Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Budidaya Jambu Biji: Cara Memulai Perkebunan Jambu Biji

Panduan-Budidaya-Jambu-Biji:-Cara-Memulai-Perkebunan-Jambu-Biji

Padahal, asli Amerika tropis, Indonesia telah menetapkannya sebagai negara penghasil Jambu Biji (Psidium guajava) terbesar di dunia (sesuai sumber data 2016). Dalam hal nilai buah, ia menempati urutan keempat setelah mangga,pisang, dan jeruk. Bihar, Uttar Pradesh, Maharashtra, Andhra Pradesh, Tamil Nadu, Benggala Barat, Orissa selain Punjab dan Haryana adalah beberapa negara bagian terkemuka di India yang menanam jambu biji. Negara-negara besar yang mengimpor jambu biji dari India antara lain Amerika Serikat, UEA, Belanda, Arab Saudi, Yordania, dan Kuwait.

Perbanyakan Tanaman Jambu Biji

Prosedur pelapisan udara atau tinja telah populer sebagai cara termudah dan terjangkau untuk menyebarkan tanaman jambu biji. Faktanya, menanam tanaman jambu biji dari biji tidak hanya menantang tetapi sebagian besar menghasilkan kualitas buah dan hasil yang buruk. Yang harus Anda lakukan untuk membuat perbanyakan vegetatif Anda benar-benar produktif adalah pemilihan tanaman yang tepat yang menghasilkan buah berkualitas tinggi yang membantu perbanyakan tanaman baru yang memiliki sifat tanaman induk. Sekarang pilih cabang dengan diameter pensil yang tidak boleh dekat dengan bagian sambungan. Kupas kulit cabang dengan ukuran 2″ panjangnya. Basahi area yang terkelupas dengan zat perakaran seperti NAA 500 PPM ATAU IBA 500 ppm. Gunakan lumut lembab di atasnya dan kemudian bungkus dengan lembaran plastik. Kedua ujungnya harus tetap terbuka. Setelah 20-25 hari akar dengan tumbuh dari cabang pemotongan. Juli hingga September adalah waktu yang tepat untuk melakukan layering.

Manajemen Perkebunan Jambu Biji

Manajemen Pembibitan untuk Perkebunan Jambu Biji

Potong sekitar 6″ cabang tepat di atas akar yang baru tumbuh dan keluarkan. Tanam bibit di bedengan atau pot dan siram secara teratur untuk tumbuh sebagai tanaman tunggal dengan cabang segar dan daun baru. Bibit sekarang siap untuk ditanam.

Persiapan Lahan dan Penanaman

Sedangkan lahan harus disiapkan pada hari-hari kering dengan membajak, meratakan, dan menyiangi. Gali lubang berukuran 1mx1mx1m sebelum musim hujan dimulai. Isi setiap lubang dengan pupuk kandang@ 25 Kg, SSP@500 gram, Kue Neem @15 Kg, bubuk Lindane@ 50 gram beserta tanah untuk pemupukan yang diperlukan serta menghindari serangan rayap. Pertunjukan perlu dilakukan selama Agustus – September untuk hasil yang optimal. (Februari dan Maret juga dipilih untuk penanaman). Pertahankan kedalaman tanam 25-30 cm.

Jarak tanam di Perkebunan Jambu Biji

Meskipun dianjurkan untuk menentukan jarak tanam yang cocok 5-8 meter tergantung pada jenis jambu biji, kesuburan tanah dan fasilitas penyiraman, menjaga jarak standar 6m x 6m dengan 112 tanaman per hektar adalah pilihan terbaik yang membantu tanaman tumbuh dan memaksimalkan potensi hasil.

Pemangkasan dan Pelatihan

Pemangkasan dan pelatihan harus diberikan perhatian khusus untuk menghasilkan tanaman jambu biji dengan kerangka tahan yang mampu mendukung hasil yang lebih tinggi. Pemangkasan harus dilakukan secara teratur untuk membuang cabang yang terinfeksi, sakit, dan mati. Namun, hindari pemangkasan selama musim panas untuk melindungi tanaman pemula dari sengatan matahari. Saat bibit jambu biji tumbuh, berikan dukungan yang diperlukan untuk membuatnya berdiri tegak dengan batangnya yang kuat. Untuk memeriksa pertumbuhan gulma, pertimbangkan untuk menyemprot tanaman dengan Gramoxone@5ml /liter air/ per hektar selama bulan Maret, Juli, dan September. 200Ltr cukup untuk menyemprot satu hektar lahan.

Panen di Perkebunan Jambu Biji

Panduan-Budidaya-Jambu-Biji:-Cara-Memulai-Perkebunan-Jambu-Biji

Tergantung pada varietas jambu biji, umumnya pembudidaya menemukan tanaman untuk membawa buah dari 2-3 tahun usia mereka, namun, sebagian besar mencapai titik produktivitas memetik mereka pada usia 7-10 tahun. Pertimbangkan kematangan buah dengan warnanya dan putuskan apakah sudah cukup matang untuk dipanen. Pembudidaya yang bergantung pada pasar lokal dapat melakukan pemanenan karena buah-buahan menjadi matang sepenuhnya sedangkan untuk pasar jarak jauh, buah-buahan harus dipetik sebelum tahap matang sepenuhnya. Buah-buahan harus dikumpulkan dari tanaman bersama dengan batang dan daunnya.

Pasca Panen dalam Budidaya Jambu Biji

Penilaian

Grade sesuai dengan warna, berat, dan ukuran.

Penyimpanan

Buah dapat disimpan selama 7-10 hari pada suhu 18°-23°C dalam polibag dengan ventilasi 0,25%. Untuk memperpanjang masa simpan hingga 20 hari, buah yang dipanen membutuhkan suhu rendah sekitar 5 °-6º C dengan kelembaban relatif 75-85%.

Kegunaan Buah Jambu Biji

Jambu biji sangat kaya akan vitamin C, asam folat, serat makanan, dan nutrisi penting. Buahnya mengandung vitamin empat kali lebih tinggi dari jeruk. Ini juga merupakan sumber pektin, kalsium, dan fosfor yang stabil. Selain sebagai buah yang paling disukai oleh semua lapisan masyarakat karena nilai gizinya yang tinggi dan harganya yang murah, buah ini juga digunakan secara luas dalam industri pengolahan makanan untuk menghasilkan produk yang menuntut seperti selai, jeli, nektar. Ini juga digunakan dalam persiapan jus, sumber, es krim, puding, dan kue.

Jambu biji memiliki permintaan yang tinggi dan dikenal sebagai “apel dari daerah tropis”. Itulah mengapa memulai perkebunan jambu biji di India bisa sangat menguntungkan. Pastikan untuk menanam varietas jambu biji terbaik yang memiliki kondisi iklim dan permintaan yang ideal di wilayah Anda.

 

Post a Comment for "Panduan Budidaya Jambu Biji: Cara Memulai Perkebunan Jambu Biji"