Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Nanas: Panduan Sukses Perkebunan Nanas

Budidaya Nanas: Panduan Sukses Perkebunan Nanas

Nanas adalah salah satu buah yang paling disukai dan menempati peringkat di sebelah mangga. Terkenal karena rasanya yang kaya, manis, dan teksturnya yang berduri. Nanas adalah buah yang lezat - berduri dan berduri di luar, manis dan lezat di dalam. Buah ini asli Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ini sangat bergizi dan dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia.

Di India, nanas tumbuh subur di Karnataka, Kerala, Benggala Barat, bagian Timur Laut, Bihar, Goa dan Karnataka.

Informasi tentang Nanas

Nanas secara botani disebutAnanas comosusdan merupakan tanaman herba yang tumbuh hingga ketinggian 1,5 meter. Batangnya kekar dengan daun yang tebal dan berlilin. Setelah dewasa, tanaman menghasilkan sebanyak 200 bunga yang kemudian bersatu membentuk buah nanas berduri.

Kondisi Ideal untuk Budidaya Nanas

Daerah pesisir merupakan tempat paling ideal untuk menanam nanas yang membutuhkan curah hujan yang melimpah dan iklim yang lembab. Tumbuh pada ketinggian 1100m di atas permukaan laut.

Iklim untuk Perkebunan Nanas

Seperti disebutkan sebelumnya, iklim lembab dengan curah hujan yang cukup sangat ideal untuk perkebunan nanas. Jenis iklim ini ditemukan di daerah pesisir. Suhu optimal harus antara 22 dan 32⁰C. Sementara daun tumbuh paling baik pada 32⁰C, akar tumbuh paling baik pada 29⁰C. Tanaman nanas tidak tumbuh pada suhu di bawah 20⁰C dan di atas 36⁰C. Harus ada perbedaan 4⁰C antara suhu siang dan malam. Namun, suhu tinggi di malam hari tidak diinginkan untuk nanas. Meskipun curah hujan yang cukup sangat cocok untuk nanas, nanas tumbuh paling baik pada curah hujan 100-150 cm.

Musim Bertani Nanas

Idealnya, nanas ditanam 12-15 bulan sebelum musim berbunga. Musim berbunga terjadi antara bulan Desember dan Maret. Ini bervariasi antar daerah. Umumnya, waktu tanam tergantung pada awal musim, intensitasnya, curah hujan, dll. Ditanam selama periode April-Juni di Karnataka dan Kerala sedangkan di Assam dilakukan selama bulan Agustus hingga Oktober. Budidaya nanas dihindari selama periode hujan lebat. Waktu yang ideal untuk budidaya di berbagai negara bagian di India adalah sebagai berikut:

Tanah untuk Budidaya Nanas

Nanas dapat tumbuh dengan baik di semua jenis tanah meskipun lempung berpasir adalah yang paling ideal. Persyaratan paling mendasar untuk budidaya nanas adalah tanah harus dikeringkan dengan baik. Bahkan dapat tumbuh di tanah liat yang berat asalkan tanahnya memiliki kapasitas drainase yang baik. Tanah yang menampung air tidak direkomendasikan untuk budidaya nanas. Aluvial dan laterit adalah jenis tanah lain yang cocok untuk perkebunan nanas.

Persyaratan pH

Nanas membutuhkan tanah yang sedikit asam dengan pH antara 5,5 dan 6,0.

Air untuk Budidaya Nanas

Nanas biasanya dibudidayakan di daerah pesisir dan tempat-tempat di mana curah hujan melimpah. Oleh karena itu, irigasi tidak terlalu diperlukan. Namun, jika dibudidayakan pada skala komersial, irigasi tambahan membantu menghasilkan buah berukuran baik. Selain itu, irigasi membantu dalam penanaman di luar musim. Ini juga memastikan produksi nanas sepanjang tahun. Praktek ini diikuti untuk menghasilkan nanas kualitas ekspor. Jika ditanam di daerah yang curah hujannya sedikit dengan cuaca panas, maka pengairan harus dilakukan dua minggu sekali.

