Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Semangka: Agrobisnis yang Mudah dan Hasil Tinggi

Budidaya-Semangka:-Agrobisnis-yang-Mudah-dan-Hasil-Tinggi

Semangka (Citrullus lanatus) adalah tanaman musim panjang yang hangat dan anggota keluarga Cucurbitaceae, yang meliputi labu, labu, mentimun, muskmelon dan labu.

Spesies ini dikatakan berasal dari Afrika Selatan dengan bukti budidaya awal di Mesir Kuno. Hingga saat ini, tanaman tersebut ditanam di distrik semi-gurun Afrika sebagai sumber air yang penting selama musim kemarau.

Semangka dapat tumbuh di bagian mana pun di Nigeria dengan permintaan untuk itu tumbuh setiap hari karena banyak manfaat kesehatannya. Selain memiliki enzim penangkal kanker, ia mengandung 91% air, 6% gula dan rendah lemak. Satu porsi 100 gram juga memasok 30 kalori dan vitamin C dalam kandungan yang cukup besar pada 10% dari nilai harian. Selain itu, ampas tanaman mengandung karotenoid, termasuk likopen.

Tingginya omzet budidaya semangka dalam waktu singkat menjadikannya salah satu agribisnis yang paling menggiurkan untuk dijalankan di Nigeria. Hanya dengan delapan puluh lima hari untuk mencapai kedewasaan sejak tanggal penanamannya, seseorang bisa mendapatkan tiga set buah semangka yang dipanen untuk dijual dalam setahun. Para ahli juga mengatakan bahwa jika seseorang memulai bisnis di sebidang tanah yang luas, pengembalian investasi yang besar dijamin.

Budidaya semangka komersial sangat mudah untuk dimulai dan tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis. Jika Anda memiliki minat dan memiliki ruang tanah yang cukup, Anda benar-benar baik untuk pergi.

Persyaratan untuk memulai bisnis budidaya semangka yang menguntungkan adalah –

TANAH

Sebidang tanah yang luas; katakan tentang plot akan dilakukan sebagai permulaan. Karena buah tumbuh subur di lingkungan yang panas dan hangat, area tanah dengan suhu 25 ° Celcius atau 77 ° Fahrenheit cocok. Lokasi dengan tanah berpasir atau lempung sama-sama ideal untuk penanaman. Setelah tanah diperoleh, itu harus dibersihkan.

BIBIT

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendapatkan bibit semangka yang baik. Jenis benih yang ditanam akan menentukan kualitas buah yang akan dipanen. Pilihan yang baik adalah mendapatkannya dari Institut Internasional untuk Pertanian Tropis (IITA). Alternatifnya adalah mengunjungi mereka yang menjalankan pertanian semangka sendiri.

PENANAMAN

Menabur semangka dalam baris. Jika Anda menanam varietas Kongo atau Crimson Sweet, tanamlah tiga hingga empat biji per baris, pastikan baris tersebut berjarak sepuluh kaki atau lebih dari satu sama lain. Juga saat menanam, pastikan jarak benih enam inci.

Karena semangka adalah pengumpan berat, pastikan Anda menambahkan pupuk kandang, kompos, dan daun dalam jumlah sedang saat menanam. Selain memberi makan bibit, pupuk kandang dan komponen lainnya juga memastikan tanah mengalir dengan baik. Juga, berikan perlindungan yang memadai untuk bibit tender Anda.

Semangka tumbuh perlahan selama hari-hari dingin. Oleh karena itu, gunakan topi panas atau bingkai dingin selama hari atau malam yang dingin. Semangka paling baik ditanam pada awal musim hujan atau ketika musim hujan hampir berakhir. Ini akan memungkinkan kelembaban relatif rendah, suatu kondisi yang penting untuk pertumbuhan normal tanaman di Nigeria selatan.

Di bagian utara, awal musim tanam pada bulan Mei sedangkan akhir musim tanam pada bulan Juli. Tetapi dengan irigasi fungsional di utara, tanaman ini dapat ditanam sepanjang tahun, sehingga sering kali dibawa dari utara.

