Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petani Manitoba percaya diri sesudah badai musim semi

Bayang-bayang psikis dari kekeringan tahun 2021, seperti penyemaian jadi debu, tanaman hangus dan galian dengan kubangan air pada bagian bawah, masih terukir dalam daya ingat mayoritas petani di Manitoba.

Itu kemungkinan kenapa beberapa produsen kedengar positif mengenai badai salju musim semi yang menumpahkan 40 sampai 80 cm salju di Manitoba selatan minggu kemarin.

"Saya tidak begitu cemas," kata Andrew Ayre, yang mengurus Benih Selatan di Minto, Man., Selatan Brandon. "Untungnya, tanah kami di wilayah ini ibarat spons raksasa. Itu benar-benar kering di tahun 2021, saya berpikir banyak kelembapan ini akan terhisap (oleh tanah). Saya mengucapkan syukur untuk salju.... Saya berpikir kita semakin lebih dari mengucapkan syukur atas faedah salju, saat salju mencair."


Dari 13-15 April, mekanisme cuaca rendah Colorado mengirim sebagian besar salju dan hujan ke Dakota Utara, Manitoba selatan dan Saskatchewan timur, tutup sekolah dan jalan di mayoritas daerah.

Salju 10 cm tambahan turun pada 17 April dan Ayre bersihkan salju dari halamannya esok paginya. Tempat pertaniannya dapat terus basah sampai bulan kedepan, tapi Ayre fokus pada hal positif.

"Ya kelak kita tanam (tanaman). Tapi bila kita menabur di tengah Mei ke keadaan yang hangat, dengan kelembapan, itu jauh lebih bagus dibanding menabur di hari akhir April dengan debu. Dan angin bertiup sepanjang dua minggu."

Rauri Qually, yang bertani di samping barat Winnipeg, dekat Dacotah, menjelaskan jika diperlukan waktu sebulan untuk keringkan tanahnya. Bila ia betul-betul landing pada 20 Mei, itu bisa menjadi peralihan menegangkan dari tahun kemarin.

Pada minggu ke-3 bulan April tahun kemarin, Qually sudah menyemai tanaman serealnya karena mayoritas salju sudah mencair di akhir Maret.


"Seingat saya, saya punyai beberapa rutinitas (kedelai). Saya berpikir mereka pergi pada minggu awal bulan Mei."

Laporan Tanaman Pertanian Manitoba dari tahun kemarin menjelaskan sekitaran 20 % tanaman propinsi telah berada di tanah pada minggu awal bulan Mei. Itu tidak bisa terjadi tahun ini. Ada peluang jika 0 hektar akan difavoritkan pada minggu awal bulan Mei.

Tetapi, dengan anggapan cuaca angin-anginan kembali lagi ke Prairies timur di akhir April dan awalnya Mei, salju akan mencair secara cepat.

Disekitaran Winnipeg dan di Lembah Sungai Merah akan memerlukan waktu sesaat untuk keringkan tanah karena air menggenangi kebun pertanian saat sebelum badai salju musim semi.

Mayoritas tanaman bisa ditanamkan sesudah akhir minggu yang panjang pada bulan Mei. Tetapi, untuk sekarang ini, Qually masih tetap berdasar pada gagasan pembibitan dan perputaran tanaman.

"Sebagai turunan Norwegia, saya benar-benar keras kepala," ucapnya sekalian ketawa. "Kami cuma memerlukan cuaca yang lebih hangat dan banyak cahaya matahari. Serta hujan, untuk hilangkan embun beku dari tanah."


Lebih jauh ke arah barat, dekat Pipestone, Man., Melissa Atchison berasa positif mengenai hujan salju.

Musim semi lalu, Atchison hadapi kekurangan air di peternakan sapinya. Ia harus sewa operator backhoe untuk perdalam dan meluaskan galian di padang rumputnya. Ceritanya sama di mayoritas Manitoba selatan dan di Saskatchewan, karena banyak galian 1/2 penuh air dan perkembangan padang rumput nyaris tidak ada.

"(Saya) benar-benar suka dengan salju basah ini yang nampaknya akan mencair secara perlahan-lahan, untuk memberikannya peluang untuk menyerap," kata Atchison. "Salju ini pasti isi kembali mengakuifer dan membuat beberapa lubang itu berisi."

Untuk produsen ternak, cuaca musim semi musim dingin tidak semua positif. Salju dan keadaan basah membuat melahirkan lebih melawan. Dan beberapa petani kekurangan pakan.

"Kami alami musim semi yang cukup terlambat dan suplai pakan terbatas untuk beberapa orang," kata Atchison, wapres Produsen Daging Sapi Manitoba. "Maka kami mengharap musim semi selekasnya ada."


Disekitaran Minto dan sisi barat daya Manitoba yang lain, ada peluang jika tempat rendah di tempat pertanian tetap terlampau basah untuk penyemaian musim semi ini.

Itu tidak bagus, khususnya saat harga tanaman ada di tingkat rekor dan petani mengharap untuk menanam tanaman setiap hektar tempat yang memungkinkannya.

Post a Comment for "Petani Manitoba percaya diri sesudah badai musim semi"