Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cuaca berbeda selamatkan peternak lebah



Walau hasil madu di bawah rerata, itu bukan musibah yang diharap beberapa orang pada bulan Juli

Peternak lebah propinsi kemungkinan berasa seperti menghindar peluru, karena kenaikan perkembangan di bulan Agustus dan September.

Hujan musim akhir menolong tingkatkan panen madu 2021 dan sudah menurunkan kekuatiran mengenai musim dingin mendatang, menurut ketua Federasi Peternak Lebah Manitoba, Ian Steppler.

"Keadaan pada awal musim panas terlihat benar-benar menakutkan dan kami ada pada kondisi yang tidak dikenali dan, karena beberapa hal seperti bermain sendiri di sini, kelihatannya kami dikasih penundaan hukuman dan kelihatannya semuanya orang akan menjalankan bisnis di masa datang. tahun," katanya.

Kenapa itu wajib: Peternak lebah nampaknya siap jadi korban lain dari kekeringan Manitoba di tengah musim panas, tapi perkembangan yang telat sudah menolong bidang ini merayap dekati musim normal.


Hasil madu tahun ini tetap turun di bawah normal, menurut Steppler, walau angka akhir tidak begitu muram sama seperti yang dicemaskan beberapa orang pada bulan Juli.

Rangkuman musim dari Manitoba Agriculture and Resource Development memprediksi jika sarang di Manitoba hasilkan rerata 160,8 pon madu per koloni di tahun 2021, dibanding dengan rerata bersejarah 170 pon per koloni.

Di barat laut, peternak lebah menyaksikan hasil yang nyaris normal, dengan rerata 168,2 pon per koloni. Manitoba sisi timur dan tengah, masing-masing memberikan laporan 162,6 dan 162,7 pon per koloni.

"Saya berpikir kami lakukan jauh lebih bagus dibanding yang kami prediksikan," kata pakar api propinsi Rhéal Lafrenière. "Itu betul-betul hujan kecil yang kami peroleh, dan, kemungkinan, menyepelekan lebah. Saya berpikir lebah barusan berkunjung semakin banyak bunga untuk mendapati nektar itu dan terbang sedikit jauh."

Di barat daya dan Interlake, bagaimana juga, musim akhir tidak bisa menangani imbas awalnya. Hasil panen di barat daya menurun jadi 150,6 pon per koloni, sementara produsen Interlake cuma menyaksikan rerata 125,1 pon per koloni.

"Walau ada banyak hujan yang terjadi, saya berpikir (Interlake) benar-benar kronis, hingga kekeringan menerpa, hingga beberapa dari tanaman itu tidak sembuh," kata Lafrenière.

Tempat itu alami produksi yang lebih rendah pada bulan Juli dibanding tempat lain, ucapnya, tinggalkan lubang yang lebih dalam untuk produsen untuk isi paruh musim.

Lafrenière mengingatkan, bagaimana juga, jika rerata yang disampaikan kemungkinan tidak menggambarkan tiap peternakan. Hasil panen bahkan juga di daerah itu benar-benar bervariatif tahun ini, ucapnya, dan beberapa produsen bahkan juga di Interlake memberikan laporan hasil baik.


Musim ayunan

Ini ialah akhir roller-coaster untuk musim yang turun naik.

Pertanda bagus untuk peternak lebah awal tahun 2021, walau musim semi yang kering telah memberi beberapa kehati-hatian pada perkiraan awalnya. Tetap, harga madu tinggi dan musim dingin baik saja. Peternakan lebah di Manitoba sudah melihat kematian musim dingin sekitaran 15,4 %, tingkat paling rendah dari prediksi kematian 15 sampai 25 % di tahun tertentu.

Tetapi, bersamaan berjalannya musim, kepercayaan diri itu beralih menjadi sirene saat lingkup dan tingkat keparahan kekeringan monumental di Manitoba jadi terang. Pada tengah Juli, bagian-bagian propinsi sudah beberapa bulan tanpa hujan deras, ditambah dengan minimnya hujan dan salju yang meregang kembali lagi ke tahun awalnya. Canadian Drought Monitor memberikan laporan jika mayoritas propinsi alami kekeringan mulai dari 1 di dalam 20 sampai satu dalam 50 tahun, sementara temperatur tinggi menambahkan penekanan lain dan memberikan ancaman tanaman kanola, yang umumnya jadi unggulan untuk peternak lebah. Peternak lebah mau tak mau menimbang pakan tambahan.

"Pas pada waktu itu, Nak, kondisi terlihat benar-benar patah semangat ... nyaris di semua Manitoba, tanaman kanola dibakar, tidak ada hujan yang turun, dan cuma panas yang berlebihan, kekeringan, dan ditambah lagi asap," kata Steppler, mengarah kabut asap yang semakin makin tambah meluas karena kebakaran rimba panas musim ini. "Ada banyak hari di sini sampai Juli jika kami mempunyai jarak pandang 1/2 mil."