PEMUPUKAN

Tidak ada jadwal pemupukan semangka yang ditetapkan. Waktu pemberian pupuk ditentukan oleh kondisi tanah saat ini dan, selanjutnya, oleh tahap di mana tanaman semangka tumbuh. Baik itu bibit yang muncul atau mekar, kedua tahap memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Saat pemupukan tanaman semangka, pupuk berbasis nitrogen harus digunakan terlebih dahulu. Begitu tanaman mulai berbunga, seseorang harus beralih memberi makan semangka dengan pupuk berbasis fosfor dan kalium. Semangka membutuhkan banyak kalium dan fosfor untuk produksi yang optimal.

Setelah bibit muncul atau Anda siap untuk transplantasi, tutupi dengan pupuk serbaguna 5-5-5- atau 10-10-10. Juga pupuk tanaman semangka dalam jumlah 1 & 1/2 pon per 100 kaki persegi ruang taman.

Semangka harus dibuahi dengan makanan granular dan tanpa pupuk bersentuhan dengan daun. Daunnya sensitif dan bisa rusak jika tidak ditangani dengan benar. Pemupukan harus dilakukan sedemikian rupa agar akar tanaman mudah menyerap unsur hara.

PENGAIRAN

Semangka adalah tanaman yang sangat haus dan harus disiram secara teratur, terutama saat cuaca panas. Ini akan membantu menjaga tanah tetap lembab. Meskipun tanaman membutuhkan penyiraman sepanjang musim, waktu yang sangat penting untuk proses ini adalah ketika mereka sedang mengatur dan menumbuhkan buah. Alasan untuk ini adalah bahwa buah terdiri dari 92 persen air. Ini berarti bahwa tanaman harus mengambil banyak air saat buah sedang berkembang.

Jika air tidak tersedia untuk tanaman saat ini, kemungkinan besar buah akan mengalami pertumbuhan yang terhambat atau mungkin jatuh dari pokok anggur. Oleh karena itu penting untuk menyirami tanaman saat mereka sedang membangun di kebun atau selama masa kekeringan.

PENYIANGAN

Sangat penting untuk membersihkan lahan yang digunakan untuk budidaya dan membersihkannya dari gulma. Ini akan membantu tanaman yang ditanam tumbuh dengan baik. Juga, periksa tempat tidur semangka setiap minggu dan cabut semua gulma yang tumbuh melalui lapisan mulsa dengan tangan. Pegang rumput liar di dekat pangkal dan tarik lurus ke atas, putar sedikit untuk mencabut akar yang dalam tanpa merusaknya.

PENGGUNAAN PESTISIDA

Hama utama semangka termasuk kutu daun, lalat buah, dan nematoda simpul akar. Dalam cuaca yang sangat panas, tanaman rentan terhadap penyakit seperti embun tepung dan virus mosaik. Setelah mengamati adanya hama, pestisida harus diterapkan dengan cepat dan hati-hati agar tidak mengganggu pertumbuhan.

PANEN

Sebagian besar petani mengklaim bahwa mereka mengetuk buah dan menunggu bunyi gedebuk yang tumpul untuk memastikan kapan semangka cukup matang untuk dipanen. Namun cara yang umum adalah dengan mengamati sulur yang paling dekat dengan batang melon. Sulur adalah daun atau batang yang dimodifikasi dalam bentuk gulungan spiral yang ramping. Saat warnanya berubah menjadi cokelat dan mengering, melon sudah matang. Satu-satunya masalah dengan metode ini adalah bahwa beberapa varietas semangka memiliki sulur yang mengering dan rontok lebih dari seminggu sebelum melon menjadi matang sepenuhnya.

PENJUALAN

Latihan pertanian semangka yang sukses di Nigeria berakhir dengan mengangkut hasil panen ke pasar untuk dijual. Pelanggan mulai dari perusahaan jus buah hingga toko buah, pasar lokal, toko grosir, dan perusahaan farmasi yang menggunakan semangka dalam obat-obatan mereka saat membuat suplemen nutrisi. Penjualan juga dapat dicapai dengan restoran dan resor yang tersebar di seluruh negeri.

 

Post a Comment for "Budidaya Semangka: Agrobisnis yang Mudah dan Hasil Tinggi"