliki implikasi langsung pada peluncuran toko online Anda di WooCommerce.

#6 Siap!

Selamat! Anda telah berhasil meluncurkan bisnis online WooCommerce Anda dan sekarang Anda siap untuk mulai menjual produk Anda. Cukup klik "Buat Produk" untuk mulai menambahkan produk ke toko online Anda.

#6 Menambahkan Produk ke Toko Online Anda

Sebelum Anda mulai menjual produk Anda melalui toko online WooCommerce Anda, Anda harus mengevaluasi hal-hal penting. Penting untuk mempelajari dasar-dasar WooCommerce dengan menemukan kategori, atribut, dan jenis produk. #6 Menambahkan Produk ke Toko Online Anda

Kategori Produk

Kategori produk membantu Anda mengelompokkan produk Anda. Misalnya, "pakaian", "pakaian olahraga" atau "pakaian tidur" adalah kategori produk. Mereka memungkinkan pengunjung online Anda dengan cepat menemukan produk dalam kategori yang sama. Jangan ragu untuk membuat kategori produk sebanyak yang Anda inginkan, dan mengubahnya kapan saja Anda mau.

Label Produk

Label produk membantu Anda memfilter produk sesuai ukuran, warna, atau jenisnya. Anda dapat membuat label khusus seperti "kain" jika Anda menjual pakaian atau "rasa" jika Anda menjual produk makanan. Label produk membantu pelanggan online untuk memilih produk yang diinginkan dengan mudah. Anda juga dapat menetapkan label produk secara terpisah untuk setiap produk atau menyiapkan label umum untuk seluruh halaman web.

Data produk

WooCommerce menghemat waktu Anda dengan menawarkan jenis produk yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya:

  • Sederhana: Dikirim tanpa opsi apa pun. Misalnya, buku fisik
  • Dikelompokkan: Sekelompok produk serupa. Misalnya, selusin kacamata
  • Eksternal/Afiliasi: Produk diiklankan di situs web Anda, tetapi dijual di tempat lain
  • Variabel: Produk-produk ini memiliki atribut yang bervariasi seperti ukuran, warna, berat, dll. Misalnya, pakaian.
  • Virtual: Ini adalah produk yang tidak memerlukan pengiriman. Misalnya, layanan.
  • Dapat diunduh: Ini adalah produk yang dapat Anda unduh dari situs web. Misalnya, lagu, gambar, video, ebook, dll.

Tambahkan Produk ke Toko WooCommerce Anda

Dengan begitu banyak produk, dapat membingungkan untuk menambahkan produk baru ke toko WooCommerce Anda. Namun. menambahkan produk ke toko WooCommerce Anda bukanlah ilmu roket.

Untuk memulai, buka Produk > Tambah Baru

Tulis judul produk Anda beserta deskripsinya. Deskripsi produk menyajikan informasi yang paling penting dan relevan tentang produk.

Umum

Anda dapat mengatur harga produk Anda di bagian Umum. Anda juga dapat mengatur harga promosi atau bahkan menjadwalkan tanggal penjualan.

Inventaris

Bagian Inventory membantu Anda mengatur Stock Management Unit (SKU). Anda dapat memilih apakah produk tertentu tersedia atau habis. Anda juga dapat melihat opsi 'jual satu per satu' yang memungkinkan Anda untuk menjual hanya satu item dalam satu waktu.

Pengiriman

Bagian Pengiriman berkaitan dengan pengiriman dan operasi logistik. Anda dapat memberikan dimensi, berat, dan kelas pengiriman produk Anda.

Produk Tertaut

Bagian ini memungkinkan Anda untuk menautkan dan memasarkan produk terkait kepada pelanggan. Anda dapat secara efektif mempromosikan produk Anda dengan upselling atau cross-selling dengan produk lain.

Atribut

Bagian ini memungkinkan Anda untuk menambahkan atribut produk. Misalnya, jika Anda menjual t-shirt dengan berbagai warna, Anda dapat menentukan warnanya di sini.

Canggih

Bagian Lanjutan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi. Ini juga memungkinkan Anda membuat catatan pembelian untuk pelanggan Anda. Anda juga dapat menentukan pesanan di menu, dan memilih posisi pesanan khusus untuk produk Anda.

Setelah Anda selesai dengan Data Produk yang disebutkan di atas, Anda siap untuk mempublikasikan produk Anda!

#7 Targetkan Pemirsa yang Tepat

Ketika Anda memulai bisnis online, tidak ada jaminan bahwa calon pelanggan Anda akan segera menemukan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memasarkan produk Anda secara efektif. Anda dapat melakukannya dengan mengoptimalkan situs web Anda sesuai standar Search Engine Optimization (SEO) terbaru. Ini penting!