Persiapan Lahan untuk Budidaya Nanas

Nanas dibudidayakan di parit. Tanah dibajak dengan baik dan dibuat kemiringan yang halus. Gumpalan tanah, batu, puing-puing tanaman dan batu harus ditunggangi. Tanah digali setelah dibajak dan kemudian diratakan. Parit digali setelah ini. Setiap parit mungkin memiliki kedalaman 15-30cm dan lebar 90cm. Umumnya Agustus hingga Oktober atau April hingga Mei dipilih sebagai waktu yang ideal untuk menghindari panen pada musim hujan.

Penanaman Nanas

Tidak seperti tanaman lain, nanas diperbanyak dari mahkota, pengisap dan slip. Oleh karena itu, bahan tanam yang digunakan dalam budidaya nanas adalah tajuk, cangkok dan anakan. Mahkota berbunga 19-20 bulan setelah tanam sedangkan slip dan pengisap berbunga 12 bulan setelah tanam. Bahan tanam yang akan digunakan untuk budidaya harus berumur 5-6 bulan. Umumnya, untuk tujuan komersial slip dan pengisap digunakan karena mahkota membutuhkan waktu lebih lama untuk berbunga. Bahan harus berukuran seragam. Pengisap dan slip ditanam di parit yang telah digali dan disiapkan sebelumnya.

Operasi Antar Budaya di Perkebunan Nanas

Berbagai operasi antarbudaya seperti pembumian, penyiangan, mulsa, pemindahan slip, pengisap dan mahkota dan tanaman ratun dipraktekkan dalam pertanian nanas. Ini terutama karena nanas tumbuh di tanah yang gembur dengan akar yang dangkal. Berikut adalah teknik budidaya nanas.

pembumian

Nanas memiliki akar yang dangkal. Oleh karena itu mereka rentan terhadap penginapan. Jika tanaman tersangkut selama perkembangan buah, itu akan menghasilkan perkembangan buah yang tidak merata dan pertumbuhan yang miring. Pembumian membantu tanaman mendapatkan jangkar yang baik. Dalam pembumian, tanah didorong ke bawah dari punggung bukit ke dalam parit.

Penyiangan

Penyiangan sangat penting dari segi ekonomi untuk budidaya apapun. Nutgrass dan hariyali adalah jenis gulma yang paling umum di nanas. Karena penyiangan dengan tangan adalah proses yang melelahkan dan rumit, penyiangan dengan bahan kimia sangat disarankan. Kombinasi diuron dengan bromacil sebagai semprotan pra-darurat biasanya dianjurkan. Semprotan pra-darurat adalah 0,6 Kg diron dengan 0,8 Kg bromacil. Ini diulang dengan setengah konsentrasi setelah lima bulan aplikasi pertama.

Mulsa

Jika nanas ditanam sebagai tanaman tadah hujan, maka ini merupakan langkah penting. Tujuan utama dari mulsa adalah konservasi kelembaban dan pengendalian gulma. Menggunakan film plastik hitam adalah cara mulsa yang paling mudah dan paling tidak melelahkan. Namun, menggunakan mulsa daun dan jerami dan menyebarkannya di antara tanaman nanas di tanah adalah lebih organik cara mulsa.

Menghapus Mahkota, Slip dan Pengisap

Sucker dan slip tumbuh dengan munculnya perbungaan dan perkembangan buah masing-masing. Kebanyakan pengisap dan slip dilepas sementara hanya satu atau dua yang dipertahankan. Karena peningkatan jumlah slip menunda kematangan buah, mereka dipindahkan segera setelah mencapai ukuran yang dibutuhkan untuk penanaman. Di sisi lain, berat buah meningkat dengan meningkatnya pengisap. Oleh karena itu, desuckering dapat ditunda. Jika petani bermaksud untuk panen awal, maka slip akan dihapus segera setelah muncul.

Tanaman Ratoon

Nanas dapat disimpan hingga 3 tanaman di India. Pada putaran putaran berikutnya, pengisap yang digunakan untuk budidaya adalah yang berasal dari tanaman aslinya. Untuk menyediakan jangkar yang baik untuk tanaman ratun, tanaman harus dibumikan dan dipupuk secara memadai.

