Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Anggur: Panduan Lengkap

Budidaya-Anggur:-Panduan-Lengkap

Budidaya anggur adalah agribisnis yang populer di beberapa negara bagian. Budidaya anggur bisa menjadi sangat menguntungkan jika dipelihara dengan baik. Berikut adalah panduan lengkap untuk memulai perkebunan anggur di India dengan rincian lengkap tentang iklim, tanah, varietas, perlindungan tanaman, manajemen, panen, dan praktik pasca panen.

Milik keluarga buah Vitaceae, Anggur ditanam secara komersial di India sepanjang tahun. Beradaptasi dengan kondisi iklim tropis, sub-tropis dan tropis ringan, tanaman ini tumbuh di seluruh utara ke selatan semenanjung India termasuk Punjab, Madhya Pradesh, Haryana, J & K, Mizoram hingga Maharashtra, Karnataka, Tamil Nadu, Andhra Pradesh dan Kerala. Di antara mereka, kontributor utama dalam total produksi negara adalah Maharashtra dan Tamil Nadu.

Nilai / Penggunaan Buah

Sesuai temuan penelitian, minum secangkir anggur menawarkan 90 kalori tanpa lemak, tanpa kolesterol, dan natrium. Kandungan gulanya 20% alami dan kaya kalsium, kaya akan vitamin dan nutrisi. Selain sebagai sumber Vitamin C dan K yang sangat baik, warna anggur membuatnya kaya akan antioksidan, polifenol, dan serat yang menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Lebih dari 80% anggur yang diproduksi di seluruh dunia digunakan untuk pembuatan anggur sementara 10% digunakan untuk persiapan industri pengolahan Kismis dan Makanan dan sisanya diambil untuk keperluan meja. Meski kontribusi India di pasar ekspor anggur terbilang kecil, namun angkanya terus meningkat.

Persyaratan Teknis Budidaya Anggur

Tanah

Harus dikeringkan dengan baik, lempung, dan kaya akan mineral dan nutrisi penting; Pastikan bahwa faktor pH dipertahankan dalam 6,5 – 7.

Persiapan Lahan

Tanah harus benar-benar dibajak sampai halus dan diratakan. Pastikan barisan pohon anggur berorientasi ke arah utara-selatan yang paling penting bagi tanaman merambat untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang lebih tinggi.

Perbanyakan dan Penanaman

Secara umum, Anggur diperbanyak dengan cara biji, layering, stek kayu keras, okulasi, dan prosedur okulasi.

Untuk mendapatkan pertumbuhan anggur yang stabil, disarankan untuk menanamnya di dalam lubang dan tergantung pada jenis spesiesnya, ukuran parit dan jarak antar tanaman merambat harus bervariasi. Untuk varietas seperti Bangalore Blue dan Anab-e-Shahi, kedalaman lubang yang diinginkan adalah 60-90 cm sedangkan jarak tanam harus lebih lebar seperti 1,2 mx 1,2 m. untuk Thompson Seedless, Beauty Seedless, Perlette, sebagian besar petani di Maharashtra dan Karnataka lebih menyukai kedalaman lubang 90x90cm dan jarak 1,8m x2,4 m. Jarak antar baris yang diinginkan adalah 9-10 kaki dan gali parit satu bulan sebelum penanaman.

Tanah pucuk harus dicampur dan diisi dengan baik dengan FYM, super fosfat, dan pupuk hijau sementara pembudidaya harus mulai menyiraminya sejak hari persiapan. Setelah satu bulan, tanamlah bibit yang sudah berakar di dalam lubang dan langsung diairi untuk menghindari kematian bibit.

Untuk petani di India Utara, periode terbaik untuk menanam adalah Feb-Mar, untuk Tamil Nadu dan Karnataka adalah Des-Jan dan untuk seluruh semenanjung India periode tanam yang ideal adalah Nov-Jan. Tergantung pada musim tanam, pertumbuhan tanaman dapat diamati antara 10-15 hari. Tumbuh tanaman perlu didukung dengan patok dan pelatihan setelah satu bulan tanam.

Pelatihan

Pelatihan adalah bagian penting dalam mengembangkan tanaman anggur dan mendukungnya dengan cara yang efektif dan stabil yang membantu mempertahankan pertumbuhan yang diinginkan terutama untuk tanaman anggur yang menunjukkan dominasi apikal yang unggul. Di antara sistem pelatihan populer yang ditemukan di kebun anggur India termasuk sistem Bower, 'T' (kepala telepon), Kniffin, dan sistem Kepala. Namun, lebih dari 70% petani lebih suka melengkapi ladang mereka dengan Bower karena kinerjanya yang luar biasa. Berikut adalah sistem pelatihan populer di India-

Punjung

Juga disebut sebagai overhead atau pergola, sistem bower sekarang telah banyak digunakan terutama untuk spesies yang sangat bersemangat yang memiliki dominasi apikal yang menonjol. Meskipun lebih mahal daripada semua sistem lain, bagaimanapun, itu harus menjadi pilihan pertama Anda untuk mendapatkan hasil tertinggi. Setelah penanaman atau pemotongan akar, setelah pucuk mulai berkembang, penanam perlu mengidentifikasi pucuk paling stabil yang tumbuh di antara mereka dalam arah tegak lurus yang perlu diintai dengan tinggi rumpun. Biasanya, untuk ini, tanaman merambat ditopang untuk tumbuh di atas pandal yang dipasang setinggi 2-2,5 m yang dibuat dengan tiang yang terbuat dari besi tuang, batu, beton, dll.

