Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kekeringan mengakibatkan lenyapnya lebah, permasalahan tungau


Kekeringan tahun kemarin kemungkinan jadi pemicu lenyapnya lebah madu Manitoba yang tinggi, dan karena beragam argumen, kata beberapa pakar peternakan.

Ian Steppler, ketua Federasi Peternak Lebah Manitoba (MBA), menjelaskan diagnostik sedang berjalan, tapi keadaan tahun kemarin - yang menyaksikan sedikit hujan sampai tengah sampai musim akhir panas, dituruti oleh perkembangan abnormal dan mekar pada musim luruh - kemungkinan sudah membuat resep peracikan depresi sarang, keadaan yang ramah untuk hama, dan tunda sarang dari irama alami mereka.

Laporan kehilangan sarang awalnya umumnya sekitar di antara 30 dan 50 %, dengan beberapa capai 70 atau bahkan juga 90 %, menurut bidang peternakan lebah.

Pada tengah Juli tahun kemarin, produsen, terhitung peternak lebah, memvisualisasikan keadaan mereka dengan kalimat seperti "patah semangat." Padang rumput warna cokelat. Sumber nektar mayoritas sudah jadi kering. Saluran madu terbatas, dan jadi kering lebih cepat. Disamping itu, asap dari kebakaran rimba sudah menyelimutinya Manitoba sepanjang beberapa saat, makin menambah lebah depresi.


Beberapa pakar, seperti apiarist propinsi Rhéal Lafrenière, mengatakan kekuatirannya di saat produksi induk kemungkinan ditutup saat sebelum sarang bisa hasilkan cukup lebah musim dingin (lebah berusia panjang yang hendak bawa sarang melalui bulan-bulan dingin).

"Kekeringan tahun kemarin, panas, kekeringan, asap, itu memberikan banyak penekanan pada koloni kami dan pikirannya ialah kemungkinan membuat mereka keluar transisi sedikit dan membuat mereka depresi," kata Steppler. "Itu memungkinkannya, kemungkinan, transisi hama untuk ambil injakan dan menambahkan depresi yang cukup lewat musim dingin yang panjang ini hingga kemungkinan bawa mereka keluar."


Karena atau sumpah?

Tetapi, saat keran dihidupkan di bulan Agustus, peternak lebah mendadak hadapi musim yang paling berlainan dan benar-benar tidak normal.

Tanaman mendadak mulai mekar, jauh melalui musim ciri khas mereka. Di sarang, produksi induk kembali bertambah.


Itu, menurut Lafrenière, kemungkinan sebetulnya jadi sisi dari permasalahan.


Lebah umumnya tidak habiskan waktu lama dalam produksi induk maksimal sama seperti yang mereka kerjakan tahun kemarin, ucapnya, dan dalam jumlah lebah yang semakin tinggi itu, komunitas tungau mempunyai kesempatan untuk tumbuh.

"Kami bawa komunitas yang semakin besar ke musim luruh, semakin lama ke musim luruh, kemungkinan ialah beberapa argumen kenapa kami hadapi sejumlah kerugian yang tinggi," ucapnya. "Itu bila varroa ialah permasalahan dominanmu."

Tungau varroa parasit - dikenali karena lemahkan lebah, membuat mereka lebih rawan pada depresi dan bawa penyakit - ialah permasalahan serius untuk peternak lebah tahun kemarin.

Produsen menulis jumlah tungau yang lebih tinggi dari umumnya, yang memunculkan pertanyaan sekitar kekebalan dan produk kontrol khusus, karena produk itu nampaknya biarkan tungau bisa lolos.

Kondisi, bagaimana juga, kemungkinan tidak memutuskan beberapa langkah kontrol untuk sukses.

Kontrol tungau, jumlah, dan tungau umumnya terjadi sesudah madu mengucur, kata Lafrenière.

Di tahun tertentu, produksi induk akan melamban saat produsen bermasalah dengan tungau. Angin ke-2 tahun kemarin, bagaimana juga, peluang memiliki arti jika masih tetap ada "banyak induk dalam sarang," dan tungau masih juga dalam babak reproduksi.

Lebah terinfestasi oleh tungau varroa saat mendekami, karena tungau bertelur dalam sel yang serupa dengan larva lebah.

Induk yang telat itu, digabungkan dengan transisi lebah yang berbeda di saat ambil contoh, memiliki arti produsen kemungkinan sudah menyepelekan berapa banyak permasalahan yang sebetulnya mereka temui, menurut Lafrenière.

"Bila Anda cuma memakai kalender saat Anda ambil contoh tungau di akhir September, saat itu memberitahu Anda jika Anda satu % atau 1/2 % (terinfestasi), Anda benar-benar suka, karena nyaris tidak ada induk didalamnya. sarangnya akhir september tahun biasa, jadi itu semua tungau, (yang) yang terserang sample. Anda akan mempunyai kontrol yang lumayan baik.


"Bila Anda memperoleh 1/2 atau satu % dalam sarang yang sarat dengan induk, jumlah (tungau) itu sebetulnya semakin tinggi dari itu, karena tungau itu tetap berkembang biak dalam induk dan Anda harus menanti beberapa minggu kembali sampai induk itu betul-betul mulai berkurang untuk betul-betul menyaksikan komunitas tungau Anda."

Infestasi pada lebah musim dingin ialah permasalahan yang lain kemungkinan terjadi, ucapnya. Pada beberapa tahun biasa, ucapnya, tungau akan dikontrol di saat sarang beralih ke serangga yang berusia lebih panjang.

Di luar depresi tungau varroa, apiarist propinsi menulis laporan permasalahan pakan di sejumlah sarang.

Ia menginginkan untuk menyaksikan penyakit nosema atau virus yang ditebarkan oleh tungau varroa (seperti virus sayap cacat), yang umumnya ada di saat depresi.

"Anda sebetulnya dapat mengontrol tungau itu, tetapi selanjutnya ada dampak interval dari virus yang membuat lebah depresi," ucapnya. "Ada banyak sekali argumen kenapa lebah memandang musim dingin ini sebagai rintangan."

Post a Comment for "Kekeringan mengakibatkan lenyapnya lebah, permasalahan tungau"