Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Bertani Kentang: Belajar Menanam Kentang

Panduan-Bertani-Kentang:-Belajar-Menanam-Kentang

Kentang adalah makanan favorit di meja makan India. Sebagian besar keluarga memasak kentang untuk makanan mereka. Mereka biasa seperti  gandum atau Nasi. Oleh karena itu, budidaya kentang adalah bisnis yang baik dan layak. Kata 'kentang' sebenarnya mengacu pada umbi yang merupakan bagian tanaman kentang yang dapat dimakan. Terkadang, seluruh tanaman juga disebut kentang. Ini adalah makanan pokok yang sangat penting di sebagian besar dunia karena kaya akan karbohidrat. Produksi kentang tahunan global lebih dari semua sayuran. Karena permintaan kentang yang tinggi ini, para petani memandangnya sebagai bisnis yang menguntungkan. Selain itu, ini berfungsi sebagai titik yang baik untuk memutuskan rotasi tanaman dari rumput.

Informasi tentang Kentang

Disebut botani Solanum tuberosum kentang termasuk dalam keluarga Solanaceae. Kentang adalah beberapa dari tanaman umbi-umbian milik keluarga ini. Tanaman kentang semusim mencapai ketinggian maksimum 2 kaki. Mereka menyebar melalui umbi bawah tanah. Tunas pada umbi berkembang menjadi daun dan batang. Bunganya mungkin berwarna merah muda, merah, putih, ungu atau biru dengan benang sari kuning. Buah yang dibawa oleh tanaman setelah berbunga berukuran kecil dan berwarna hijau. Mereka menyerupai tomat ceri. Setiap buah memiliki setidaknya 300 biji di dalamnya. Umbi adalah satu-satunya bagian yang dapat dimakan dari tanaman ini karena bagian tanaman lainnya mengandung racun alkaloid yang disebut solanin. Oleh karena itu, kecuali umbi-umbian, tidak ada bagian tanaman lain yang layak dikonsumsi.

Kondisi Ideal untuk Budidaya Kentang

Iklim dan Suhu untuk Budidaya Kentang

Sebagai tanaman musim dingin, tempat terbaik untuk budidaya kentang adalah tempat dengan iklim yang sejuk, tanah yang subur dan kelembaban yang baik. Suhu, cahaya, jenis tanah, kadar air dan nutrisi sangat mempengaruhi pertumbuhan kentang. Umbi berhenti berkembang pada suhu di atas 30⁰C. Hal ini karena, dengan meningkatnya suhu, laju respirasi meningkat. Dalam prosesnya, karbohidrat yang dihasilkan melalui fotosintesis dikonsumsi alih-alih disimpan di dalam umbi-umbian. Dengan demikian, pembentukan umbi akan terpengaruh pada suhu yang lebih tinggi. Suhu tanah 17-19⁰C sangat ideal untuk pembentukan umbi kentang. Sinar matahari yang cerah di siang hari dan malam yang sejuk adalah optimal untuk menanam kentang.

Musim Bertani Kentang

Menjadi tanaman musim rabi, biasanya dibudidayakan selama bulan Oktober sampai Desember. Ini adalah waktu ketika cuaca tidak panas atau dingin. Karena musim hujan hampir berakhir saat ini, ini adalah waktu yang ideal untuk menanam tanaman kentang.

Tanah untuk Budidaya Kentang

Umbi kentang membutuhkan banyak udara dan air. Selain itu mereka membutuhkan ruang bawah tanah untuk berkembang dan membengkak dalam ukuran saat mereka tumbuh. Oleh karena itu, tanah yang gembur dan gembur adalah optimal. Tanah liat membuat air dan udara tidak mencapai akar. Selain itu, karena mereka banyak menempel, pertumbuhan umbi menjadi terbatas.

pH Diperlukan untuk Menanam Kentang

pH tanah harus dijaga antara 4,8 dan 5,4. Itu berada di sisi yang sedikit asam untuk mempromosikan pembentukan dan penyimpanan karbohidrat dalam umbi-umbian.

Air untuk Budidaya Kentang

Untuk kentang, kebutuhan air tanaman harian adalah 4-5mm sehari. Untuk hasil yang lebih baik, penyiraman harus dilakukan segera setelah tanam. Ini memungkinkan perkecambahan biji yang tepat. Frekuensi irigasi bervariasi dengan tempat. Misalnya, irigasi seminggu sekali di Punjab karena periode tuberisasi bertepatan dengan cuaca dingin dan dengan demikian tingkat penguapan yang rendah di tempat itu. Rata-rata, mereka membutuhkan 4-5 mm air per hari- cukup untuk mempertahankan tingkat kelembaban, suhu dan dengan demikian mendorong pembentukan umbi yang seragam. Pengairan terakhir dilakukan sekitar lima belas hari sebelum panen. Ini mendorong pengerasan kulit umbi sebelum memanen kentang.

Rotasi Tanaman dengan Kentang

Tanaman solanaceous mengekstrak banyak nutrisi dari tanah. Oleh karena itu, kentang, tanaman Solanaceous harus dirotasi dengan tanaman non-Solanaceous seperti jagung, padi, dll.