Kniffin alias Sistem Espalier

Cocok untuk varietas yang memiliki dominasi apikal yang relatif lebih sedikit dan kekuatan yang lebih rendah, sistem espalier adalah pilihan yang terjangkau tetapi menawarkan hasil hampir 50% lebih rendah daripada sistem bower. Dalam sistem ini, tanaman ditanam dalam barisan dengan jarak tanam antara 1,80 meter hingga 3 meter tergantung pada tingkat pertumbuhan jenis pohon anggur.

Sistem Telepon

Juga disebut T-teralis, itu adalah model miniatur bower yang memiliki penyangga berbentuk T dengan tiga kabel yang menggantung dari palang horizontal. Ini membantu tanaman merambat di atas tiang dan idealnya merupakan pilihan yang lebih baik untuk varietas dengan dominasi apikal yang tinggi.

Sistem Kepala

Sistem pelatihan paling murah terutama digunakan untuk varietas seperti Beauty Seedless, Perlette and Delight of North India dan Thompson seedless atau Gulabi di India Selatan. Tanaman ditanam sangat rapat (jarak 1,2/1.5 dan 1,8 m antar baris) dengan menampung sekitar 4000-5000 tanaman/hektar. Jalan setapak ditopang dengan bambu atau tiang beton.

Irigasi

Pada tahap awal penanaman di kebun anggur, penyiraman dilakukan setiap 3 hari sekali dari bak melingkar yang dibuat (dengan kedalaman hampir 50-60 cm) yang berdekatan dengan area perkebunan. Cekungan harus ditingkatkan dengan radius 2m menjaga paritas dengan tingkat pertumbuhan tanaman. Irigasi ringan (5 hingga 7 L/ha) diberikan dengan selang waktu 10-15 hari selama musim dingin sementara irigasi berat paling diinginkan setelah pemangkasan yang membantu membasahi zona akar secara menyeluruh. Di musim panas, pertahankan interval 5-7 hari. Untuk penyiraman tetes, gunakan emitor di celah, yang jumlahnya dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan. Penanam ingat bahwa jumlah praktik Irigasi perlu bervariasi tergantung pada varietas yang ditanam, curah hujan, kapasitas tanah menahan air, sistem pelatihan yang diikuti dan ruang di antara tanaman merambat.

Pemangkasan

Budidaya-Anggur:-Panduan-Lengkap

Ketika datang ke praktik pemangkasan, di India, tiga jenis metode pemangkasan yang berbeda diikuti oleh petani selentingan tergantung pada lokasi geografis pohon anggur. Ini dapat diriwayatkan sebagai di bawah

·         Di daerah subtropis pemangkasan dilakukan hanya sekali pada bulan Desember. Demikian pula pemanenan juga dilakukan setiap satu tahun sekali. Biasanya, pucuk dewasa dipangkas untuk berbuah sedangkan separuh lainnya biasanya dipangkas untuk pembaruan taji yang menghasilkan pucuk baru dan berkembang menjadi batang untuk berbuah di musim berikutnya.


·         Di daerah tropis yang panas, buah anggur dipangkas dua kali setahun sedangkan panen dilakukan sekali. Dalam sistem ini, semua batang dipangkas menjadi taji simpul tunggal selama bulan Maret-Mei yang membantu mengembangkan batang baru. Tongkat baru sekali lagi dipangkas pada Oktober-November untuk berbuah. Pemangkasan tidak boleh dilakukan sebelum Oktober atau lebih lambat dari November.


·         Di daerah dengan topikal ringan, pemangkasan dan pemanenan dilakukan dua kali. Seperti contohnya di Tamil Nadu yang terkenal dengan anggur Gulabinya, pada umumnya tanaman merambat dipangkas pada bulan November-Des untuk panen musim panas pada bulan Maret-April sedangkan pada bulan Mei-Juni pemangkasan kedua dilakukan untuk panen pada bulan Agustus-September. Namun, di Karnataka selatan, pemangkasan pertama dilakukan pada November-Desember untuk panen musim panas selama Maret-April, dan selama Mei-Juni pemangkasan kedua dilakukan untuk panen pada Agustus-September. Tergantung pada varietas seperti Anab-e-shahi, Bangalore blue atau Bhokri, waktu pemangkasan dan panen mungkin berbeda. Dengan potensi panen dua kali setahun, wilayah ini menghasilkan bagian terbesar dari buah anggur di India.