Penyakit dan Perlindungan Tanaman dalam Budidaya Nanas

Budidaya-Nanas:-Panduan-Sukses-Perkebunan-Nanas


Tidak seperti banyak tanaman lain, nanas tidak dirundung terlalu banyak penyakit di India. Padahal, penyakit pada nanas sangat sporadis. Tepung, serangga sisik dan busuk batang merupakan infeksi yang paling mungkin terjadi pada budidaya nanas di India. Mencelupkan pengisap ke dalam campuran Bordeaux sebelum tanam dan sistem drainase yang baik akan mengatasi busuk batang dan penyakit jamur lainnya.

Kelainan pada Buah

Ini adalah salah satu tantangan besar menanam nanas. Nanas harus memiliki buah yang sempurna dengan bentuk lonjong yang sempurna dan rasa 'nanas' yang pas. Jika tidak, mereka kehilangan nilai pasar. Meskipun infeksi jarang terjadi pada budidaya nanas, ada beberapa jenis kelainan buah yang umumnya mengancam tanaman nanas. Beberapa di antaranya adalah seperti di bawah ini:

Beberapa Mahkota

Terkadang, buah nanas menghasilkan lebih dari satu mahkota (25 mahkota dalam beberapa kasus ekstrim). Akibatnya bagian atas buah tumbuh lebar dan rata. Buahnya congkak dan rasanya hambar. Ini paling sering diamati pada buah Kew sehingga tidak layak untuk pengalengan.

Fasciation Mahkota dan Buah

Fasciation membuat nanas sama sekali tidak berguna untuk dikonsumsi. Kesuburan tanah yang sangat tinggi dan cuaca yang hangat mendukung pertumbuhan vegetatif yang mengakibatkan fasciasi. Tanaman seperti itu membutuhkan waktu lebih lama daripada tanaman biasa untuk berbunga. Dalam kasus ekstrim, buahnya mungkin rata dan tampak bengkok dengan mahkota yang tak terhitung banyaknya.

Kerah Slip

Adanya slip yang tidak terhitung banyaknya yang timbul dari batang di dekat pangkal buah atau kadang-kadang dari buah secara langsung mengakibatkan kondisi ini. Karena pertumbuhan slip berlebih, buah yang dihasilkan kecil, meruncing dengan kenop di pangkal. Umumnya, pemupukan nitrogen yang tinggi, curah hujan yang tinggi dan suhu yang relatif rendah bersama-sama menghasilkan kerah slip.

Memanen Nanas

Biasanya dibutuhkan 2-2,5 tahun untuk nanas siap panen. Mereka berbunga setelah 12-15 bulan tanam dan mulai berbuah hanya setelah 15-18 bulan. Biasanya buah matang setelah 5 bulan perbungaan. Buah-buahan yang dibudidayakan untuk tujuan pengalengan dipanen segera setelah perubahan kecil di pangkal buah terlihat. Yang untuk keperluan meja dipanen hanya setelah mereka mengembangkan warna kuning keemasan.

Untuk menentukan waktu kematangan buah, tingkat warna kuning pada mata bertindak sebagai indikator. Mereka diputuskan seperti di bawah ini:

·         Tahap Warna (CS) 1:Mata hijau tanpa pewarna kuning

·         CS2:5-20% mata menguning

·         CS3:20-40% mata menguning

·         CS4:40-80% mata menguning

·         CS5:90% mata menguning dengan 5-20% di antaranya coklat kemerahan

·         CS6:20-100% mata berubah menjadi coklat kemerahan


Buah yang dipanen dinilai menurut ukuran, warna dan beratnya dan kemudian dikirim untuk disimpan. Rata-rata, hasil tergantung pada praktik budaya yang diikuti dan antar-ruang. Namun, bervariasi antara 20-30 ton per hektar.

Menyimpan Nanas

Setelah panen, buah dengan mahkota dapat disimpan hingga 15 hari tanpa kerusakan. Namun, yang diangkut harus didinginkan selama transportasi untuk memperlambat proses pematangan. Mereka dapat disimpan pada 10-130 C selama 20 hari. Suhu penyimpanan yang optimal adalah 7,2⁰C dengan kelembaban relatif 80-90%.

Kesimpulan

Budidaya nanas adalah bisnis pertanian yang layak secara komersial karena memberikan hasil yang baik dengan perawatan minimal. Usahatani nanas yang sukses membutuhkan manajemen usahatani dan teknik budidaya yang baik.

 

 

Post a Comment for "Budidaya Nanas: Panduan Sukses Perkebunan Nanas"