Persiapan Lahan untuk Budidaya Kentang

Tanah yang sedikit asam dan gembur sangat cocok untuk kentang. Oleh karena itu, tanah harus dibajak dengan baik 2-3 kali dan kemudian digaru. Ini memastikan persemaian yang baik dan bebas gumpalan. Semua panci keras dan batu harus dihancurkan selama tahap persiapan lahan. Adanya wajan yang keras dapat mengganggu sirkulasi air dan udara pada umbi yang pada gilirannya akan mempengaruhi pertumbuhan kentang. Tempat tidur harus disiapkan dengan menjaga jarak antara tempat tidur 60-90 cm dan jarak antar tempat tidur harus sekitar 45 cm.

Penanaman Kentang

Saat menanam, suhu tanah tidak boleh lebih dari 16⁰C dan kedalaman tanam harus 5 hingga 10cm. Ada dua poin yang sangat penting yang harus diperhatikan saat menanam.

Bahan Pembibitan

Bahan benih harus diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya. Dianjurkan untuk mendekati badan pertanian pemerintah daerah untuk tujuan ini. Umbi harus bertunas dengan baik dan beratnya harus sekitar 50-60g. Benih harus diperlakukan dengan mancozeb 0,3% sebelum disemai. Hal ini untuk menghindari penyakit tular tanah dan umbi.

Waktu Menanam Kentang

Ini adalah faktor penting lainnya dalam hal budidaya kentang. Waktu tanam kentang berbeda untuk berbagai bagian India.

Di dataran tengah India seperti Madhya Pradesh, Gujarat dan Orissa, kentang adalah tanaman musim dingin atau rabi. Oleh karena itu, waktu tanam di sini adalah selama bulan Oktober dan November.

Kentang bisa menjadi tanaman kharif dan rabi di dataran tinggi Deccan, yaitu di negara bagian seperti Andhra Pradesh, Karnataka dan Maharashtra. Dengan kata lain, dua tanaman kentang dapat ditanam di wilayah ini - dari pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dan kemudian selama Oktober dan November.

Di dataran selatan, kentang ditanam sepanjang tahun selama musim panas, musim gugur dan musim semi. Dengan kata lain, mereka dibudidayakan pada bulan April/Mei, Agustus/September dan Januari.

Pengendalian Gulma pada Budidaya Kentang

Panduan-Bertani-Kentang:-Belajar-Menanam-Kentang

Untuk panen yang baik, pengelolaan gulma sangat penting. Gulma bersaing dengan tanaman untuk mendapatkan air, cahaya dan nutrisi sehingga mempengaruhi perkembangan dan hasil umbi. 4-6 minggu awal adalah periode pengelolaan gulma kritis. Solarisasi tanah, rotasi tanaman yang efisien, mempertahankan populasi tanaman yang optimal, antar budidaya, penyiangan manual dan penerapan herbisida pada interval yang tepat adalah beberapa langkah yang diikuti. Beberapa herbisida yang direkomendasikan adalah metribuzin dan alaklor pada periode pra-tumbuh dan parguat dan propanil pada periode pasca-tumbuh.

Penyakit dan Perlindungan Tanaman dalam Budidaya Kentang

Penyakit busuk daun

Agen penyebab

Phytophthora infestans

Sifat Kerusakan

Penyakit ini muncul setelah dedaunan berkembang cukup baik. Umbi yang sakit membusuk sebelum dipanen.

Gejala

·         Infeksi dimulai pada daun bagian bawah dengan adanya lesi yang terendam air ke arah tepi

·         Lesi membesar dalam kasus kelembaban dan suhu yang menguntungkan

·         Pertumbuhan kapas keputihan dapat diamati di sisi bawah daun di tempat-tempat lembab.

·         Daun yang terinfeksi mulai membusuk dan berubah warna menjadi hitam.

·         Daun busuk yang terinfeksi mengeluarkan bau menyengat.

·         Batang juga mulai membusuk

·         Umbi yang terinfeksi menunjukkan daerah cekung kehijauan.

Kontrol

·         Umbi benih yang digunakan untuk budidaya harus dipilih dari daerah yang bebas penyakit.

·         Tanaman yang terinfeksi harus dimusnahkan segera setelah terdeteksi.

·         Varietas tahan seperti Kufri Navtal dapat membantu mengendalikan penyakit.

·         Penyemprotan fungisida efektif jika digunakan tepat waktu. Dithane M-45 atau Z-78 harus digunakan untuk penyemprotan dan harus diulang setiap 10 hari.

Penyakit Awal

Agen penyebab

Alternaria solani

Sifat Kerusakan

Ini adalah penyakit yang lebih umum menyerang tanaman kentang. Ini dapat terjadi pada setiap tahap pertumbuhan dalam pertanian kentang.

Gejala

·         Daun mengembangkan bintik-bintik di cincin konsentris mulai dari warna coklat hingga hitam.

·         Bintik-bintik tersebar di seluruh daun.

·         Daun yang terinfeksi rontok dan infeksi menyebar ke batang.