Penyiangan

Penyiangan harus dilakukan sepanjang tahun dengan alat yang berbeda dan untuk menjaga agar barisan dibersihkan dengan baik dari pertumbuhan gulma. Jika perlu, gunakan glifosat @2,0 kg/ha atau paraquat @7,5 kg/ha dan semprotkan air bersih ke kebun anggur yang sudah tumbuh.

Pengendalian Hama pada Budidaya Anggur

Nematoda

Untuk pengendalian yang efektif, aplikasikan remah-remah Carbofuran 3 G/ Phorate 10 G 60 g/ vine dan irigasi lokasi dengan cukup baik. Biarkan selama 15 hari dan setelah itu oleskan neemcake@200 gram per pohon dan ini akan mengontrol pertumbuhan nematoda.

Kumbang kutu

Pertimbangkan untuk menyemprot tanaman merambat dengan Phosalone 35 EC @2ml/liter air setelah pemangkasan sementara dua atau tiga kali penyemprotan mungkin diperlukan tergantung pada infestasi. Buang kulit kayu yang lepas selama penyemprotan dan pemangkasan untuk menghindari bertelur lebih lanjut.

Bug Mealy

Gunakan Quinalphos atau bubuk Methyl parathion di dalam tanah @ 20-25 kg/ha untuk memusnahkan semut phoretic. Semprotkan Monocrotophos-36 (WSC) @ 2 ml/liter air atau Methyl demeton 25 EC atau semprot Dichlorvos -76 (WSC) @ 1 ml/lit dikombinasikan dengan sabun resin minyak ikan @ 25 g/lit untuk efektif mengendalikan kutu putih hama.

Trips

Penyemprotan Metil demeton 25-EC/ Dimethoate-30 EC @ 2 ml/liter air sangat baik untuk mengendalikan thrips.

Batang girdler

Bilas batang tanaman dengan Carbaryl 50 (WP)@ 2 gm/lit untuk hasil yang baik.

Manajemen Penyakit di Pertanian Anggur

antraknosa

Untuk manajemen, semprot tanaman merambat dengan campuran Bordeaux 1% atau fungisida tembaga konsentrat 0,25%. Tentukan jumlah penyemprotan yang diinginkan tergantung pada invasi dan pertumbuhan berulang.

Jamur Tepung

Penyemprotan belerang terlarut atau belerang debu- 0,3% @ 6-10 Kg/ha di kebun anggur bekerja dengan baik untuk mengendalikan pertumbuhan jamur embun tepung.

Panen

Budidaya-Anggur:-Panduan-Lengkap

Hampir satu juta ton anggur dipanen di seluruh India setiap tahun. Khususnya, periode panen tergantung pada varietas dan jenis klon sementara petani harus ingat bahwa buah mulai matang tidak berarti bahwa mereka siap untuk panen. Hampir semua varietas perlu dipanen setelah warnanya berubah mendekati ujung dan rasanya manis. Seperti misalnya Anab-e-Shahi atau Thompson Seedless dan hibridanya yang berkontribusi besar, dipanen pada bulan Maret-April di daerah tropis yang panas. Sebaliknya, dipanen pada bulan Juli dan November-Des di wilayah tropis tengah. Demikian pula, Bangalore Blue dipanen pada Jan-Mar dan Juni-Des sedangkan periode panen Gulabi adalah Jan-Mar dan Juni-Des. Sehari sebelum panen, singkirkan buah beri yang busuk, berubah bentuk, hancur atau berukuran terlalu kecil dari kelompoknya.

Menurut varietas dan lokasi geografis, hasil juga bervariasi. Hasil rata-rata Bangalore Blue adalah 40-50 ton/ha dan Anab-e-Shahi menawarkan 50-60 ton/ha, untuk petani Gubali dapat mengharapkan 30-50 ton. Untuk jenis tanpa biji seperti Thompson Seedless, hasil dapat berkisar antara 25-40 ton/ha.

Manajemen Pasca Panen Budidaya Anggur

Penilaian

Grade buah anggur yang dipanen berdasarkan ukuran, warna, dan keseragaman buah anggur sebelum dikemas. Ingatlah bahwa ukuran tidak berarti ukuran tandan atau bentuknya, tetapi ukuran buah beri.

Pra-Pendinginan

Untuk mengurangi panas lapangan serta hilangnya kelembapan, buah beri perlu didinginkan hingga suhu di bawah 5 derajat C dalam waktu 6 jam setelah panen di lemari es atau ruang penyimpanan dingin. Petani besar juga menggunakan unit mobil yaitu mobil kulkas untuk menyediakan makanan yang dibutuhkan untuk buah-buahan halus setelah panen.

Penyimpanan

Meningkatkan masa simpan buah beri hanya selama 5-7 hari dapat dilakukan dengan menyemprotkannya dengan fungisida seperti Captan @0,2%, aureofungin @500 PPM, dll.

 

Post a Comment for "Budidaya Anggur: Panduan Lengkap"