Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia

Sejauh ini, keinginan suplai daging sapi di Indonesia dari tahun ke tahun makin alami kenaikan, hingga keperluan komunitas sapi juga alami peningkatan. Minimal, ada tiga sumber suplai daging sapi yang dipakai untuk penuhi keperluan pasar lokal, yakni sapi yang dari peternakan rakyat, sapi import dari Australia yang digemukkan oleh industri peternakan (feedloter), dan daging beku import baik daging sapi atau daging kerbau.

Suplai sapi lokal cuman sanggup penuhi keperluan daging sapi sekitar 60% dari keseluruhan keseluruhnya, dan 40% yang lain datang dari import. Enam puluh % keperluan daging sapi itu dipenuhi dengan sapi-sapi lokal yang diperkembangkan oleh provinsi-provinsi pemroduksi sapi Indonesia. Berikut 10 provinsi Wilayah Peternakan Sapi Paling besar di Indonesia:

Provinsi Aceh

Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia


Menurut Tubuh Pusat Statistik, komunitas sapi yang berada di Provinsi Aceh di tahun 2020 ada sekitaran 415.123 ekor yang sebagian besar diisikan oleh komunitas Sapi Aceh. Sapi-sapi yang dipiara di situ akan dijadikan penyuplai keperluan daging warga Provinsi Aceh tersebut.

Provinsi Sumatera Barat

Menurut Tubuh Pusat Statistik, komunitas sapi yang berada di Provinsi Sumatera Barat di tahun 2020 ada sekitaran 417.029 ekor dengan tipe Sapi Bali, Simmental, dan Sapi Pesisir. Sapi-sapi ini akan dijadikan penyuplai keperluan konsumsi daging sapi Provinsi Sumatera Barat bahkan juga mereka harus datangkan sapi import yang digemukkan di Provinsi Lampung.

Provinsi Bali

Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia


Provinsi Wilayah Peternakan Sapi Paling besar sekalian pulau yang cuman memiara satu tipe sapi, yakni Sapi Bali ini mempunyai komunitas sapi sekitaran 588.552 ekor di tahun 2020. Tetapi, warga Bali konsumsi daging sapi dalam jumlah yang sedikit hingga sapi-sapi ini lebih banyak dikirimkan ke Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Provinsi Lampung

Provinsi Lampung mempunyai komunitas sekitaran 864.213 ekor sapi dari peternakan rakyat dan industri peternakan (feedloter) yang akan sapinya langsung dikirimkan dari Australia, yakni Sapi Brahman Cross (BX). Dan, untuk peternakan rakyat Lampung sebagian besar sapi yang dipiara ialah tipe Bali. Ongole, Persilangan Limousin Simmental. Sapi-sapi ini akan dipakai untuk penuhi keperluan konsumsi daging sapi beberapa kota besar di Sumatera dan Jabodetabek.

Provinsi Sumatera Utara

Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia


Di Provinsi Sumatera Utara, tipe sapi yang banyak dipiara ialah Sapi Bali dan sapi-sapi persilangan. Provinsi Sumatera Utara mempunyai komunitas sekitaran 896.200 ekor dan banyak dipiara di perkebunan sawit dan banyak berkembang karena banyak warga transmigransi dari Jawa yang tinggal dan meningkatkan peternakan di Provinsi Lampung.

Provinsi Nusa Tenggara Timur

Menurut Tubuh Pusat Statistik, Provinsi Nusa Tenggara Timur mempunyai komunitas sapi sekitaran 1.188.982 ekor dengan komunitas tipe sapi paling banyak ialah Sapi Bali, Ongole, dan sapi-sapi persilangan yang berada di Pulau Flores. Di situ banyak padang penggembalaan, hingga memungkinkannya warga di tempat untuk memikulgbiakan sapi. Bakalan-bakalan sapi yang dibuat ini lebih banyak dikirimkan ke Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Provinsi Nusa Tenggara Barat

Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia

Provinsi Nusa Tenggara Barat mempunyai komunitas sapi sekitaran 1.284.649 ekor di tahun 2020. Tipe sapi yang banyak dipiara di situ ialah tipe Sapi Bali, Ongole, dan Persilangan Limousin. Sapi-sapi ini akan dikirimkan ke Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa untuk penuhi keperluan konsumsi daging sapi di situ.

Provinsi Sulawesi Selatan

Menurut Tubuh Pusat Statistik, di tahun 2020 Provinsi Sulawesi Selatan mempunyai komunitas sapi sekitaran 1.431.533 ekor dengan sebagian besar tipe sapi yang dipiara ialah Sapi Bali. Sulawesi Selatan adalah provinsi pemroduksi sapi paling besar pada bagian timur Indonesia. Selainnya untuk penuhi keperluan warga Sulawesi Selatan, sapi-sapi ini banyak juga dikirimkan ke Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia


Provinsi Jawa tengah

Provinsi Jawa tengah sebagai provinsi pemroduksi sapi paling besar ke-2 di Indonesia dengan komunitas sapi sekitaran 1.800.662 ekor di tahun 2020. Tipe sapi yang banyak dipiara di situ ialah persilangan Limousin dan Simmental, dipiara dengan mekanisme tradisionil kandang iketan dan dijadikan tugas sampingan. Sapi-sapi ini lebih banyak disubsidikan ke wilayah Jawa Barat dan Jabodetabek.

Provinsi Jawa Timur

Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia

Provinsi Jawa Timur ialah provinsi pemroduksi sapi paling besar di Indonesia dengan komunitas sekitaran 4.815.330 ekor. Sebagian besar Kabupaten di Jawa Timur jadi sentra produksi sapi-sapi persilangan, Grandong, dan Sapi Ongole. Sapi dari Jawa Timur banyak dikirimkan ke wilayah Jawa Barat, Jabodetabek, dan Kalimantan

Itu provinsi Wilayah Peternakan Sapi Paling besar sebagai sentra pemroduksi sapi paling besar di Indonesia dengan kekuatan dan kekayaannya masing-masing.

Post a Comment for "Area Terbesar Peternakan Sapi Dari 10 Provinsi di Indonesia"