Pada keadaan berasap itu, lebah lebih condong 'berjenggot' di muka koloni dibanding tinggalkan sarang dan bekerja, ucapnya.

Bulan-bulan awalnya musim panas menyaksikan federasi tergabung dengan beberapa barisan tani yang lain mengusung permasalahan kekeringan dan keinginan dana untuk pemprov, terhitung keinginan untuk AgriRecovery.

Sebuah penilaian oleh propinsi di bulan Juli mendapati peternak lebah ada di bawah 75 % dari produksi normal di saat itu, Steppler menulis. Disamping itu, kalender makin dekat ke masa di mana sarang berkembang biak untuk musim dingin, dan minimnya pakan jadi perhatian yang berarti.

Selanjutnya, keran dihidupkan.

Hujan Agustus memberikan, "sedikit penundaan hukuman" dan merevitalisasi tanaman tahunan, sediakan serbuk sari dan nektar yang paling diperlukan, kata Steppler.

Itu, pada gilirannya, membuat madu mengucur satu kali lagi.

Keadaan pada akhirnya cukup lebih baik hingga barisan produsen menarik keinginan AgriRecovery-nya.


Keuntungan pasar

Rekor harga madu diharap bisa tutup ketimpangan keuangan, bahkan juga di wilayah yang panennya tipis.

Kenaikan tahun kemarin di pasar madu - berkaitan dengan bertambahnya aktivitas memanggang yang didorong oleh wabah di saat yang serupa dengan permasalahan pengangkutan dan suplai yang terkontraksi produksi dalam negeri yang lebih rendah - belum mengempis. Pada Mei 2021, peternak lebah Manitoba memberikan laporan harga $2,25 sampai $2,35 per pon, dan paling tinggi $2,85.


Pada Oktober, Steppler menjelaskan harga sekitar sekitaran $2,80 per pon.

"Itu nyaris 2x lipat dari tahun kemarin," ucapnya, sambil menambah jika harga itu untuk pengangkutan massal.

"Saya bicara dengan produsen yang lain jual lot yang lebih kecil ke pengepakan yang lebih kecil dengan harga $ 3,25 per pon, yang hebat. Sepanjang saya beternak lebah, kami tidak pernah menyaksikan harga dengan tinggi itu," sambungnya.

Harga itu peluang akan menghindari produsen dari kesusahan ekonomi bila panen mereka benar-benar singkat, kata Lafrenière, walau kehilangan keuntungan, bila hasil panen lebih bagus, pasti menusuk.


Siap untuk musim dingin

Penundaan hukuman sudah membuat sarang pada injakan yang lebih bagus untuk musim dingin.

Peternak lebah awalnya cemas jika keadaan kekeringan akan berpengaruh jelek pada perubahan ke induk musim dingin - lebah yang mengandung lemak semakin tinggi dan bentang hidup sampai 6 bulan, dibanding dengan lebah musim panas yang hidup enam sampai delapan minggu. Perubahan itu dipacu oleh hari yang disingkat, kata Lafrenière awalnya tahun ini.

Pada tengah Juli, peternak lebah memberikan laporan jika produksi induk sudah melamban karena sumber pakan jadi kering, tingkatkan peluang jika sarang kemungkinan tidak hasilkan cukup lebah musim dingin tanpa pakan tambahan.

Kekuatiran itu, kata Steppler dan Lafrenière, berada di kaca spion. Hujan dan temperatur hangat sudah mengakibatkan kehidupan tanaman mendadak, terhitung kanola yang baru tumbuh mekar kembali.

"Banyak peternak lebah senang dengan sarang mereka menyiapkan diri untuk musim dingin," kata Steppler, walau ia menulis jika musim luruh yang hebat hangat sudah membuat sarangnya "cuma sedikit meliuk."

"Kami mempersiapkannya untuk musim dingin di bulan Agustus dan September dan mendadak kami mempunyai semua sektor bunga ini sediakan serbuk sari dan nektar untuk sarang kami kembali," ucapnya, menulis jika sarang sudah berlipat-lipat pada produksi induk, di saat mereka umumnya akan ditutup sepanjang musim dingin.

Ia tidak percaya apa itu bisa menjadi permasalahan untuk musim dingin yang terlalu berlebih.

Lafrenière, bagaimana juga, tidak begitu perduli.

Hives baru memulai hentikan produksi induk pada tengah Oktober, satu bulan lebih lamban dari umumnya dan 2 bulan lebih lamban dari yang dicemaskan awalnya tahun ini, ucapnya.

Di saat yang serupa, ia berpendapat, "Saya tidak berpikiran itu bisa menjadi penangguhan yang jelek.

Post a Comment for "Cuaca berbeda selamatkan peternak lebah"