Kontrol

Membakar sisa-sisa tanaman setelah panen adalah cara paling efektif untuk mengendalikan penyakit. Tapi, cara ini menimbulkan polusi udara.

syal hitam

Agen penyebab

Rhizoctonia solani

Sifat Kerusakan

Penyakit ini terjadi dalam dua fase dan menyebabkan kanker yang menyebabkan layu tanaman kentang.

Gejala

·         Perkecambahan tertunda karena kecambah terbunuh bahkan sebelum mereka muncul. Fase ini disebut fase kanker batang.

·         Umbi memiliki kerak hitam pada mereka yang membuat mereka tidak dapat diterima di pasar.

Tindakan Kontrol

·         Umbi yang sehat dan bening harus dipilih untuk penanaman kentang.

·         Mencelupkan umbi benih ke dalam Agallol (0,5%) selama 10 menit sebelum disemai akan membantu memeriksa penyakit.

·         Rawat tanah dengan 10-12 Kg Brassicol per acre adalah tindakan pencegahan lainnya.

·         Pra-perawatan tanah dan benih adalah cara terbaik untuk mengendalikan penyakit.

Rotan Coklat

Agen penyebab

Pseudomonas solanacearum

Sifat Kerusakan

Ini adalah jenis penyakit layu bakteri yang disebabkan olehPseudomonas solanacearumyang merupakan bakteri tanah. Ini paling umum di daerah dataran tinggi dan di Benggala Barat.

Gejala

·         Layu tanaman yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan adalah gejala yang paling umum.

·         Tanaman yang terkena terkulai ke bawah sementara cabang yang terkena berubah menjadi coklat.

·         Mata umbi menghitam.

Kontrol

·         Benih bersertifikat bebas penyakit harus digunakan untuk budidaya kentang.

·         Saat menggunakan umbi untuk disemai, umbi harus disimpan pada suhu 12⁰C selama 4-5 hari agar permukaan yang dipotong mengeras.

·         Rawat umbi dengan larutan Agallol sebelum disemai.

·         Setelah panen, sisa-sisa tanaman harus dibakar.

Penyakit kutil

Agen penyebab

Synchytrium endobioticum

Sifat Kerusakan

Penyakit ini banyak ditemukan di perbukitan Darjeeling dan sekitarnya. Dalam kasus yang parah, umbi diubah menjadi gumpalan massa yang terdistorsi.

Gejala

Kutil dan tumor muncul pada batang dan umbi tanaman kentang.

Kontrol

Karena penyakit ini lazim di perbukitan dan daerah timur laut, tersedia varietas kekebalan yang harus ditanam. Pada saat penanaman harus diperhatikan agar umbi tidak terkena kutil.

Mosaik

Agen penyebab

virus mosaik

Sifat Kerusakan

Tanaman yang terkena penyakit mosaik tetap kerdil pertumbuhannya. Ukuran umbi juga dipengaruhi oleh virus.

Gejala

·         Pola mosaik hijau tua dan hijau pada daun

·         Beberapa daun menunjukkan pola kuning

·         Penyakit menyebar dari tanaman yang sakit ke tanaman yang sehat melalui serangga.

Kontrol

Umbi untuk disemai harus sehat dan bersertifikat. Lahan harus dipantau terus-menerus dan tanaman yang menunjukkan gejala harus segera dimusnahkan. Menyemprot tanaman dengan Rogor (280 mL dilarutkan dalam 250 liter air per acre) setiap 15 hari juga akan mencegah infeksi virus.

gulungan daun

Agen penyebab

Virus Daun Kentang

Sifat Kerusakan

Seperti namanya, daun tanaman menggulung dari tepi ke tengah tulang rusuk. Ukuran umbi berkurang banyak. Penyakit ini sangat umum di dataran.

Gejala

·         Daun menggulung ke arah tengah tulang rusuk sampai seluruh lamina terlibat.

·         Daun memiliki tekstur kasar dan menghasilkan suara berderak saat disentuh.

Kontrol

Langkah-langkah pengendalian untuk penyakit gulung daun dan penyakit mosaik adalah sama.

Penyimpanan Benih Kentang

Kentang benih disimpan pada suhu 2-4⁰C dengan kelembaban relatif 95% hingga musim tanam berikutnya. Beberapa petani mengolahnya terlebih dahulu dengan bahan kimia untuk menghindari infeksi oleh hama, nematoda, dan serangga.

Kesimpulan

Panduan-Bertani-Kentang:-Belajar-Menanam-Kentang

Kentang sangat diminati di pasar Indonesia. Mereka sangat populer dalam masakan India. Kentang hampir sama pokoknya dengan gandum dan beras di Indonesia.. Konsumsi kentang, menurut statistik, telah meningkat sebesar 850% selama periode 1960-an hingga 2000-an. Selain sebagai makanan pokok, itu adalah tanaman komersial yang memberi para petani pendapatan yang signifikan. Seseorang dapat memperoleh keuntungan besar dari pertanian kentang.

 

Post a Comment for "Panduan Bertani Kentang: Belajar Menanam Kentang"