Hari-hari pengisian kata kunci sudah lama berlalu, tetapi SEO masih hidup dan berjalan dengan baik. Anda harus menjaga kata kunci atau istilah pencarian dalam fokus untuk setiap halaman arahan toko online Anda. Anda harus meletakkan kata kunci di URL Anda serta di halaman arahan, blog, dan kampanye iklan Anda. Semua yang Anda butuhkan untuk membuat upaya untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Memulai bisnis online menuntut rencana keuangan yang dipikirkan dengan matang. Anda harus berinvestasi dengan bijak dalam hal pemasaran online. Anda dapat berlangganan berbagai buletin pemasaran, mendengarkan podcast pemasaran digital yang berbeda, dan terus memantau industri ini. Sangat penting untuk mempelajari strategi pemasaran yang dapat ditindaklanjuti untuk membuat toko online Anda sukses dalam jangka panjang. .

Ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan untuk menarik audiens yang tepat. Anda dapat mensponsori konten di platform pihak ketiga atau menggunakan kekuatan media sosial yang bekerja seperti pesona. Selain itu, kampanye iklan PPC dapat membantu Anda meningkatkan konversi.

Anda harus memantau kampanye pemasaran mana yang mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Jika pemasaran merek Anda tampak berlebihan, Anda selalu dapat menyewa tim profesional untuk melakukannya untuk Anda.

#8 Meningkatkan Bisnis Online Anda

Memulai bisnis online bukanlah tugas yang mudah, namun, meningkatkan skala bisnis online adalah tugas yang besar dan berbeda sama sekali. Ini menjadi kerumitan bagi banyak pengusaha online setelah mereka memulai toko online. Setelah merek Anda mulai berkembang, Anda mungkin akan melihat peningkatan penjualan. Terlepas dari itu, jangan anggap itu sebagai kesuksesan dulu.

Anda tidak ingin berakhir dengan permintaan tinggi untuk produk Anda dengan sedikit atau tanpa cara untuk memenuhinya. Untuk memenuhi permintaan pelanggan Anda yang datang dengan kehadiran merek yang diperluas, Anda harus siap untuk memperluas operasi Anda.

Jangan stres tentang hal itu. Mulailah dengan memperhatikan Indikator Kinerja Utama (KPI) E-niaga Anda. Semakin mendalam statistik yang dapat Anda ukur, semakin banyak data yang Anda miliki yang akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang penting.

Memantau bagaimana KPI ini berubah dari waktu ke waktu saat Anda mengotak-atiknya, ini akan memungkinkan Anda mengembangkan strategi pemasaran online yang unggul. Ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik mengenai branding dan penskalaan bisnis online Anda.

Selain itu, Anda dapat memilih dari plugin WooCommerce yang harus dimiliki yang dapat membantu Anda mengubah tampilan atau nuansa toko online Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengotomatiskan proses dengan berbagai plugin. Ekstensi dan plugin untuk WooCommerce ini membantu Anda membangun toko online yang efisien.

Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis Online

Sekarang, Anda memahami bahwa memulai bisnis online dapat menjadi masalah yang sulit jika Anda tidak memainkan kartu Anda dengan benar. Misalnya, memasuki pasar yang tepat pada waktu yang tepat sangat penting karena menciptakan semua perbedaan. Namun, kapan waktu yang tepat untuk memasuki lanskap e-niaga? Jawabannya adalah SEKARANG!

Fakta Menarik: Industri e-niaga akan menghasilkan pendapatan global lebih dari $4 triliun pada akhir tahun 2022 – eMarketer.

Menjaga statistik pertumbuhan e-niaga dalam fokus, ada dua waktu terbaik untuk memasuki ruang e-niaga dan menuai keuntungan besar. Mereka:

1) Musim Kembali ke Sekolah

Ini adalah musim penjualan online terbesar ke-2 di dunia. Itu dimulai pada akhir Juli dan berlangsung hingga pertengahan September. Pengecer back-to-school menawarkan berbagai produk yang dibeli orang tua untuk anak-anak mereka. Rata-rata, 29 juta rumah tangga dari AS berpartisipasi dalam belanja dengan pengeluaran rata-rata $510 per rumah tangga pada tahun 2018.

Ukuran pasar dari musim penjualan kembali ke sekolah diperkirakan mencapai $27,6 miliar. Itu adalah pasar yang sangat besar untuk dipenuhi dengan toko online Anda.

2) Musim Penjualan Liburan

Musim penjualan liburan adalah musim penjualan online terbesar di dunia. Itu dimulai pada bulan Oktober dan memuncak dengan perayaan Tahun Baru.

Anda dapat menawarkan penawaran eksklusif untuk Halloween, Thanksgiving, Black Friday, Cyber ​​Monday, Natal, dan Tahun Baru selama Musim Penjualan Liburan. Penjualan selama musim ini pada tahun 2017 meningkat sebesar 17,8% sedangkan akan terus tumbuh hampir 15% – 17% pada tahun 2018. Menurut eMarketer, industri ritel (dalam toko+online) AS akan tumbuh sebesar 3,8% pada tahun 2018 menjadi $691,9 miliar.

Tidak diragukan lagi, musim penjualan liburan adalah waktu terbaik bagi Anda untuk memasuki pasar online. Anda dapat menuai keuntungan yang lebih tinggi dengan mudah karena semua orang mencari penawaran promosi terbaik yang bisa mereka dapatkan.


Post a Comment for "Panduan Memulai Bisnis Online di 2022"